Foto 5 Manfaat yang Bisa Kamu Dapat Dari Belajar Bahasa Jepang

5 Manfaat yang Bisa Kamu Dapat Dari Belajar Bahasa Jepang

Foto Kasih Elia LG
Tahukah kamu, para ilmuwan menganjurkan kita belajar minimal dua bahasa di luar bahasa ibu kita karena ternyata itu membantu otak kita berkembang lebih maksimal.

Sebagai orang yang belajar Bahasa Jepang, dan menguasai Bahasa Inggris, saya sendiri tidak begitu mengerti tanda-tanda otak saya berkembang secara maksimal seperti yang dikatakan para ilmuwan tersebut. Tapi ada beberapa keuntungan yang secara pribadi saya rasakan sebagai orang yang belajar bahasa lain di luar bahasa ibu dan bahasa internasional (Bahasa Inggris). Mau tahu apa saja, kan? Teruskan bacanya ya!

1. Belajar Bahasa Jepang Membantu Kamu Mengenal Kebudayaannya

Dalam proses belajar bahasa Jepang, saya menemukan hal-hal dari Jepang yang tidak akan saya mengerti hanya dari menonton anime atau membaca manga. Saya belajar sejarah Jepang, belajar berbagai dialek di tiap-tiap daerah di Jepang yang ternyata sangat menarik, bahkan lucu ketika dipelajari. Saya juga belajar istilah-istilah yang hanya dimengerti orang yang mengerti bahasa dan kebudayaannya sekaligus. Ada banyak hal-hal baru yang saya pelajari dari kebudayaan Jepang, selama saya mempelajari bahasanya.

 

2. Belajar Bahasa Jepang Ternyata Tidak Sesulit yang Dibayangkan

Belajar bahasa Jepang mungkin terlihat mengerikan, dengan segala bentuk aksaranya yang bermacam-macam seperti hiragana dan katakana. Belum lagi ada beribu-ribu aksara Kanji yang digunakan juga secara aktif oleh orang Jepang. Tapi, semua bahasa bisa membuat kita merasa tertekan dan merasa terintimidasi cuma karena mereka terlihat berbeda. Kalau kamu bisa mempelajari Bahasa Inggris, yang ternyata merupakan salah satu dari bahasa tersulit yang ada di dunia, kenapa kamu tidak bisa belajar Bahasa Jepang?

3. Belajar Bahasa Jepang Memperluas Kesempatan Kerja Kamu

Seiring perkembangan globalisasi, perindustrian dan perekonomian dunia juga berjalan naik. Sehingga, mempelajari satu bahasa asing atau lebih pastinya akan membantu kamu memperoleh kesempatan untuk memilih satu dari banyak sekali pilihan area pekerjaan sesuai bahasa yang kamu pelajari. Contoh sederhana saja seperti saya, menguasai bahasa Inggris dan mempelajari bahasa Jepang. Kalau orang yang belajar bahasa Inggris saja hanya bisa mencari pekerjaan di area yang terbatas pada penggunaan bahasa Inggris, saya bisa mencari pekerjaan di area yang menggunakan bahasa Inggris dan bahasa Jepang. Tentunya area pencarian pekerjaan saya jadi semakin luas bukan?

4. Belajar Bahasa Jepang Meningkatkan Sensitivitas Kamu Terhadap Bahasa Lain

Begitu kamu belajar bahasa Jepang, kamu akan begitu terkejut mendengar bisa ada orang yang salah mengiranya sebagai bahasa Mandarin, atau Korea. Kenapa bisa begitu?

Simpel sekali alasannya. Bahasa-bahasa Asia, Asia Timur terutama, memang terdengar mirip sekali, apalagi buat orang yang sama sekali buta mengenai salah satu bahasanya.

Contoh sederhana lainnya adalah, ketika saya sedang menonton program berita berbahasa Jepang, biasanya akan ada judul berita di bawah pembaca berita yang dituliskan dalam aksara Jepang. Orang tua saya yang melihat akan bertanya, “Ini bahasa apa? Mandarin?”

Awalnya saya merasa heran, dan berpikir, masa sih, begini saja tidak bisa membedakan. Tapi seiring waktu saya mengerti masalah similaritas ini dan selalu sabar menjawab orang-orang yang kurang sensitif dalam mendengarkan atau melihat tulisan dari bahasa-bahasa Asia yang memang mirip-mirip. Saya merasa sedikit bangga karena mengetahui hal sederhana semacam ini dari belajar bahasa Jepang.

5. Belajar Bahasa Jepang Mencegah Kamu “Lost In Translation”

Anime dan manga adalah salah satu budaya pop dari Jepang yang dikenal secara mendunia. Bahkan, kedua kebudayaan pop populer dari Jepang ini sudah banyak yang diterjemahkan ke berbagai macam bahasa di dunia. “Lost in translation” adalah keadaan di mana kamu salah mengerti maksud dari kata-kata yang terdapat dalam anime dan manga karena hasil terjemahannya sama sekali tidak mendekati dengan bahasa aslinya. Ini terjadi karena tuntutan rating pada negara tujuan.

Misalnya, untuk dapat muncul di Indonesia beberapa bahasa yang dinilai kasar akan disensor dan diturunkan artinya untuk mengikuti batas kata-kata yang aman untuk didengar anak-anak. Sehingga ujung-ujungnya muncul perbedaan maksud yang kadang-kadang cukup fatal. Kalau kamu mengerti bahasa aslinya, kamu tidak perlu takut disesatkan oleh sensor penerjemahan.

Masih banyak lagi keuntungan-keuntungan personal yang bisa kamu dapatkan seiring kamu belajar Bahasa Jepang. Bagaimana? Tertarik? 

Tags:

Foto Kasih Elia LG

Kasih Elia LG

Kawaii Beauty Japan Beauty Writer. Mahasiswi Sastra Jepang yang ingin memahami lebih dalam dunia wanita, dan Jepang. Sering lupa menulis di blog pribadi tapi tidak pernah mau ketinggalan berbagi info mengenai kecantikan dan Jepang di Kawaii Beauty Japan.

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini