Foto Depresi dan Moody? Mungkin Kamu Kekurangan Zat Ini!

Depresi dan Moody? Mungkin Kamu Kekurangan Zat Ini!

Foto Yenni Octavia
Saat kamu sedang merasa sedih tanpa sebab, depresi dan moody, mungkin karena kamu kekurangan zat-zat penting yang diperlukan tubuh.

Tubuh memerlukan berbagai macam zat-zat aktif, untuk membantu segala macam proses dan kerja organ di dalam tubuh kita. Ketika kebutuhan akan zat-zat tersebut tidak terpenuhi, tubuh akan mulai mengirimkan semacam peringatan ke otak dan apabila hal ini tidak diatasi, kinerja otak akan mulai melemah. Kurang konsentrasi, gampang marah, dan cepat depresi. Apa saja zat-zat penting yang dibutuhkan oleh tubuh? Coba yuk, kita cek!

Serotonin, Zat Utama Pencegah Depresi Otak

 

Zat yang paling utama yang dibutuhkan oleh tubuh kamu adalah serotonin. Kurangnya serotonin di dalam tubuh kita, akan membuat tubuh kita terasa lemas dan tidak bergairah. Serotonin hanya akan dikeluarkan secara sistematis oleh tubuh, apabila kita memiliki cukup asupan zat tryptophan, yang bisa kamu peroleh dari kacang-kacangan seperti kacang tanah, keju seperti keju cheddar, susu tinggi protein dan rendah lemak, segala macam makanan berprotein seperti ayam, ikan, dan telur.

Karbohidrat seperti gula dan pati yang termasuk golongan karbohidrat kompleks juga dapat meningkatkan produksi serotonin pada otak kita. Bisa juga kamu menggunakan gandum, kentang, roti dan pasta untuk mendapatkan karbohidrat kompleks.

Asam Glutamat, Zat yang Dapat Menjaga Kewaspadaan Otak

 

Protein, juga berpengaruh terhadap kondisi otak dan tubuh kamu. Makanan dengan kandungan protein yang tinggi seperti keju, kacang, dan susu dapat dengan segera meningkatkan kadar asam glutamat dalam tubuh sehingga kewaspadaan otak kamu meningkat drastis. Dengan demikian, hal ini mencegah lesunya tubuh, dan lemahnya kinerja otak.

Asam Folat, Zat yang Dapat Menyemangati Otak

 

Kandungan asam folat yang biasa ditemukan pada makanan dengan tingginya kandungan Vitamin B seperti biji-bijian dan sayur mayur yang berwarna hijau, ternyata bermanfaat bagi tubuh karena dapat membantu meningkatkan suasana hati yang letih dan lesu.

Magnesium, Membuat Otot dan Otak Kita Rileks

 

Di luar dugaan, zat yang satu ini ternyata dapat membantu mengulur otot-otot tubuh yang tegang dan membuat otak kita jadi lebih rileks. Magnesium dapat kamu temukan di kacang-kacangan seperti kacang almond, dan biji-bijian seperti biji bunga matahari.

Luar biasa ya ternyata zat-zat yang ada di sekitar kita. Kita hanya belum begitu menyadari peran penting zat-zat tersebut pada tubuh dan terutama, pada otak kita. Coba mulai sekarang mulai perhatikan asupan makanan kamu, ladies, apakah suplai zat yang berguna bagi tubuh kita, sudah cukup atau belum. Kalau bukan kamu, siapa lagi.

Foto Yenni Octavia

Yenni Octavia

A new blogger, who love makeup, travelling, food, and everything good!!

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2021 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini