Kawaii Beauty Japan

Skin Care

5 Manfaat Mangga untuk Perawatan Kulit Wajah Kamu

Psst, bisa mengatasi jerawat juga lho, ladies!

Marga Apsari

Siapa sih yang tidak kenal dengan buah mangga? Buah yang rasanya manis ini memiliki banyak khaisat untuk tubuhmu, lho. Salah satunya adalah untuk kesehatan kulit wajah. Mangga memiliki kandungan beta-karoten yang cukup tinggi, sehingga dapat mengatasi berbagai masalah pada kulit wajah, mulai dari jerawat sampai dengan komedo. Baca manfaat mangga untuk kesehatan kulit wajah selengkpanya di bawah ini, yuk!

1. Mencerahkan Kulit

Perawatan kulit wajah

Mangga memiliki kandungan vitamin C dan A yang sangat penting untuk mengembalikan kondisi kulit setelah terpapar sinar matahari. Kamu bisa memanfaatkan kulit manffa untuk mengatasi kulit wajah yang terbakar. Caranya mudah, kamu hanya perlu menggosokkan bagian dalam kulit mangga ke kulit wajah dan tangan. Lalu, diamkan selama 10-15 menit, dan bilas menggunakan air dingin hingga benar-benar bersih. Gunakan cara ini 2-3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil maksimal.

2. Membasmi komedo

Perawatan kulit wajah

Komedo yang membandel bikin tampilanmu jadi kurang? Atasi saja dengan scrub alami yang terbuat dari buah mangga. Campurkan satu sendok teh daging mangga yang sudah dihaluskan dengan satu sendok teh susu cair, dan satu sendok teh madu. aduk hingga merata, lalu gosokkan campuran ini pada wajah dengan gerakan melingkar. Scrub ini dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan menghilangkan komedo.

3. Mengatasi Jerawat

Perawatan kulit wajah

Mangga memiliki kandungan AHA yang berfungsi untuk meremajakan kulit, dan vitamin A yang menjadi sumber antioksidan, serta beta-karoten untuk mengatasi masalah jerawat. Gunakan mangga yang masih mentah, iris sekaligus dengan kulitnya, lalu rebus, dan diamkan hingga dingin. Rendam kapas dalam air rebusan mangga tersebut lalu oleskan pada wajahmu.

4. Memudarkan Flek Hitam dan Mata Panda

Perawatan kulit wajah

Buah mangga ternyata juga dapat membantumu memudarkan flek hitam dan mata panda di kulit wajah, serta membuatnya jadi lebih bercahaya. Ini juga disebabkan kandungan vitamin dan beta-karoten yang tinggi pada buah tersebut. Caranya hanya dengan menggosokkan buah mangga pada kulit wajah yang telah dibersihkan sebelumnya. Diamkan beberapa saat, lalu bilas hingga bersih menggunakan air hangat.

5. Mencegah Penuaan Dini

Perawatan kulit wajah

Kandungan antioksidan yang tinggi pada buah mangga juga dapat menghalangi atau mencegah penuaan dini pada kulit wajah. Pigmentasi yang terjadi pada kulit akan teratasi dengan memanfaatkan mangga sebagai masker kulit. Selain itu, buah mangga dapat melindungi kulit wajah dari radikal bebas yang menjadi pemicu penuaan dini dan menyebabkan kanker kulit.

Nah, siapa sangka bukan buah mangga bisa kamu gunakan untuk perawatan kulit wajah, ladies? Selamat mencobanya!

Marga Apsari
A happy-go-lucky foodie. Not that kind of a girl you'll see everyday
Share this article

Artikel Terkait