Kawaii Beauty Japan

Hair

12 Penyebab Rambut Rontok yang Perlu Kamu Ketahui

Rambut rontok adalah salah satu masalah yang cukup mengganggu. Penyebab rambut rontok sendiri juga bermacam-macam. Yuk, cari tahu penyebabnya di sini.

Inka Rahmawati

Rambut adalah mahkota wanita. Semua wanita pasti menginginkan rambut yang indah dan tebal Namun rambut rontok membuatmu akan menjadi tidak percaya diri, Meskipun begitu, hampir semua orang pernah mengalami masalah rambut rontok. Kerontokan rambut dianggap normal jika jumlahnya tidak melebihi 100 helai per hari. Jika berlebihan maka kerontokan rambut bukan hanya membuat seseorang merasa kurang percaya diri saja, bahkan bisa menyebabkan kebotakan. Nah yuk simak penyebab rambut rontok.

Gangguan Hormon

Rambut rontok karena hormon

Hormon Alopesia Androgenetik merupakan penyebab kebotakan yang rata-rata terjadi pada 70% pria dan 40% wanita. Kebotakan karena hormon ini merupakan penyakit keturunan yang disebabkan oleh peningkatan sensitivitas genetik dari folikel rambut terhadap hormon Dihydro Testosterone (DHT). Penyakit autonium adalah gangguan hormon Hormon Alopesia Areata dapat menyebabkan rambut rontok dan menjadi pitak. Kerontokan jenis ini tidak permanen, biasanya rambut akan tumbuh kembali setelah satu tahun.

Pengaruh Gizi dan Vitamin

Kekurangan vitamin

Kesehatan kulit kepala perlu dijaga dengan nutrisi yang cukup karena kulit kepala adalah tempat tumbuhnya rambut indahmu. Asupan gizi dan vitamin yang kurang dapat menyebabkan rambut rapuh dan mudah rontok.

Penggunaan Bahan Kimia

Terlalu sering mewarnai rambut

Pewarnaan rambut terlalu sering dan zat kimia yang digunakan pada proses penataan rambut (pelurusan/pengeritingan) dapat memicu kerusakan rambut, serta memperparah kerontokan bagi rambutmu.

Alat Penata Rambut

Sering merusak rambut

Penggunaan alat penata rambut dapat berdampak buruk bagi rambut. Alat catok, alat keriting atau pengering rambut yang digunakan akan membuat rambut menjadi kering, pecah-pecah, bercabang dan membuat rambut mudah patah sehingga menyebabkan kerontokan.

Efek Samping Obat

Efek samping dari obat

Obat yang digunakan untuk menangani depresi, obat pengencer darah, obat kemoterapi, dan kontrasepsi umumnya memiliki efek samping membuat rambut rontok. Kerontokan akan berkurang apabila penggunaan obat dihentikan.

Jarang Keramas

Jarang keramas

Jarang keramas akan membuat rambut menjadi berminyak dan lembab. Ketika terpapar sinar matahari, rambut yang berkeringat menjadi mudah rontok karena keadaan lembab membuat rambut menjadi rapuh. Selain itu, pada saat keramas, menggosok kepala dengan berlebihan dapat merusak folikel rambut dan dapat menyebabkan rambut menjadi rontok.

Terlalu Kencang Mengikat Rambut

Ikatan rambut kencang

Rambut yang diikat dengan kuat menyebabkan akar rambut tertarik. Inilah yang membuat terjadinya kerontokan. Apabila ingin mengikat rambut dengan kuat usahakan tidak lebih dari dua jam, karena ikatan yang kuat tidak hanya membuat rambut rontok tetapi juga sakit kepala.

Kehamilan

Hamil

Siapa sangka kehamilan dapat menyebabkan rambut rontok, ladies? Penyebab kerontokan rambut pada wanita hamil terjadi secara alami. Namun jangan panik dahulu, karena hal ini akan pulih kembali umumnya setelah 3 bulan pasca melahirkan.

Gangguan Emosional

Stres

Saat seseorang stres maka yang akan terjadi adalah otot syaraf pada kepala menegang. Ini dapat menyebabkan akar syaraf rambut melemah dan rambut menjadi mudah rontok.

Sinar Matahari Serta Polusi

Jika terlalu lama berada dibawah sinar matahari dapat menurunkan tingkat keratin rambut yang berpengaruh pada kesehatan rambut. Fungsi keratin adalah untuk menjaga kesehatan rambut agar tetap berkilau.

Rokok

Rokok

Tidak hanya dapat merusak organ dalam tubuh tetapi rokok juga sangat berpengaruh terhadap kesuburan rambut, rokok dapat merusak suplai darah ke folikel rambut.

Infeksi

Infeksi di kepala

Infeksi pada kulit kepala dapat menyebabkan kerontokan pada rambut. Gunakanlah anti jamur agar infeksi tidak semakin parah dan menceggah kerontokan rambut.

Nah itu dia ladies, penyebab dari kebotakan. Hal yang perlu diingat adalah jumlah kerontokan yang sedikit terkadang sering diabaikan, padahal jika terus diabaikan bisa berdampak pada kebotakan. Jadi, selalu jaga kesehatan mahkota indahmu ya ladies!

Inka Rahmawati
Enjoy life, be grateful and learn to give :)
Share this article

Artikel Terkait

Manfaat Jadi Influencer

Apa saja sih manfaat yang bisa kamu dapatkan jika jadi seorang influencer? Apa benar influencer juga memiliki manfaat untuk brand? Yuk baca selengkapnya.

Tha Arpy