Foto Apa? Ternyata Air Rebusan Mi Instan Tidak Berbahaya?

Apa? Ternyata Air Rebusan Mi Instan Tidak Berbahaya?

Pasti kamu sudah paham betul bahwa mengonsumsi mie instan adalah pola makan yang tidak sehat. Selain itu, banyak juga anggapan lebih baik membuang air rebusan mie instan karena berbahaya. Benarkah?

Banyak anggapan bahwa makan mie instan dengan membuang air rebusannya bisa lebih sehat. Tapi, apa benar air rebusan mie instan berbahaya?

Air Rebusan Mie Instan Berbahaya?

Menurut rumor yang sudah cukup lama beredar di kalangan masyarakat ini, air rebusan mie instan dipercaya mengandung lapisan lilin yang berbahaya jika dikonsumsi. Lilin diduga digunakan sebagai pengawet mie instan agar daya simpannya lebih lama.

Menurut Nutrition and Health Science Manager dari Nutrifood Research Center, Astri Kurniati S.T MAppSc, hingga saat ini tidak ditemukan penggunaan lilin dalam mie instan dalam proses produksi.

Lilin dalam Mie Instan Ternyata Mitos

Lebih lanjut menurut Astri hal tersebut tidak lebih dari sekedar mitos. Dalam proses produksi sendiri tidak terdapat bahan lilin. Bahan baku adonan mie instan adalah terigu, telur, dan sebagainya yang kemudian dicetak dan digoreng hingga kering. Menurutnya, proses penggorengan hingga kering ini lah yang daat membuat mie instan tahan hingga berbulan-bulan.

BACA JUGA: Hati-hati Konsumsi Mie Instan dengan Nasi

Lalu, bagaimana dengan warna air yang berubah menjadi keruh setelah merebus mie instan? Ternyata hal ini disebabkan oleh pelepasan sebagian pati dan lemak dari proses penggorengan. Hal ini lah yang membuat mie instan kaya lemak jenuh. Lemak jenuh sendiri sangat tidak baik dikonsumsi secara terus-menerus, oleh karena itu sangat disarankan untuk tidak sering mengonsumsi mie instan.

Simak tips dan trik sehat konsumsi mie instan disini.

Artikel Selanjutnya

Foto Istiarina Putri

Istiarina Putri

Community Coordinator Kawaii Beauty Japan. Di waktu luangnya juga aktif menulis sebagai beauty blogger dan menyukai kosmetik asal Jepang, terutama skin carenya.

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2020 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini