Kawaii Beauty Japan

Skin Care

10 Tips Perawatan Kulit Mudah dan Praktis Saat Mudik

Pengen tetap cantik saat mudik? Lihat tips berikut!

Cut Auzola Azalia

Kulit harus selalu di jaga setiap saat agar kita selalu dapat tampil cantik dan segar. Saat mudik, banyak dari kita yang terkadang melupakan perawatan wajah, terutama jika sedang dalam perjalanan. Padahal saat lebaran pasti semua wanita ingin terlihat cantik dan segar saat bertemu keluarga. Oleh karena itu, berikut ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk merawat kulit mu saat perjalanan mudik, maupun saat kamu sudah sampai tempat tujuan!

1. Simpan skin care di Tempat yang Mudah di Jangkau

Hal ini sangat penting jika kamu sedang dalam perjalanan yang ditempuh dengan mobil atau bus. Pastikan skin care mu selalu ada di dalam jangkauan mu, untuk memudahkan mu menggunakannya setiap dibutuhkan. Jika kamu menggunakan pesawat, tidak ada salahnya mengemas beberapa skin care penting seperti sunblock, moisturizer dan toner, ke dalam travel jar agar mudah untuk kamu gunakan dan tidak makan tempat di tasmu. 

BACA JUGA: 5 Produk Kecantikan yang Harus Kamu Bawa Saat Mudik​

2. Gunakan Sunscreen/sunblock

Sebelum berpergian, gunakan sunscreen atau sunblock yang mengandung SPF untuk perlindungan kulit, terutama kulit wajahmu! Dengan ini wajah bakal terhindar dari paparan sinar UVA dan UVB yang membuat kulitmu bakal tetap indah tanpa flek hitam. Saat sedang di luar, jangan ragu untuk mengaplikasikan sunscreen mu kurang lebih setengah jam atau satu jam sekali agar kulit tetap terlindungi.

3. Bersihkan Wajah Menggunakan Susu Pembersih atau Toner

Saat kamu sedang di perjalanan, mungkin akan sulit untuk membersihkan wajahmu menggunakan face wash. Oleh karena itu selalu siapkan susu pembersih atau toner agar kulit mu tetap bersih dan terhindar dari kotoran yang malah bisa menyebabkan jerawat. Jangan lupa untuk membawa kapas dan membuang bekasnya di tempat sampah ya!

BACA JUGA: Tutorial Membersihkan Wajah Tanpa Bilas​

4. Cuci Muka di Rest Area

Saat kamu dapat berhenti di rest area, sempatkan untuk mencuci muka mu. Walaupun kamu tidak menggunakan face wash, setidaknya muka akan tetap segar dan terhindar dari debu yang membuat wajah kotor. 

5. Gunakan Moisturizer

Kulit bisa saja menjadi kering saat perjalanan, apalagi kalau kamu berada dalam kendaraan ber-ac terlalu lama. Oleh karena itu sempatkan untuk menggunakan moisturizer atau pelembab dan aplikasikan ulang jika kamu merasa kulitmu terasa kering.

6. Bawa Masker Wajah

Saat di kendaraan, kamu dapat menggunakan masker wajah yang berbentuk sheet mask agar wajah tetap segar. Selain mudah digunakan di mana saja, manfaatnya juga banyak lho!

7. Istirahat Dulu Makeup Tebalmu

Kalau bisa hindari dulu menggunakan makeup berlebihan. Lebih baik lagi jika kamu mengistirahatkan wajahmu dari make up untuk beberapa saat dan lebih berfokus pada kulit sehat saja dalam perjalanan. Walaupun begitu kamu tetap bisa menggambar alis mu atau menggunakan lipstik kalau kamu mau!

8. Gunakan Spray Wajah

Spray wajah akan sangat dapat membantu kulit mu agar tetap segar. Kalau kamu tidak memiliki spray wajah, kamu bisa menggunakan air biasa yang disimpan di dalam botol spray untuk memudahkan mu menyegarkan wajah saat di jalan.

9. Gunakan Lip Balm

Dari pada menggunakan lipstik yang dapat menggunakan bibirmu kering, ada baiknya kamu cukup menggunakan lip balm saja dalam perjalanan. Kamu bisa memilih lip balm yang sedikit memberikan warna pada bibir jika kamu mau.

BACA JUGA: Rawat Bibir Kering Saat Menjalankan Puasa

10. Konsumsi Air Putih

Walaupun terdengar aneh, konsumsi air putih yang banyak terutama saat perjalanan akan membuat kulitmu tetap segar dan fresh loh. Tapi jangan kebanyakan juga ya girls, nanti yang ada kamu harus berhenti ke kamar kecil terus! Cukupi saja kebutuhan air agar kulit dan wajah tetap fit!

Sekian hal yang dapat kamu lakukan saat perjalanan mudik agar kulitmu tetap cantik. Kalau kamu sudah sampai tujuan maka kamu dapat dengan mudah melanjutkan rutinitas perawatan kulitmu seperti biasa!

Cut Auzola Azalia
A weirdo who wants to share her knowledge about beauty, lifestyle and stuff. A psychology student who stuck with thesis, a beauty blogger in other life, makeup and skin care junkie, a Disney lover, a princess freak, and a girl who interested in the world of cosplay. Reach me by email at [email protected]
Share this article

Artikel Terkait