Kawaii Beauty Japan

Skin Care

6 Mitos dalam Menghilangkan Bulu dengan Mencukur dan Waxing

Kamu perlu mengetahui kebenarannya, ladies!

Ayu Dewi Handayani

Bagi wanita, pasti kamu sudah familiar dengan metode menghilangkan bulu dengan mencukur ataupun waxing. Setiap orang memiliki preferensi masing-masing dalam menghilangkan bulu. Namun, memang metode waxing dikenal lebih sakit karena mencabut bulu hingga ke akar. Meskipun begitu efek yang ditimbulkan pun berkepanjangan.

Meskipun metode menghilangkan bulu ini sudah familiar di kalangan wanita, rupanya ada beberapa mitos lho yang seringkali tersebar perihal hal tersebut. Nah, agar kamu tidak langsung percaya dengan mitos-mitos beredar, yuk simak kebenarannya!

6 Mitos dalam Menghilangkan Bulu dengan Mencukur dan Waxing

Jangan lagi percaya dengan mitos-mitos ini ya, ladies.

1. Sering Mencukur Bulu Dapat Membuat Bulu Tumbuh Lebih Cepat dan Lebih Tebal

Mencukur bulu

Faktanya, sering mencukur bulu tidak akan membuat bulu kamu menjadi tumbuh lebih tebal, hal ini secara scientific tidak masuk akal. Bahkan ada beberapa orang yang dengan sengaja sering mencukur alisnya dengan alasan agar bulu alis akan tumbuh lebih cepat dan lebih tebal, padahal hal ini hanyalah mitos belaka. Untuk ketebalan, ketika kita mencukur, maka bagian atas bulu akan terasa lebih tajam. Hal inilah yang membuat bulu terasa lebih tebal.

2. Waxing dari Usia Dini Dapat Menjamin Bulu Tumbuh Lebih Sedikit

Waxing

Faktanya, tidak ada jaminan waxing di usia dini dapat membuat bulu tumbuh dengan sedikit di usia dewasa nanti. Cara ini memang dapat membuat bulu menjadi hilang, namun tidak adanya jaminan bulu tumbuh menjadi lebih sedikit.

3. Mencukur adalah Cara Paling Bagus untuk Eksfoliasi

Mencukur

Mencukur dan eksfoliasi adalah dua hal yang berbeda. Mencukur terutama pada bagian wajah adalah hal yang tidak dubutuhkan dan sama sekali bukan cara untuk eksfoliasi. Bahkan jika kamu tidak melakukannya dengan hati-hati, kamu bisa membuat wajahmu menjadi terluka.

4. Rambut Keriting Memiliki Ingrown Hair

Rambut keriting

Ingrown hair adalah ketika rambut tidak bisa tumbuh keluar, sehingga terjebak di dalam folikel dan tidak bisa tumbuh keluar. Kondisi ini membuat benjolan kecil pada bagian tersebut dan merah sehingga membuat rasa tidak nyaman. Jika kamu merasa menemukan kondisi ini, cara paling ampuh adalah dengan melakukan eksfoliasi pada bagian kulit yang menurutmu merasa tidak nyaman. Sebenarnya tidak masalah jika kamu mengalami kondisi ingrown hair ini, karena nantinya rambut di dalam kulit tersebut akan mencari jalan dan tumbuh keluar dengan sendirinya.

5. Terlalu Sering Waxing akan Membuat Kulit Menjadi Berkeriput

Waxing

Jika kamu melakukan waxing, pasti kamu merasa kulitmu tertarik sehingga membuat kulit tersebut menjadi keriput. Faktanya, kamu tidak perlu khawatir hal tersebut akan terjadi, kecuali kamu melakukan waxing setiap hari, kemungkinan tersebut bisa terjadi pada kulitmu, meskipun kemungkinan tersebut kecil karena kulit manusia elastis.

6. Waxing akan Selalu Menyakitkan

Waxing

Sebenarnya mencabut bulu bagaimana pun caranya memang menyakitkan. Entah itu kamu mencabutnya ataupun dengan melakukan waxing. Terlebih ketika 3 hari sebelum menstruasi, kulit akan menjadi sensitif dan bisa menjadi lebih sakit dari biasanya. Cara untuk mengurangi rasa sakit tersebut adalah dengan melakukannya secara reguler. Nantinya kulitmu akan terbiasa dan rasa sakitnya akan sedikit berkurang.

Nah, itu dia kebenaran tentang mencabut bulu yang perlu kamu ketahui, ladies. Tidak sulit bukan?

Ayu Dewi Handayani
An editor of words.
Share this article

Artikel Terkait