Kawaii Beauty Japan

Lifestyle

Kenali Masalah Bipolar dan Gejalanya Sebelum Terlambat!

Pernah dengan istilah bipolar? Cek gejala pengidap bipolar disini!

Leonita Nerisa

Pernah nggak sih kamu mendengar istilah bipolar? Apa sih sebenarnya yang disebut dengan bipolar itu? Dan bagaimana cara mengetahui apakah seseorang mengidap bipolar atau tidak?

Apa Itu Bipolar?

Bipolar adalah ganguan mental yang menyerang kondisi psikis seseorang yang ditandai dengan perubahan suasana hati secara tiba-tiba dan sangat ekstrim. Memang perasaan setiap orang dapat berubah sewaktu-waktu kadang senang ataupun sedih, namun untuk penderita bipolar, perubahaan mood ini terjadi sangat cepat. Ketika sedang tertawa senang, bisa tiba-tiba saja moodnya berubah menjadi sedih. Ada 4 jenis episode suasana hati pada penderita gangguan bipolar, yaitu mania, hipomania, depresi dan episode campuran.

Gejala Bipolar

Episode mania ditandai dengan kondisi mood yang sangat meningkat atau mudah marah & tersinggung. Episode hipomania ditandai dengan tampak bahagia dan semangat setiap saat, lebih aktif dan mudah marah. Episode depresi ditandai dengan suasana hati murung & sedih yang berkepanjangan, kehilangan minat melakukan sesuatu, merasa tidak berguna dan putus asa.

Dan episode campuran adalah kombinasi antara mania dan hipomania secara bersamaan dengan puncaknya yang ditandai dengan selalu membicarakan tentang kematian dan keinginan untuk mati pada orang-orang di sekelilingnya.

Faktor Penyebab Bipolar

Faktor genetik merupakan salah satu faktor umum yang dapat menyebabkan seseorang dapat mengidap penyakit bipolar. Seseorang yang lahir dari orang tua yang salah satunya mengidap bipolar mempunyai resiko 15- 30%. Sedangkan bila kedua orang tua mengidap bipolar maka resiko mengidap bipolar dapat mencapai 50-75%. Salah satu faktor utama penyebab bipolar adalah terganggunya keseimbangan cairan kimia utama di dalam otak.

Faktor lainnya yang dapat menjadi pemicu seseorang mengidap bipolar adalah lingkungan. Faktor lingkungan yang dapat menjadi pemicu bipolar antara lain seperti stres, pemakaian obat-obat tertentu seperti anti depresan dan narkoba.

BACA JUGA: Stres dan Jerawat? Apa Hubungannya?

Lalu, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Langkah terbaik untuk para pengidap bipolar tentunya dengan menjalani perawatan medis. Tetapi jika dirasa bipolar yang diidap belum memerlukan penanganan medis dapat dilakukan dengan beberapa cara seperti, menjauhkan diri dari stres dengan menjaga keseimbangan antara pekerjaan dan gaya hidup sehat. Mengetahui dan memperluas wawasan mengenai bipolar juga perlu dilakukan untuk membantu mengatasi gejala-gejala yang sedang dialami dengan lebih baik.

Dukungan positif dari orang-orang sekitar juga diperlukan untuk membantu mengatasi bipolar. Dengan kenyamanan dan kesabaran dari orang-orang yang terdekat akan sangat membantu pengidap bipolar mengalami mood swing.

BACA JUGA: 4 Alasan Kamu Harus Tersenyum

 

Tagged in:
Leonita Nerisa
Blogger from Indonesia. She mostly writes about fashion & beauty. Currently studying at private university in Jakarta and being a part time blogger to brighten up her day!
Share this article

Artikel Terkait

Manfaat Jadi Influencer

Apa saja sih manfaat yang bisa kamu dapatkan jika jadi seorang influencer? Apa benar influencer juga memiliki manfaat untuk brand? Yuk baca selengkapnya.

Tha Arpy