Kawaii Beauty Japan

Makeup

5 Ritual Ini Wajib Kamu Lakukan Sebelum Memakai Make up Wajah

Kamu tidak mau kan wajah kamu menjadi banyak jerawat setelah memakai make up, ladies?

Hikma Adriani

Bagi wanita memakai make up sudah menjadi kewajiban sebelum keluar rumah. Setidaknya alat make up yang sering digunakan adalah bedak dan lipstik. Tapi, pada umumnya wanita memakai bermacam-macam make up sebelum keluar rumah. Terlalu sering memakai make up bisa membuat wajah menjadi berjerawat, timbul komedo, dan menjadi tampak kusam jika tidak dibersihkan dengan baik.

Agar wajahmu tetap terawat meskipun sering memakai make up, kamu juga perlu melakukan berbagai macam perawatan sebelum memakai make up agar kulit wajah tetap terjaga. Lalu, apa saja perawatan yang perlu kamu lakukan sebelum memakai make up? Yuk, simak selengkapnya, ladies!

5 Ritual Ini Wajib Kamu Lakukan Sebelum Memakai Make up Wajah

Jangan lupa untuk selalu melakukan hal-hal ini agar wajah kamu selalu lembut dan make up tidak mudah luntur ya, ladies!

1. Bersihkan Sisa Kotoran dan Debu dari Kulit Wajah

Membersihkan sisa-sisa make up

Nah, ini hal pertama yang harus kamu lakukan. Apabila tidak dibersihkan terlebih dahulu sisa kotoran dan debu yang bercampur dengan makeup akan menyebabkan kulitmu berjerawat. Jadi, mulai sekarang jangan lupa bersihkan wajah ya.

2. Eksfoliasi Kulit Wajah

Mengeksfoliasi kulit wajah

Jangan lupa untuk eksfoliasi kulit wajah kamu ya, ladies. Pilihlah produk yang memiliki butiran scrub kecil dan halus. Tujuan dari eksfoliasi kulit ini adalah untuk menghilangkan kulit mati sehingga wajah terasa lebih lembut dan menjadi lebih siap untuk makeup. Tapi yang ingat jangan lakukan tiap hari lho karena akan merusak jaringan kulitmu!

3. Bersihkan Blackhead Alias Komedo

Membersihkan komedo

Sumber: Memorable days

Terlalu sering menggunakan makeup akan membuat pori-pori kulit tertutup oleh timbunan sisa makeup dan minyak. Inilah alasan kenapa kamu merasa komedo lebih mudah keluar saat sering memakai makeup. Gunakanlah strip pore pack atau masker yang dapat di peel off setelah kering untuk mengangkat komedo. Perlu diingat ladies, bahwa untuk membersihkan komedo juga jangan setiap hari ya.

4. Gunakan Facial Sheet Mask

Facial sheet mask

Siapa sih yang tidak tahu masker berbentuk lembaran praktis tinggal pakai ini? Pasti kamu semua pernah mencobanya kan? Pilihlah yang kandungannya sesuai untuk kebutuhan kulit kamu. Ritual ini memang kelihatannya kurang efisien dari segi waktu. Tapi manfaatnya akan sangat terasa lho ladies. Kalau tidak sempat menggunakan masker ini saat pagi kamu bisa menggunakannya pada malam hari sebelum tidur.

5. Gunakan Skincare, Setidaknya Pelembap dan Tabir Surya

Memakai moisturizer

Jangan pernah mengaplikasikan makeup sebelum kamu memakai 2 produk wajib ini. Terus kalau kulit berminyak apa juga harus menggunakan moisturizer? Jawabannya adalah ya, tetapi pilihlah moisturizer ringan berbentuk gel yang tidak mengandung minyak. Sedangkan untuk kamu yang berkulit kering gunakanlah moisturizer berbentuk cream yang cepat menyerap namun tetap melembabkan. Tidak ketinggalan sunblock, tentunya untuk melindungi kulit kamu dari paparan radiasi matahari yang dapat menimbulkan bercak kehitaman pada permukaan kulit wajah.

Nah, itulah ritual yang perlu kamu lakukan sebelum memakai make up wajah, ladies! Jadi, jangan sembarangan langsung memakai macam-macam make up untuk wajah kamu lagi ya!

Hikma Adriani
Mahasiswa jurusan Akuntansi yang merangkap sebagai barista. Sangat suka dengan budaya Jepang.
Share this article

Artikel Terkait