Kawaii Beauty Japan

Diet

7 Aktivitas Membersihkan Rumah yang Ampuh Bakar Kalori

Tanpa harus pergi ke gym, 7 aktivitas bersih-bersih ini bisa membuat tubuhmu jadi lebih bugar!

Melisa

Jangan malas bergerak, ladies!

Menjadi couch potato di hari libur tentu bukanlah ide yang baik. Apalagi jika kamu bermalas-malasan sembari asyik menikmati camilan yang kalorinya tinggi. Sudah pasti risiko jarum timbangan yang bergeser ke kanan akan mengintaimu.

Namun sebaliknya kalau kamu mau melakukan 7 aktivitas bersih-bersih rumah ini, kamu pasti akan mendapatkan tubuh yang lebih bugar. Sebab pembakaran kalori dalam tubuhmu akan berlangsung secara maksimal. Mau tahu apa saja kegiatannya? Yuk, simak ulasan berikut ini :

Menyapu atau Mengepel Lantai

Menyapu atau mengepel lantai selama 1 jam ternyata dapat membakar 240 kalori. Sebaiknya kamu fokus dulu ke lantai yang paling kotor. Selanjutnya, kamu bisa kembali mengepel lantai yang sudah cukup bersih untuk kedua kalinya. Gerakan menyapu atau mengepel sangat baik untuk kordinasi bagian tubuh atas dan bawah.

Memasak

Siapa bilang memasak adalah kegiatan pasif yang membosankan. Faktanya, kamu bisa membakar 150 kalori saat memasak selama 1 jam. Untuk mendukung sehatnya aktivitas memasak, cobalah untuk memasak makanan sehat yang kandungan lemaknya rendah, yuk.

Berkebun

Tidak semua orang memiliki hobi berkebun. Namun hobi yang satu ini memang benar-benar bermanfaat. Selain membuat kamu jadi rileks, berkebun selama 1 jam dapat membakar hingga 250 kalori lho. Kebun jadi asri dengan tanaman buah dan sayur yang indah, tubuh pun akan senantiasa bugar dan ideal.

Membersihkan Sela-Sela Pintu dan Jendela

Bagian sela-sela pintu dan jendela seringkali luput dari perhatian ketika membersihkan rumah. Mulai sekarang kamu tidak boleh lupa lagi untuk membersihkannya, ya. Membersihkan sela-sela pintu dan jendela selama 30 menit akan membuat tubuh membakar 100 kalori. So, semakin banyak jendela dan pintu yang harus dibersihkan, maka semakin banyak pula kalori yang musnah dari tubuhmu.

Mencuci Pakaian

Kehadiran mesin cuci bikin kamu jadi minim bergerak?
Ah, tidak juga kok. Mencuci dengan menggunakan mesin cuci dapat membakar 75 kalori selama 30 menit. Hal ini dapat terjadi karena kamu harus memindahkan dan menjemur cucian. Demi pembakaran kalori yang lebih maksimal, kamu juga bisa melakukan hal lainnya seperti merapikan isi lemari pakaianmu.

Membersihkan Kamar Mandi

Jijik sekali rasanya jika kamar mandi sudah terasa licin dan tampak kotor. Sebaiknya kamu segera membersihkannya dengan cermat. Membersihkan kamar mandi selama 1 jam dapat membakar 180 kalori. Bahkan jika kamu melakukannya dengan gerakan yang cepat, membersihkan kamar mandi tidak ubahnya dengan berolahraga di treadmill lho.

Menata Ulang Barang-Barang di Rumah

Saat merasa bosan dengan penataan interior rumahmu, langsung saja bersihkan dan pindahkan posisi perabotnya. Memindahkan aneka barang seperti sofa atau perabot lainnya bisa membakar 100 kalori setiap 25 menit. Jumlah kalori yang terbakar juga akan semakin maksimal jika rumahmu memiliki tekstur keramik lantai yang agak kasar lho.

Sekarang tentu kamu tidak punya alasan untuk bermalas-malasan dan menghindari waktu berolahraga, ya. Sebab olahraga yang mudah dan lebih produktif sudah menunggumu di rumah. Yuk bersih-bersih rumah!
Rumah bersih dan nyaman, tubuh pun aktif bergerak dan siap mengusir kalori yang berlebihan.

Melisa
day-dreamer, night-thinker, black enthusiast :)
Share this article

Artikel Terkait