Foto Tak Hanya Lezat, Kerang Juga Kaya Manfaat Bagi Kesehatan

Tak Hanya Lezat, Kerang Juga Kaya Manfaat Bagi Kesehatan

Foto Santi Berlinawati
Santi Berlinawati
Contributor
Selain lezat, kerang ternyata juga mengandung gizi sangat tinggi sehingga dapat memberikan manfaat yang sangat besar bagi tubuh untuk tetap sehat.

Bagi kamu yang gemar makan seafood, pastinya sudah tidak asing lagi dengan makanan yang satu ini. Kerang merupakan salah satu pilihan seafood yang terkenal lezat dan digemari banyak orang. Ternyata tidak hanya lezat di lidah, kerang juga menyimpan banyak sekali manfaat yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh. Kerang memiliki kandungan gizi yang tinggi, sehingga mengkonsumsinya dapat meningkatkan performa tubuh kita dan ini dia beberapa manfaatnya:

Menjaga Jantung Tetap Sehat Dan Menurunkan Kolesterol Jahat

Jantung adalah organ yang sangat penting bagi tubuh. Mengkonsumsi kerang yang kaya akan omega-3 dan omega-6 dapat melancarkan peredarahan darah. Hal ini sangat baik bagi kesehatan jantung. Di samping itu, kerang juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dari tubuh.

Merangsang Perkembangan Otak Balita

Kandungan omega-3 dan omega-6 pada kerang ternyata tidak hanya berguna bagi orang dewasa, namun juga pada perkembangan otak anak balita. Pada tiap gram kerang mengandung 392 mg omega-3 dan 32 mg omega-6. Memasukkan kerang pada menu si kecil dapat meningkatkan kecerdasannya. Namun hati-hati jika anak cenderung memiliki alergi terhadap seafood.

Mencegah Anemia

Kerang dapat membantu penderita anemia atau darah rendah karena memiliki kandungan mineral zat besi yang sangat bermanfaat dalam pembuatan komponen terpenting sel-sel darah merah.

Meningkatkan Kekebalan Dan Metabolisme Tubuh

Makanan ini memiliki kadar protein hewani sangat tinggi, serta termasuk protein lengkap dengan kandungan asam amino essensialnya mendekati 100%. Protein merupakan zat yang memiliki peran penting dalam menjaga tubuh agar tetap berjalan sesuai dengan fungsinya, termasuk dalam menjaga daya tahan dan metabolisme tubuh. Selain itu, protein juga diperlukan untuk membentuk otot, enzim, hormon, dan organ-organ tubuh lainnya.  

Mencegah Osteoporosis Dan Menjaga Gigi Tetap Sehat

Kandungan fosfor, vitamin B12, dan kalsium pada kerang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi, termasuk mencegah osteoporosis.

BACA JUGA: 5 Tanda Kamu Kekurangan Vitamin D

 

Lalu bagaimana cara mengkonsumsinya agar kamu bisa mendapatkan manfaatnya secara maksimal? Berikut adalah caranya:

Cara Mengkonsumsi Kerang Yang Benar

Karena kerang mengandung kolesterol yang cukup tinggi, maka lebih baik mengkonsumsinya secara wajar. Satu porsi kecil kerang tiap hari masih cukup aman untuk dikonsumsi. Bagi penderita asam urat, sangat dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi kerang karena dapat menaikkan kadar asam urat.

Selain itu, sangat penting juga memilih kerang yang bebas dari polusi limbah laut, seperti merkuri. Lebih baik kerang direbus terlebih dahulu sebelum diolah. Ada baiknya juga kerang dibersihkan dengan benar-benar menggunakan air mengalir agar kotoran dan polusi tidak menempel kembali. Ibu hamil juga disarankan untuk menghindari kerang karena makanan yang satu ini sangat riskan terkena polutan, terutama jika tidak mengetahui penjual yang dapat dipercaya.

Tak cuma memiliki rasa yang menggugah lidah, kerang ternyata memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi. Dengan mengkonsumsinya secara benar, dapatkan berbagai macam manfaat kerang bagi kesehatan tubuhmu.

BACA JUGA: Apa Sih Manfaat Minum Air Jeruk Nipis bagi Kesehatan?

Artikel Selanjutnya

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini