Kawaii Beauty Japan

Japan

Mandi Ala Onsen di Sento

Bicara Jepang memang bikin ingat sama onsen (mata air panas). Hanya saja, pergi ke onsen tidak bisa setiap hari. Pergi ke sento bisa. Apakah Sento itu? Yuk simak!

Kasih Elia Lg

Sento (銭湯) adalah model rumah pemandian air panas dari Jepang di mana pelanggan membayar sejumlah uang untuk memasukinya. Secara tradisional, tempat pemandian air panas ini sangat sederhana dengan papan bambu tinggi yang memisahkan tempat wanita dan tempat pria.

Kebudayaan Mandi Jepang dengan Sento

Sento yang terletak di tengah-tengah kota, digunakan setiap hari oleh orang-orang yang rumahnya terlalu kecil untuk memiliki ruangan kamar mandi.


merec0

Kalau kamu pergi ke Jepang, kamu bisa menemukan sento dengan mencari rumah atau gedung yang di depannya terdapat noren (tirai bambu yang biasa terletak di depan toko-toko tradisional Jepang) bertuliskan karakter Jepang “yu” seperti ini: ゆ. “Yu” sendiri berarti air panas yang mana sangat menggambarkan tempat pemandian air panas tersebut.

BACA JUGA: 6 Hal Ini Gratis di Jepang

Kebudayaan Mandi Jepang yang Mendarah Daging

Kebudayaan Sento ini ternyata, sudah ada sejak jaman Edo. Tidak heran apabila Sento sangatlah umum dan mendarah daging di dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Jepang. Faktanya, di Tokyo sendiri terdapat 750 Sento yang mungkin orang Jepang sendiri tidak mengetahui semua letaknya.


Wikipedia

Dari ruang ganti baju, di mana kamu membuka seluruh pakaianmu dan menyimpan seluruh barangmu di dalam sebuah loker, kamu bisa langsung mengarah ke tempat membasuh badan. Karena sudah menjadi etika di tempat pemandian air panas bahwa sebelum masuk berendam, kita harus membersihkan badan kita terlebih dahulu di tempat membasuh badan tersebut.


dlisbona

Kalau kamu pergi ke Jepang, jangan lupa menyempatkan diri untuk pergi ke pemandian air panas ya. Karena meskipun kita bisa pergi berlibur ke Jepang, belum tentu kita bisa datang ke onsen. Jadi sebagai gantinya, kita bisa merasakan suasana onsen di dalam sento yang lebih umum di masyarakat  Jepang. Enak, kan?

Tagged in:
Kasih Elia Lg
Kawaii Beauty Japan Beauty Writer. Mahasiswi Sastra Jepang yang ingin memahami lebih dalam dunia wanita, dan Jepang. Sering lupa menulis di blog pribadi tapi tidak pernah mau ketinggalan berbagi info mengenai kecantikan dan Jepang di Kawaii Beauty Japan.
Share this article

Artikel Terkait