Kawaii Beauty Japan

Makeup

6 Cara Membersihkan Makeup Wajah Tanpa Membuatnya Semakin Berantakan

Ketika membersihkan wajah, seringkali makeup yang dihasilkan menjadi semakin berantakan bukan?

Ayu Dewi Handayani

Bagi wanita, penggunaan makeup sudah tidak asing lagi untuk digunakan. Untuk aktivitas sehari-hari saja, makeup tidak bisa lepas sama sekali dari wajah kita. Setelah penggunaan makeup, saat yang sedikit membuat banyak dari kita menjadi ribet adalah ketika membersihkan wajah. Membersihkan wajah menjadi merepotkan terutama ketika kita sedang memakai full makeup, sehingga makeup malah menjadi semakin berantakan.

Di sisi lain, jika kamu tidak membersihkan makeup kamu atau tidak membersihkan secara menyeluruh, kulit wajah bisa menjadi berjerawat. Lalu, bagaimana caranya agar ketika membersihkan makeup atau membetulkan makeup, makeup kamu tidak menjadi semakin berantakan.

6 Cara Membersihkan Makeup Wajah Tanpa Membuatnya Semakin Berantakan

Coba lakukan cara ini agar makeup kamu tidak semakin berantakan.

1. Sapukan Bedak

Menyapukan bedak

Setelah kamu memakai concealer pada bagian bawah mata, gunakan bedak pada bagian tersebut. Jika kamu memakai bedak pada bagian bawah mata sebelum atau sesudah mengaplikasikan eyeshadow, kamu bisa menyapukan terlebih dahulu sisa-sisa powder yang berjatuhan tersebut dengan menggunakan powder brush. Bedak ini bisa menghilangkan concealer yang ada pada bagian bawah mata.

2. Membersihkan dengan Primer

Primer

Apapun makeup yang kamu gunakan black eyeliner, maskara waterproof, ataupun lipstik, ini bisa dihapus dengan menggunakan primer, apapun formulanya. Sedikit pulasan primer dengan menggunakan sponge atau tisu dapat menghapus makeup kamu dan membuat makeup pada wajah kamu hilang dengan bersih.

3. Gunakan Smudge Brush

Smudge brush

Sumber: Sephora

Smudge brush ini mirip dengan kuas eyeshadow namun lebih pendek, yang dimaksudkan untuk meratakan eyeliner ataupun eyeshadow. Jika kamu memakai eyeliner dan garis yang dihasilkan tidak bagus, kamu bisa menggunakan liquid liner pada kelopak matakamu. Coba gunakan smude brush, celupkan pada eyeshadow warna apapun, lalu smudge pada garis mata kamu untuk membuatnya menjadi smoky eyes.

4. Gunakan Kuas Maskara untuk Meratakan Gumpalan

Maskara

Terkadang kita bisa saja memakai maskara terlalu banyak sehingga menjadi gumpalan. Produk yang terlalu banyak atau terlalu banyak swipe dapat membuat bulu mata kamu menjadi semakin menggumpal. Jika kamu terlalu banyak menggunakannya, kamu pasti ingin refleks menggunakan makeup remover dan mengulangi bagian tersebut. Coba gunakan maskara yang sudah siap dibuang, kemudian goyang-goyangkan maskara tersebebut dan investasikan dua spoolie brush untuk meratakan maskara dan gumpalan pada bulu mata. Semakin sering kamu menggoyang-goyangkan maskara kamu, maka maskara kamu akan semakin natural.

5. Membetulkan Foundation

Foundation

Ketika kamu mengaplikasikan foundation ke wajah, kemudian kamu sadar bahwa shade tidak cocok dengan warna kulit kamu. Jangan hapus makeup kamu, biarkan foundation kamu meghilang dengan sendirinya. Campurkan dengan bagian dagu dengan mengunakan sponge atau foundation brush ke arah leher sehingga garisnya tidak terlihat lagi. Jika sudah gunakan brush bronzer untuk mengaplikasikan bronzer ke dagu kemudian ke arah bawah untuk mencampurnya. Ini adalah cara instan agar foundation yang kamu pakai masih bisa terpakai, hingga saatnya kamu bisa membeli shade dengan warna yang tepat.

Nah, itu dia cara yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan makeup wajah kamu agar tidak semakin berantakan, sehingga kamu tidak perlu mengulang makeup kamu yang salah dari ulang.

Tagged in:
Ayu Dewi Handayani
An editor of words.
Share this article

Artikel Terkait