Foto Kebanyakan Makan Sushi Ternyata Tidak Sehat?

Kebanyakan Makan Sushi Ternyata Tidak Sehat?

Foto Leonita Nerisa
Sushi identik dengan healthy food. Tapi bener gak sih?

Sebagai pecinta makanan Jepang pastinya sushi tidak akan terlupakan dan malah merupakan menu wajib yang ada di meja makan ketika berada di restoran Jepang. Meskipun sushi terbilang makanan sehat, tapi terlalu banyak makan sushi juga tidak baik untuk kesehatan. Berikut beberapa hal yang dapat membuat sushi tidak baik jika dimakan secara berlebihan.

Nasi Pada Sushi

Nasi pada sushi terbuat dari nasi yang dicampurkan dengan gula dan cuka beras. Seperti yang telah kita ketahui, pada nasi sudah terkandung gula. Dengan ditambahkannya gula ke nasi, sushi berukuran kecil sudah menggandung karbohidrat setara dengan 2 helai roti.

Tips: Sebaiknya ganti beras sushi biasa dengan brown rice. Jika hal ini tidak tersedia pada restoran tempat kamu makan sushi, pisahkan sebagian nasi sebelum memakan sushi.

BACA JUGA: Alasan Mengapa Sushi Disajikan dengan Wasabi

Rendah Protein

Protein pada sushi sangatlah kecil. Setiap makanan besar yang dimakan, asupan protein yang disarankan adalah sebesar telapak tangan. Kamu harus makan sushi sangat banyak untuk memenuhi asupan protein itu.

Tips: Pilih sushi dengan topping ikan yang kaya akan protein. Namun, perlu diwaspadai terlalu banyak ikan juga akan berdampak buruk bagi kesehatan. Dengan kondisi perairan yang mengandung merkuri, ikan seperti tuna, makarel, kakap putih dan lainnya juga beresiko mengandung merkuri. Memakan ikan-ikan ini tentu saja boleh tetapi jangan terlalu banyak dan dapat diimbangi dengan memakan sayuran pada sushi seperti asparagus, timun dan alpukat yang juga dapat membantu menurunkan kolestrol.

Tidak Mengenyangkan

Memang setelah makan beberapa sushi kita akan merasa kenyang, namun rasa kenyang itu tidak akan berlangsung lama. Hal ini dapat membuat kita lapar dan akhirnya ingin makan lagi.

Tips: Sebelum makan sushi, kamu dapat memesan appetizer yang menyehatkan dan membantu untuk mengenyangkan perutmu seperti endamame.

BACA JUGA: Wow! Cemilan Sehat Ala Jepang!

Makanan Olahan

Apakah kamu sadar kalau bahan-bahan yang digunakan untuk membuat isi sushi-mu terdiri dari makanan olahan? Seperti crab stick yang digunakan pada California Rolls.

Tips: Sebaiknya pilih sushi yang tidak di Americanized. Sushi yang dimaksud adalah sushi yang menggandung banyak lemak dan makanan olahan seperti crab stick, cream cheese dan sebagainya.


Tentunya beberapa poin di atas tidak akan berdampak bila kamu tidak menyantap sushi dengan berlebihan. Ingat! Segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik ya ladies!

Artikel Selanjutnya

Foto Leonita Nerisa

Leonita Nerisa

Blogger from Indonesia. She mostly writes about fashion & beauty. Currently studying at private university in Jakarta and being a part time blogger to brighten up her day!

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini