Foto Rawat Puting Payudara Saat Menyusui Dengan 4 Tips Ini

Rawat Puting Payudara Saat Menyusui Dengan 4 Tips Ini

Foto Santi Berlinawati
Santi Berlinawati
Contributor
Perawatan puting payudara perlu sekali untuk dilakukan secara rutin selama menyusui, sehingga pemberian ASI dapat dilakukan secara optimal. Cari tahu yuk tips merawat puting payudara saat menyusui.

Merawat payudara merupakan hal yang cukup penting bagi seorang wanita, apalagi pada saat menyusui. Hal ini sangat berperan penting dalam kelancaran produksi ASI untuk si kecil, sehingga kebutuhan ASI buah hati dapat terpenuhi dengan sempurna.

Puting adalah bagian dari payudara yang juga perlu perawatan rutin selama masa menyusui. Bagian inilah yang menjadi pintu bagi si kecil untuk mendapatkan asupan makanan dari ibunya. Oleh sebab itu, puting payudara harus dijaga kebersihan dan kesehatannya. Tidaklah sulit untuk merawat puting payudara sendiri. Asalkan dilakukan secara rutin, payudara ibu menyusui pasti lebih terjaga bersih dan dapat lebih optimal dalam pemberian ASI.

4 Tips Merawat Puting Payudara saat Menyusui

Inilah beberapa tips mudah untuk merawat payudara agar ibu dan bayi selalu nyaman selama masa menyusui:

Bersihkan Puting Payudara

Cara membersihkan puting payudara yang tepat adalah cukup dengan menggunakan air hangat dan tanpa menggunakan sabun di daerah puting. Area puting memiliki kulit yang sangat lembut, sehingga jika terkena sabun akan menyebabkan kering dan mudah mengelupas. Hal ini akan membuat rasa nyeri ketika menyusui.

Pemijatan

Pijat puting payudara dan daerah sekitarnya secara lembut menggunakan telunjuk dan ibu jari. Pemijatan ini dapat menambah kelenturan dan kelembaban payudara, serta dapat menghilangkan sel-sel kulit mati. Gunakan baby oil, olive oil, atau minyak kelapa, dan jangan lupa untuk membersihkannya dengan air hangat ketika akan menyusui. Atau tanpa bahan-bahan tersebut, pemijatan juga dapat dilakukan tanpa menggerakkan kulit untuk menghindari lecet, jika takut bahan-bahan tersebut akan masuk ke dalam puting.

Merawat Puting Lecet

Bagi ibu yang baru pertama kali memiliki bayi, seringkali mengalami lecet pada puting payudara karena belum tahu cara menyusui yang benar. Tidak perlu menggunakan lotion atau cream khusus untuk menyembuhkannya, karena ASI sendiri merupakan penyembuh bagi luka pada puting akibat hisapan bayi. Cukup oleskan beberapa tetes ASI ke bagian puting yang lecet dan biarkan sebentar agar mengering. Sementara itu, berikan payudara yang satunya untuk si kecil sambil menunggu lecet pada payudara yang satunya sembuh.

Penting juga untuk mempelajari posisi menyusui yang tepat sehingga tidak akan berakibat puting lecet lagi. Selain itu lebih dianjurkan untuk menyusui bayi sebelum dia lapar agar hisapannya tidak terlampau kuat yang dapat mengakibatkan luka.

Konsumsi Makanan Sehat dan Berserat Tinggi

Asupan makanan sangat berperan penting sekali dalam menentukan kualitas ASI untuk si kecil. Konsumsi sayuran, kacang-kacangan, dan buah dapat memperlancar produki ASI. Perhatikan keseimbangan gizi, bukan hanya pada besarnya porsi. Minum air putih yang banyak juga sama pentingnya untuk memperlancar ASI. 

ASI adalah asupan makanan utama bagi bayi. Oleh karena itu, penting sekali untuk diperhatikan. Dengan merawat payudara, ibu dapat sekaligus menjaga kualitas produksi ASI sehingga bayi akan tumbuh sehat, kuat, dan cerdas.   

Tags:

Artikel Selanjutnya

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini

Yuk, Awali Hidup Sehat dengan Nutrilite!

Yuk, Awali Hidup Sehat dengan Nutrilite!

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Kenali Lebih Dekat tentang Kanker Kolorektal

Kenali Lebih Dekat tentang Kanker Kolorektal

Rinanti Hasari Rinanti Hasari
7 Manfaat Cuka Apel yang Perlu Kamu Ketahui

7 Manfaat Cuka Apel yang Perlu Kamu Ketahui

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
6 Cara Menjaga Bentuk Payudara agar Tidak Kendur

6 Cara Menjaga Bentuk Payudara agar Tidak Kendur

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
8 Makanan yang Perlu Kamu Hindari untuk Melangsingkan Perut

8 Makanan yang Perlu Kamu Hindari untuk Melangsingkan Perut

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Ketahui Jenis Bra yang Cocok untuk Tubuhmu

Ketahui Jenis Bra yang Cocok untuk Tubuhmu

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani