Foto 10 Hal yang Dilakukan Orang Jepang Menjelang Tahun Baru

10 Hal yang Dilakukan Orang Jepang Menjelang Tahun Baru

Foto Leonita Nerisa
Tahun baru adalah salah satu event tahunan yang ditunggu-tunggu semua orang. Apa perbedaan perayaan tahun baru di Jepang dengan di Indonesia ya?

Akhir dan awal tahun merupakan hal yang spesial bagi orang Jepang. Berikut 10 hal yang umumnya dilakukan oleh warga Jepang menjelang tahun baru!

1. Bōnenkai (Pesta Makan Akhir Tahun)

 

Bōnenkai berarti berkumpul untuk melupakan tahun ini. Hampir seluruh restoran di Jepang penuh pada saat weekend di bulan Desember karena banyaknya perusahaan yang mengelar acara ini. Pesta ini digelar untuk melupakan kesulitan yang telah dilalui selama setahun dengan teman kantor sambil minum-minum

2. Oosouji ( Bersih-Bersih Rumah)

 

Banyak rumah tangga yang membersihkan seluruh rumahnya hingga ke sudut-sudut rumah yang jarang dibersihkan. Hal ini dilakukan untuk menyambut tahun baru.

3. Toshikoshi Soba

 

Ketika perayaan tahun baru, banyak warga Jepang yang memakan Toshikoshi soba. Soba dimakan ketika tahun baru karena teksturnya yang mudah putus sehingga soba ini merepresentasikan putusnya hal-hal buruk di tahun lalu.

 

4. Kisei (Pulang Kampung)

 

Seperti halnya di Indonesia, ketika tahun baru banyak warga Jepang yang pulang ke kampung halamannya.

5. Hatsumoude

 

Hatsumoude adalah ritual pergi ke kuil ketika tahun baru. Banyak warga Jepang yang mengunjungi kuil untuk berdoa meminta perlindungan, keselamatan, kesehatan dan lainnya di tahun yang baru.

6. Oshogatsu

 

Di Jepang, tanggal 1 – 3 Januari dikenal dengan sebutan Oshogatsu. Tanggal ini adalah waktunya warga Jepang berkumpul bersama keluarga untuk merayakan tahun baru.

7. Osechi Ryori

 

Makanan yang wajib ada ketika tahun baru adalah Osechi Ryori. Makanan ini dimakan pada hari pertama tahun baru. Osechi ini terdiri dari Daidai, Datemaki, Kamaboko, Kazunoko, Konbu, Kuromame, Kohaku namasu, Tai, Tazukuri, Zoni, Ebi dan Nishki tamago.

8. Otoshi-dama

 

Di Jepang juga ada kebiasaan orang dewasa memberikan uang saku yang dimasukan ke dalam amplop dengan motif yang lucu ketika tahun baru, kebiasaan ini dinamakan Otoshi-dama.

 

9. Nengajo (Kartu Tahun Baru)

 

Nengajo adalah kartu ucapan selamat tahun baru. Kartu ini dikirimkan untuk orang-orang dekat maupun untuk orang yang telah banyak membantu mereka selama setahun penuh.

 

10. Shinnenkai (Pesta Tahun Baru)

Seperti halnya pesta akhir tahun. Shinnenkai diadakan ketika memasuki tahun baru. Pesta ini dilaksanakan untuk menyambut tahun yang baru.

Artikel Selanjutnya

Artikel Selanjutnya

Foto Leonita Nerisa

Leonita Nerisa

Blogger from Indonesia. She mostly writes about fashion & beauty. Currently studying at private university in Jakarta and being a part time blogger to brighten up her day!

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2020 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini