Foto Super Sento: Kebudayaan Mandi Modern Orang Jepang

Super Sento: Kebudayaan Mandi Modern Orang Jepang

Foto Kasih Elia LG
Mungkin kamu pernah mendengar mengenai pemandian air panas di Jepang yang biasa disebut sento. Tapi kamu pasti belum pernah dengar istilah “Super Sento” kan? Cari tahu di sini yuk!

Kalau pada waktu yang telah lampau, orang-orang Jepang memandang sento sebagai tempat pemandian air panas sederhana yang fungsinya  mengakomodasi masyarakat yang rumah-rumahnya tidak cukup luas untuk memiliki kamar mandinya sendiri.

Tapi ternyata, sekarang sento digunakan sebagai tempat rekreasi keluarga, atau tempat perhentian dari perjalanan jauh, travelling, naik gunung dan sebagainya.

Dari segi jam operasional, super sento  itu sendiri buka 24 jam sehari. Dengan restoran dan ruang pijat refleksi, super sento berhasil memenuhi kebutuhan rekreasi keluarga maupun individual.

Ciri-ciri Sebuah Super Sento

Karena target konsumen super sento adalah keluarga dan rombongan, dan diperkirakan pasti menggunakan kendaraan beroda empat, terdapat banyak sekali lahan parkir yang tersedia di sana.

Sehubungan dengan hal tersebut, rata-rata super sento terletak di pinggir jalan tol dan secara otomatis menjadi semacam rest area untuk pengunjung yang melewati jalan tol.

Di dalamnya, tidak hanya terdapat bak mandi air panas, tapi juga ada Jacuzzis, sauna, bak mandi air panas terbuka dan peralatan spa lainnya.

Terdapat pula restoran, salon, spa perawatan untuk wanita maupun pria, dan waktu beroperasinya pun tidak tanggung-tanggung, 24 jam dalam sehari.

Dan karena terdapat restoran dan berbagai jenis pelayanan umum lainnya, sekali mampir kamu dapat menghabiskan waktu setengah hari di sana.

Yang Harus Kamu Tahu Sebelum Masuk Ke Super Sento

Jangan lupa membilas sebelum berendam

Ini merupakan peraturan wajib sebelum berendam di bak air panas. Akan ada area pembilasan di mana terdapat ember kecil untuk membilas tubuh dan kursi kecil untuk kamu duduk sembari membilas tubuh.

Kursi kecil, dan ember kecil yang digunakan untuk membilas, disesuaikan dengan ukuran orang Jepang. Jadi mungkin kamu bisa merasa itu kurang besar untukmu, tapi bersabarlah.

Jangan menggunakan handuk ketika berendam

Meskipun itu untuk menutupi tubuh kamu, menggunakan handuk ke tempat berendam bisa dikatakan hal yang sangat tidak sopan bagi orang-orang Jepang itu sendiri. Karena handuk tidak diperbolehkan, tentu saja jubah handuk juga tidak diperbolehkan.

Jika sento itu menawarkan susu, minum!

Sudah merupakan hal yang biasa untuk meminum susu dingin setelah berendam. Meskipun tidak diketahui sejak kapan budaya ini dimulai. Tapi, meminum susu dingin setelah berendam di air panas memang sangat menyegarkan.

 

Jadi bagaimana? Tertarik dengan konsep super sento? Jangan lupa kunjungi tempat ini kalau kamu sedang berlibur ke Jepang ya!

Artikel Selanjutnya

Artikel Selanjutnya

Foto Kasih Elia LG

Kasih Elia LG

Kawaii Beauty Japan Beauty Writer. Mahasiswi Sastra Jepang yang ingin memahami lebih dalam dunia wanita, dan Jepang. Sering lupa menulis di blog pribadi tapi tidak pernah mau ketinggalan berbagi info mengenai kecantikan dan Jepang di Kawaii Beauty Japan.

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2020 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini