Kawaii Beauty Japan

Makeup

Penyebab Wanita Salah Memilih Kosmetik

Memilih makeup ternyata bukanlah perkara yang mudah, karena tidak semua makeup yang kamu beli itu cocok. Walaupun kamu telah membeli makeup dengan brand yang terbaik, jadi apa yang membuatmu salah?

Yenni Octavia

Untuk mencegah salah memilih makeup sehingga kamu memiliki setumpuk makeup yang tidak bisa digunakan, kamu sebaiknya wajib mengenal terlebih dahulu kebiasaan yang harus ditinggalkan. Agar makeup yang kamu beli bisa digunakan dengan maksimal, yuk hindari kebiasaan berikut:

Tren Warna

Mungkin anda ingin selalu mengikuti tren fashion saat ini. Hal itu sah – sah saja, tapi sebaiknya kamu tahu warna – warna apa yang sedang menjadi trend dan cocok digunakan pada kamu. Sesuaikam dengan warna kulit saat memilih warna agar makeup mu mampu membantu memaksimalkan kecantikan kulitmu.

Mencium Aroma Parfum

Bagaimana cara yang kamu gunakan saat membeli parfum? Apakah kamu mencium aromanya melalui botol – botoltester yang sudah disediakan? Sebenarnya ini adalah cara yang kurang tepat, karena kamu tidak akan tahu bagaimana aromanya setelah diaplikasikan. Cara yang benar adalah dengan menyemprotkan parfum pada kertas tester, kemudian bawalah berkeliling setidaknya 30 – 60 menit untuk meyakinkan parfum mana yang akan kamu beli.

Natural Light

Mugkin kamu perlu sedikit memperhatikan, bahwa counter – counter kosmetik selalu menyediakan penerangan yang super terang.  Dan inilah yang menjadi salah satu penyebab kamu sering salah dalam memilih warna foundation. Annie Ford Danielson dari Benefit Cosmetic menyarankan, memilih foundation yang cocok sebaiknya di lakukan dengan cahaya yang natural saja. Maka itu, sebaiknya kamu mencobanya sedikit pada punggung tangan dan perhatikan perubahan warnanya saat dibawa ke cahaya natural.

Memilih Lipstik

Sama seperti parfum, kamu tidak bisa langsung menentukan lipstik dengan warna yang mana yang akan kamu beli. kamu perlu mengetahui aplikasi warnanya setelah beberapa menit terpapar udara. Jadi, sebaiknya kamu mencoba warna yang diinginkan kemudian berkelilinglah sejenak agar kamu mengetahui perubahan warna, aroma, dan rasannya setelah menempel di bibir.

Bukan di Punggung Tangan

Untuk mendapatkan warna kosmetik yang terbaik, tidak disarankan untuk mencobanya di punggung tangan. Kenapa? Alasannya sederhana saja, jika punggung tanganmu memiliki warna yang sama dengan wajahmu, tentunya itu akan sangat membantu. Tapi, bagaimana jika tidak? Maka kamu akan mendapatkan warna yang tidak pas.

Beli yang Berukuran Besar

Kebanyakan orang tidak mau rugi sehingga memutuskan untuk membeli kosmetik dengan ukuran besar. Padahal tidak semua kosmetik akan kamu gunakan secara rutin. Mungkin untuk beberapa barang akan disarankan kamu memilih yang berukuran kecil atau medium saja. Apalagi jika barang tersebut jarang kamu gunakan.

Tidak Membaca Kandungannya

Ini adalah kebiasaan buruk seorang wanita, membeli barang hanya karena harga atau promo saja. Jarang sekali seorang wanita berdiam lama untuk membaca kandungan kosmetik yang akan dibelinya, atau setidaknya memilih yang memang cocok dengan jenis kulitnya.

Tidak Membaca Review

Sekarang ini banyak sekali beauty blogger yang sudah mencoba produk kosmetik sebelum dihual bebas di pasaran. Jadi, nggak ada salahnya jika kamu membaca pengalaman atau review dari mereka sebagai gambaran sebelum kamu membeli suatu produk.

Review Pribadi

Buatlah sebuah review pribadi jika kamu memiliki pengalaman buruk dengan sebuah merek kosmetik. Ini akan berfungsi untuk membantu mengingatkanmu untuk tidak memilih kosmetik tersebut lagi dan memilih kandungan yang berbeda, agar tidak terjadi masalah yang sama.

Ayo, mulai sekarang kamu bisa memperbaiki kebiasaan – kebiasaan buruk saat membeli makeup. Jadilah konsumen yang lebih bijaksana, cintai kulit dan kesehatanmu ya!

Yenni Octavia
A new blogger, who love makeup, travelling, food, and everything good!!
Share this article

Artikel Terkait