Kawaii Beauty Japan

Skin Care

6 Cara Mengecilkan Pori-Pori yang Ampuh

Mencuci wajah dengan menggunakan air hangat masih kurang ampuh lho, ladies.

Ayu Dewi Handayani

Wajah yang bersih dan cerah tanpa cela adalah idaman semua wanita. Bagi wanita, merawat wajah adalah hal yang wajib. Semua perawatan mulai dari mencuci wajah dengan rutin sampai perawatan ke dokter kecantikan rela dilakukan oleh wanita untuk mendapatkan kulit wajah yang bersih. Salah satu permasalahan wanita yang seringkali ditemui adalah pori-pori besar. Pori-pori yang besar bisa membuat wajah kamu menjadi tampak lebih tua dan minyak pada wajah menjadi berlebih. Untuk mengecilkan pori-pori tidak semudah dengan mencuci wajah kamu dengan menggunakan air hangat saja, ada beberapa cara lainnya yang perlu kamu lakukan untuk mengecilkan pori-pori. Cara ini bisa kamu lakukan tanpa laser wajah. Bagaimana caranya? Yuk, simak!

6 Cara Mengecilkan Pori-Pori yang Ampuh

Yuk, coba lakukan ini agar pori-pori kamu bisa mengecil, ladies.

1. Jaga agar Kulit Kamu Selalu Bersih

Mencuci wajah

Cara menjaga agar pori-pori kamu tampak bersih dan menggunakan makeup dan produk perawatan kulit yang noncomedogenic. Hindari produk yang mengandung bahan-bahan yang berat seperti petrolatum dan mineral oil. Selalu bersihkan wajah kamu dengan sabun wajah yang lembut untuk membersihkan kotoran dan minyak pada wajah agar tidak menutup pori-pori. 

2. Gunakan Bahan yang Mengandung Retinoid

Mengandung eye cream

Retinoid akan membantu eksfoliasi kulit dan menjaga agar kulit mati tidak menutup pori-pori kamu dan menyebabkan jerawat. Retinoid juga bisa meningkatkan produksi kolagen untuk membuat kulit kamu menjadi lebih kencang.

3. Menggunakan Toner yang Tepat

Toner

Toner dengan pH yang netral dapat membantu mengencangkan kulit tanpa membuat iritasi kulit.

4. Jangan Lupa untuk Menggunakan Sunscreen

Sunscreen

Seiring berjalannya umur dan paparan sinar UV dapat mengurangi keelastisitasan kulit. Gunakan sunscreen dengan minimum SPF 30 setiap harinya untuk mencegah pori-pori melebar dari sinar matahari.

5. Tutupi dengan Makeup

Primer makeup

Cara paling mudah untuk membuat pori-pori kamu tampak lebih kecil adalah dengan menggunakan makeup. Gunakan primer pada bagian T-Zone untuk membuat pori-pori kamu menjadi tampak lebih kecil. Setelah menggunakan primer, baru kamu menggunakan base makeup seperti foundation atau BB Cream.

6. Lakukan Eksfoliasi 

Eksfoliasi

Untuk mengangkat sel kulit mati, kamu harus melakukan eksfoliasi setiap dua sampai tiga kali agar tidak menyumbat pori-pori kamu dan menyebabkan jerawat. Gunakan masker eksfoliasi yang mengandung glycolic dan salicyl acid untuk membersihkan pori-pori kamu dan mengencangkan kulit kamu.

Nah, itu dia cara-cara untuk mengecilkan pori-pori wajah kamu agar wajah kamu tetap terlihat awet muda. Selamat mencobanya, ladies!

Ayu Dewi Handayani
An editor of words.
Share this article

Artikel Terkait