Kawaii Beauty Japan

Makeup

5 Tips Make Up Agar Terlihat Muda

Make up selalu saja bisa diandalkan untuk mempercantik wajah, termasuk membuatnya tampak lebih muda. Mau tahu caranya? Yuk simak tips make up ini untuk mengurangi 10 tahun usiamu dari wajahmu.

Santi Berlinawati

Menutupi wajah yang mulai berkeriput dan berflek hitam karena penuaan dengan make up yang tebal ternyata bukanlah cara yang tepat untuk terlihat lebih muda. Kamu harus tahu trik-trik yang tepat agar makeup-mu menjadi penolong usiamu yang semakin terlihat jelas di wajah. Oleh karenanya, ikuti langkah-langkah berikut ini agar wajahmu terlihat jauh lebih muda:

Mengurangi 5 Tahun dengan Menyingkirkan Shimmer

Menggunakan eyeshadow

Sumber: Color Icon Eyeshadow - Walking On Eggshells

Kalau kamu menemukan keriput di matamu, hindarilah warna-warna frosted atau shimmer. Kilau warna-warna tersebut akan semakin memperjelas kerutan dan lipatan-lipatan pada mata. Sebagai gantinya, gunakan eye shadow matte yang akan membaur dengan kulitmu dan mengkamuflase garis-garis halus. Sapuan ringan warna champagne atau peach dari bulu mata hingga alis akan menyegarkan seluruh area mata. Matamu pun akan terlihat lebih lebar dan muda. Namun kalau matamu sembab terutama pada kelopak mata, gunakan warna medium, seperti kelabu tua pada seluruh kelopak mata untuk menambah kedalamannya dan menciptakan lengkungan mata alami.

Mengurangi 10 Tahun Dengan Bibir Glossy

Bibir glossy

Semakin tua, bibir biasanya semakin mengkerut, tipis, dan gelap. Lipstik berwarna gelap dan matte justru akan membuat keriput tersebut semakin jelas. Untuk itu, pilihlah nuansa glossy. Gunakan lipstik terlebih dahulu, baru oleskan lip gloss. Lipstik akan memberikan warna yang lebih tahan lama dan lip gloss akan membuatnya semakin bersinar dan terlihat muda.

Mengurangi 10 Tahun dengan Warna Natural

Make up natural

Warna memang penting, namun jaga agar tidak berlebihan dan dengan berstrategi. Jangan menggunakannya di seluruh wajahmu. Misalnya saja kalau kamu menggunakan nuansa punchy red atau petal pink pada pipi dan bibirmu, maka pilihlah warna netral untuk mata agar seimbang. Aturan yang sama juga berlaku untuk makeup mata yang dramatis. Buat bibir dan pipi lebih alami. Namun, hindari warna nude pucat untuk bibirmu karena bisa membuat kulitmu terlihat keabu-abuan. Pilihlah pink atau berries.

Mengurangi 10 Tahun dengan Foundation yang Lebih Ringan

Menggunakan foundation yang lebih ringan

Sepertinya menutupi keriput, noda-noda gelap, dan kantung mata dengan foundation dan concealer yang tebal adalah langkah tepat untuk tampil flawless. Tapi, make up tebal justru bisa meresap ke dalam keriput dan membuatnya terlihat semakin dalam. Sebaliknya, make up yang terlalu tipis akan membuatmu terlihat lelah. Untuk mendapatkan hasil yang pas, pastikan make up-mu masih menampakkan warna kulit alamimu, bukan menutupinya. Gunakan spon basah agar foundation lebih ringan. Kemudian gunakan concealer di bawah mata, sekitar hidung, dan bagian lain yang perlu ditutupi. Untuk menutupi lingkaran hitam pada mata, hindari concealer dengan warna dasar kuning karena akan membuat kulit kusam.

Hapus 10 Tahun dengan Sedikit Eyeliner dan Pensil Alis

Menggunakan eyeliner coklat

Eyeliner akan membuat mata terlihat lebih penuh dan lebar, sehingga keriput dan garis-garis pun bisa terkamuflase. Namun, eyeliner dan maskara hitam justru membuat mata tampak keras. Jadi, pilihlah warna cokelat atau brown-black. Eyeliner bubuk juga lebih direkomendasikan dibandingkan cair. Gunakan kuas lancip, dan buatlah garis sepanjang bulu matamu dan pastikan terlihat ketika kamu membuka matamu. Kemudian, isi alismu untuk mempertegasnya. Angkat naik bentuknya agar wajahmu juga terlihat lebih terangkat. Pilih warna yang sama dengan warna alismu dan fokus pada mengisinya, bukan menggambar alis dengan bentuk yang baru.

Nah itu dia ladies, cara mengurangi umurmu agar terlihat lebih muda. Sangat mudah untuk diaplikasikan, bukan? Semoga bermanfaat.

Santi Berlinawati
Share this article

Artikel Terkait