Kawaii Beauty Japan

Skin Care

5 Cara Menghilangkan Komedo ini Rupanya Perlu Kamu Hindari

Jangan lakukan 5 hal ini, jika kamu tidak ingin kulitmu semakin rusak akibat komedo ya!

Marga Apsari

Hadirnya komedo pada kulit wajah bisa membuat rasa percaya dirimu sedikit menurun. Kamu tentu sudah mengerahkan segala cara agar komedo bisa dibersihkan dengan maksimal. Namun, jika kamu sampai melakukan kesalahan dalam membasmi komedo, bisa-bisa bukannya komedo hilang dari kulitmu justru malah semakin parah kondisinya.

Untuk itu, kamu perlu mengetahui apakah cara yang selama ini kamu lakukan sudah benar untuk membasmi komedo kamu. Mungkin saja kamu melakukan salah satu dari 5 kesalahan utama dalam membasmi komedo ini, ladies!

5 Cara Menghilangkan Komedo ini Rupanya Perlu Kamu Hindari

Ketahui kesalahan dalam menghilangkan komedi ini agar kulitmu terbebas dari komedo, ladies!

1. Terlalu Sering Eksfoliasi

Eksfoliasi

Scrubbing atau eksfoliasi memang dapat membantu membersihkan pori-porisecara menyeluruh dan menghilangkan minyak berlebih pada kulit wajah. Namun, terlalu sering scrubbing tidak akan membuat kulit wajah menjadi mulus. Justru ini dapat mengakibatkan kulit menjadi terinflamasi, kering dan juga iritasi.

Satu hal lagi yang perlu diperhatikan adalah teknik scrubbing-mu. Sebaiknya, jangan menggosok wajahmu terlalu keras. Ini akan membuat jerawat dan komedo memburuk, serta memicu produksi minyak lebih banyak lagi. So, sebaiknya gunakan scrub dengan perlahan dan lembut dengan rentan waktu kira-kira 3-4 hari sekali ya, ladies!

2. Memegang-megangnya Terus

Komedo

Tentu kamu sering mendengar pada ahli kecantikan menyarankanmu untuk tidak memegang-megang jerawat atau komedo, jika tidak ingin kondisinya semakin buruk. Ini adalah fakta, menyentuh jerawat atau komedo hanya akan memperburuknya. Kulit bisa menjadi trauma, berbekas bopeng atau infeksi.

3. Tidak Menyiapkan Kulit Wajah Sebelum Mengekstraknya

Cuci muka

Walaupun menyentuh jerawat atau komedo merupakan dosa besar, tidak ada salahnya kamu mengekstraknya, lho. Tentu saja, hanya jika kamu melakukannya dengan benar. Sebelum kamu mulai mengekstraknya, pastikan kulitmu sedang dalam kondisi yang baik. Bersihkan dengan sabun lembut terlebih dahulu dan gunakan sedikit uap agar pori-pori lebih terbuka. Para ahli kecantikan juga menyarankan untuk menggunakan moisturizer terlebih dahulu sebelum mulai mengekstrak komedo keluar dari kulit.

Apabila kamu tidak yakin bagaimana teknik yang tepat untuk mengekstrak komedomu, kamu bisa konsultasikan pada dokter kulit atau kecantikan. Sebab, mengekstrak komedo perlu berhati-hati serta menggunakan teknik yang tepat. Jika sampai salah, tidak menutup kemungkinan munculnya bekas-bekas atau luka pada kulit.

4. Terlalu Pantang Menyerah

Komedo

Saat kamu memutuskan untuk mengekstrak komedo, tentu kamu ingin membersihkan semuanya ya, ladies. Namun, jika salah satu komedo yang ingin kamu bersihkan tidak bisa diekstrak dalam tiga kali percobaan, maka itu artinya memang belum waktunya untuk dibersihkan. Memaksanya untuk keluar malah dapat membuat kulit jadi iritasi. Diamkan dulu beberapa hari dan cobalah untuk mengekstraknya lagi.

5. Kurang Pelembap

Moisturizer

Mungkin kamu berpikir bahwa pelembap hanya akan membuat kulit jadi berminyak dan menyumbat pori-pori. Namun, jika sampai kamu melewatkan pelembap dan kulit jadi kering, inilah yang akan memicu produksi minyak semakin meningkat. Akhirnya, akan timbul breakout di kulit cantikmu. Pastikan kamu mengaplikasikan moisturizer secara rutin untuk membuat kelembapan kulit selalu terjaga.

Nah, itu dia cara menghilangkan komedo yang perlu kamu hindari jika kamu ingin kulitmu tetap mulus dan terbebas dari komedo. Semoga bermanfaat, ladies!

Marga Apsari
A happy-go-lucky foodie. Not that kind of a girl you'll see everyday
Share this article

Artikel Terkait