Foto Merasa aman saat mengkonsumsi makanan sehat? Coba pikir kembali!

Merasa aman saat mengkonsumsi makanan sehat? Coba pikir kembali!

Foto Yenni Octavia
Gaya hidup sehat tentunya harus didukung dengan makanan yang juga sehat, tapi sayangnya nggak semua makanan sehat itu sehat lho!

Gaya hidup sehat memang sedang menjadi trend akhir-akhir ini. Banyak restoran-restoran yang menawarkan menu-menu sehat atau menu vegetarian. Masyarakat juga mulai menyadari betapa pentingnya menjaga kesehatan tubuh, mulai dari olahraga sampai mengkonsumsi bahan-bahan makanan yang dipercaya menyehatkan.

Mungkin kamu juga salah satu orang yang sangat memperhatikan kesehatan. Tidak salah memang, tapi tahukah kamu bahwa beberapa makanan yang kamu kira menyehatkan ternyata justru memiliki dampak yang kurang baik bagi kesehatan tubuh jika dikonsumsi secara berlebihan? Supaya kamu nggak kebablasan dalam mengkonsumsinya, ini dia beberapa makanan yang sebaiknya dibatasi konsumsinya:

Granola

Camilan satu ini, ternyata memiliki kandungan kadar gula yang tinggi. Nggak cuma itu, kadar lemak dan karbohidrat dalam granola juga sangat tinggi. Jika kamu tetap ingin makan, sebaiknya buat sendiri dengan menggunakan oatmeal panggang, dan buah-buahan segar.

BACA JUGA: Manfaat Granola Tomat Untuk Kulit Akibat Cuaca!

Unsalted nuts

Buat kamu pencinta kacang, coba deh batasi konsumsi kacang-kacanganmu. Meskipun enak dan baik untuk kesehatan, bukan berarti kacang tidak memiliki pengaruh buruk. Kandungan lemak tinggi pada kacang akan mempengaruhi berat badan kamu jika dikonsumsi secara berlebihan.

Kadar asam yang terdapat pada kacang juga akan menghalangi penyerapan mineral, seperti zat besih dan zinc di dalam tubuh. Dalam sehari kamu cukup mengkonsumsi sekitaer 14 biji kacang atau segenggam tangan saja.

Wortel

Makanan yang menyehatkan mata ini, ternyata bisa menyebabkan keracunan vitamin A. Salah satu gejalannya adalah warna kulit yang berubah menjadi jingga. Sebaiknya kamu pastikan mengkonsumsi wortel sesuai dengan porsinya, sekitar ¾ gelas dua kali sehari. So, hindari makan wortel setiap hari dalam durasi waktu yang lama jika kamu tidak mau berubah menjadi jingga!

Alpukat

Ternyata satu buah alpukat, memiliki kandungan zat asam yang tinggi dan tidak bisa diproduksi oleh tubuh serta membantu penyerapan nutrisi vitamin A. Lemak yang terkadung di dalam alpukat setara dengan daging cincang lho! Jika kamu suka makan aplukat, sebaiknya cukup satu atau dua kali dalam seminggu dan cukup konsumsi setengah dari buahnya. Jadi, kamu nggak perlu takut naik berat badan!

BACA JUGA: Alpukat; Sahabat Sejati Rambut Kering Kamu

Greek yogurt

Greek yogurt sering skali menjadi pilihan bagi kamu pencinta yogurt, namun sayangnya yogurt ini memiliki banyak kandungan protein dan memiliki kadar lemak yang tinggi. Jadi sebaiknya kamu membelu yogurt degan ukuran medium dan dengan kadar lemak yang paling rendah. Cukup di konsumsi satu atau dua gelas dalam satu minggu.

Ikan

Kata orang makan ikan itu menyehatkan, dan memang benar tapi beberapa jenis ikan justru tidak baik jika dimakan berlebihan. Seperti ikan salmon, tuna, dan sarden yang memiliki kadar asam lemak omega-3 yang tinggi sehingga akan membuat berat badanmu semakin bertambah.

Apalagi jika kamu sedang melakukan diet protein, ini bisa menyebabkan kamu gagal ginjal dengan mengurangi kalsium dalam tubuh. Jadi, sebaiknya batasi jumlah penyejian makanan sebanyak dua kali seminggu. Karena bagaimanapun juga, tubuh tetap membutuhkan kandungan omega-3 untuk menjaga kesehatan jantung kamu.

BACA JUGA: Kebanyakan Makan Sushi Ternyata Tidak Sehat?

Beberapa makanan tersebut diatas bukan berarti tidak boleh dikonsumsi, kamu bisa menikmatinya secara tidak berlebihan.

Tags:

Artikel Selanjutnya

Foto Yenni Octavia

Yenni Octavia

A new blogger, who love makeup, travelling, food, and everything good!!

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini