Kawaii Beauty Japan

Skin Care

5 Cara Merawat Kulit Wajah yang Harus Kamu Tahu

Memiliki kulit wajah yang bersih dan cerah tidak bisa didapatkan begitu saja lho. Kamu tetap membutuhkan perawatan yang rutin dan berkala.

Ayu Dewi Handayani

Siapa sih yang tidak ingin memiliki kulit yang bersih dan cerah? Bagi wanita, kulit yang bersih dan cerah dapat memancarkan aura kecantikan seseorang. Sebaliknya, jika kulit kamu pucat kamu terlihat seperti sedang sakit dan tidak bersemangat. Perawatan kulit memang tidak mudah karena membutuhkan perawatan yang rutin dan kamu harus menjaga makanan kamu agar kulit wajah bisa tetap bersih dan cerah. Nah, selain menjaga makanan dan perawatan rutin, berikut adalah cara-cara yang perlu kamu lakukan untuk menjaga agar wajah kamu selalu bersih dan cerah.

5 Cara Merawat Kulit Wajah yang Harus Kamu Tahu

Lakukan ini agar wajah kamu bisa tetap bersih dan cerah, ladies!

1. Ganti Minuman Soda Kamu dengan Air Putih

Minum air putih

Soda mengandung gula jenis fruktosa yang sangat tidak bagus untuk tubuh terutama kulit kamu. Untuk kulit, sering minum soda dapat mempercepat penuaan dini dengan membuat keriput pada kulit kamu. Jadi, gantilah minuman soda kamu dengan menggunakan air putih yang lebih sehat agar kulit wajah kamu bisa tetap lembap dan terhidrasi dengan baik.

2. Gunakan Produk Anti-Aging Mulai dari Sekarang

Produk anti aging untuk merawat kulit wajah

Kebanyakan wanita baru memulai perawatan anti-aging setelah mulai muncul kerutan-kerutan halus di wajah. Padahal sebenarnya produk anti aging tersebut perlu kamu gunakan di usia 20-an untuk mencegah munculnya kerutan halus sehingga penuaan dini tidak muncul di wajah kamu terlebih dulu.

3. Ganti Kebiasaan Kamu Mulai dari Sekarang

Hapus makeup sebelum tidur untuk merawat kulit wajah

Jika selama ini kamu tidur dengan menggunakan makeup yang masih menempel di wajah dan merasa baik-baik saja, bukan berarti kulit kamu baik-baik saja lho. Bisa jadi nantinya di usia 40 tahun, kulit wajah kamu akan muncul cystic acne dan perawatan apapun tidak akan berpengaruh. Jadi, jika kamu masih malas untuk merawat wajah kamu, segera ubah kebiasaan kamu dengan mulai rajin merawat wajah. Semalas apapun kamu di malam hari, selalu bersihkan kulit wajah kamu terlebih dulu sebelum tidur.

4. Jangan Memegang Wajah

Tidak memegang wajah untuk membuat kulit menjadi tampak lebih bersih dan cerah

Kesalahan lain yang sering dilakukan oleh banyak wanita adalah memegang wajah secara tidak sadar dan memencet jerawat. Padahal cara tersebut malah mentransfer kuman yang ada di tangan ke wajah kamu sehingga membuat jerawat kamu menjadi semakin parah dan bekas jerawat malah menjadi sulit hilang. Jadi, sebisa mungkin hindari memegang-megang wajah kamu agar wajah kamu bisa selalu bersih ya.

5. Kulit Wajah Membutuhkan Perawatan yang Rutin

Membersijkan perawatan wajah

Di siang hari, kulit kamu membutuhkan perlindungan sedangkan di malam hari adalah waktunya perbaikan. Aplikasikan serum antioksidan di pagi hari untuk menetralisir radikal bebas yang sangat berbahaya ditimbulkan oleh sinar UV dan polusi. Kedua faktor tersebut dapat menghancurkan kolagen dan elastin sehingga membuat keriput dan bintik hitam di wajah. Di malam hari, sangat bagus jika kamu menggunakan moisturizer atau serum yang mengandung peptides atau retinol yang bagus untuk menstimulasi kolagen dan mengurangi keriput dan mencegah munculnya kerutan.

Nah, itu dia cara merawat kulit yang seharusnya kamu tahu, ladies. Ikuti cara di atas agar kamu bisa selalu memiliki kulit wajah yang bersih dan cerah ya.

Ayu Dewi Handayani
An editor of words.
Share this article

Artikel Terkait