Kawaii Beauty Japan

Makeup

5 Langkah Cara Memakai Makeup dengan Tepat

Penggunaan makeup yang tepat dapat membuat kulit kamu menjadi semakin mulus lho.

Ayu Dewi Handayani

Penggunaan makeup bagi wanita adalah hal yang wajib untuk digunakan sebelum ke luar rumah. Penggunaan makeup yang tepat bisa menutupi semua kekurangan pada wajah kamu dengan sempurna. Namun, bagi beberapa orang pemakaian makeup tidak menutupi kekurangan pada wajah dengan baik. Biasanya, hal ini terjadi karena kondisi kulit yang tidak baik. Nah, untuk itu coba ketahui bagaimana cara memakai makeup dengan tepat ya. Yuk, simak langkah-langkahnya!

5 Langkah Cara Memakai Makeup dengan Tepat

Apakah kamu sudah melakukan langkah-langkah ini dengan baik?

1. Bersihkan Wajah Kamu

Membersihkan wajah kamu

Kondisi kulit wajah yang bersih sangat penting agar debu dan polusi yang menempel pada wajahmu tidak tercampur dengan makeup sehingga menyumbat pori-pori dan berjerawat. Selain itu makeup yang menempel pada wajah juga bisa membuat wajah kamu tampak tidak merata. Coba bersihkan wajah kamu terlebih dahulu dengan menggunakan facial cleanser, lalu selanjutnya gunakan sabun muka. Cara inilah yang biasa disebut dengan double cleansing seperti yang sering dilakukan oleh wanita Jepang.

2. Gunakan Toner 

Toner Wajah

Penggunaan toner bagi beberapa orang memang sedikit membingungkan. Dulu, toner merupakan bagian dari facial cleanser yang digunakan setelah menggunakan facial cleanser. Namun, toner modern seperti saat ini bisa kamu gunakan setelah membersihkan wajah dengan menggunakan sabun muka. Penggunaan toner sangat penting terutama bagi kamu yang memiliki kulit wajah mudah berjerawat dan untuk membersihkan wajah dari sunscreen. Toner juga bisa menyeimbangkan pH pada wajah kamu setelah membersihkan muka dan membantu mengecilkan pori-pori.

3. Gunakan Pelembap

Moistrurizer

Sebelum menggunakan makeup sangat penting untuk menggunakan pelembap, terlebih setelah kamu membersihkan wajah kamu tadi. Terlebih jika kulit wajah kamu adalah jenis kulit yang kering, penggunaan moisturizer sangat penting untuk wajah kamu.

4. Gunakan Sunscreen

Sunscreen

Banyak dari kita yang beranggapan bahwa penggunaan sunscreen tidak penting karena banyak base makeup yang sudah mengandung SPF. Namun, penggunaan SPF tersebut berbeda dengan sunscreen yang memang bisa mencegah masuknya sinar UVA dan UVB pada kulit kamu. Kamu tidak mau kan kulit kamu keriput sebelum waktunya, ladies?

5. Aplikasikan Makeup

Makeup

Setelah langkah-langkah perawatan kulit kamu sudah kamu lewati, kini barulah saatnya kamu menggunakan makeup kamu. Perhatikan urutan makeup kamu juga ya. Pertama, gunakanlah base makeup seperti foundation ataupun bb cream. Setelah itu kamu bisa menggunakan concealer pada bagian bawah mata ataupun untuk mengetahui bekas jerawat kamu.

Gunakan blush on pada bagian pipi ke arah telinga, baru gunakan setting powder. Kamu juga bisa menggunakan blush on lagi, agar warna blush on-nya lebih terlihat. Lalu gunakan makeup mata, seperti eyeshadow, alis, lalu gunakan maskara. Setelah menggunakan makeup mata, barulah kamu menggunakan lisptik. Perhatikan urutan tersebut ya agar makeup kamu tidak berantakan.

Nah, itu dia langkah-langkah yang perlu kamu lakukan agar makeup pada wajah kamu bisa terlihat sempurna. Selamat mencobanya, ladies!

Ayu Dewi Handayani
An editor of words.
Share this article

Artikel Terkait