Kawaii Beauty Japan

Makeup

4 Cara Menyimpan Gel Eyeliner dengan Tepat yang Perlu Kamu Lakukan

Salah menyimpan eyeliner malah akan menjadi cepat kering lho.

Leonita Nerisa

Eyeliner pertama kali digunakan pada jaman Mesir kuno dan Mesopotamia dan digambar melinggar mengikuti garis mata. Pada masa itu, kegunaan eyeliner tidak hanya sebagai alat mempercantik diri, namun juga untuk melindungi mata dari teriknya matahari gurun pasir. Pada akhir abad 20-an dan awal abad 21, eyeliner sering diasosiasikan dengan tampilan gotik dan punk. Namun saat ini, para wanita modern menjadikan eyeliner sebagai salah satu rutinitas make up yang paling penting. Tidak hanya itu, eyeliner yang dulunya hanya digunakaan untuk ke acara-acara khusus, saat ini banyak wanita yang sehari-harinya menggunakan eyeliner.

Eyeliner hadir dalam beberapa jenis seperti pensil, cair dan gel. Dari ketiga jenis tersebut, eyeliner berjenis gel merupakan jenis eyeliner yang paling susah dalam hal penyimpanan karena eyeliner jenis ini seringkali mengering sebelum waktunya atau mungkin saja setelah beberapa kali pemakaiannya saja. Tentunya hal ini sangat menganggu dan kebanyakan eyeliner gel lebih mahal dibandingan jenis yang lain karena memang dapat memberikan warna yang lebih kontras. Untuk mencegah hal tersebut, make up artist Elle Leary memberikan sebuah tips untu mencegah gel eyeliner cepat kering.

4 Cara Menyimpan Gel Eyeliner dengan Tepat yang Perlu Kamu Lakukan 

Lakukan cara ini agar eyeliner kamu bisa awet dan tidak cepat kering, ladies!

1. Disimpan Terbalik

Menyimpan eyeliner terbalik

Menurutnya, dengan membalik gel eyeliner ketika disimpan (tutup dibagian bawah) dapat mencegah permukan eyeliner mongering dan dengan cara ini juga,kamu dapat melhat warna eyeliner dengan lebih mudah. Ternyata, tips ini bisa diaplikasikan ke cream shadows juga lho!

2. Tutup yang Rapat

Menutup rapat

Tentunya kamu harus menutup wadah eyeliner dengan benar dan pastikan tertutup dengan rapat agar udara tidak masuk ke dalam wadah gel eyeliner. Kamu juga bisa menggunakan selembar plastik wrap yang diletakan diatas wadah sebelum ditutup dengan tutup eyeliner yang akan membuatnya lebih kedap udara.

3. Gunakan Cairan Saline

Cairan Saline

Sumber: Thesuburbanmom

Jika gel eyeliner sudah terlanjur mengering, sebelum memutuskan untuk membuangnya kamu dapat mencoba meneteskan beberapa tetes cairan saline, yaitu cairan yang biasanya digunakan untuk membersihkan kontak lensa. Hal lain yang dapat kamu lakukan adalah dengan memanaskan bagian bawah wadah gel eyeliner menggunakan hairdryer agar eyeliner kembali melunak.

4. Perhatikan Tanggal Pembukaan

Eyeliner dibuka

Gel eyeliner merupakan salah satu kosmetik yang masa penggunaanya cukup singkat. Salah satu ciri gel eyeliner sudah tidak layak untuk dipakai yaitu gel eyeliner yang mengering. Untuk itu pastikan jika gel eyeliner-mu mengering bukan karena sudah lewat masa pemakaiannya. Gel eyeliner yang sudah lewat masa pemakaiannya dan sudah mengering, sebaiknya kamu membuangnya karena berisiko menyebabkan mata iritasi.

Nah, sekarang sudah tahu kan cara menyimpan gel eyeliner kamu? Jangan sampai salah menyimpan dan membuatnya kering ya, ladies!

Tagged in:
Leonita Nerisa
Blogger from Indonesia. She mostly writes about fashion & beauty. Currently studying at private university in Jakarta and being a part time blogger to brighten up her day!
Share this article

Artikel Terkait