Foto Rugi Besar Kalau Kamu Mengupas Kulit Buah dan Sayur Ini!

Rugi Besar Kalau Kamu Mengupas Kulit Buah dan Sayur Ini!

Foto Yenni Octavia
Saat ingin makan buah dan sayuran pasti secara otomatis kamu mengupas kulitnya, padahal ini adalah kerugian besar bagi kamu! Kenapa yah?

Sudah tahu kan kalau buah-buahan dan sayuran adalah makanan pemberi nutrisi yang baik bagi tubuh kamu. Namun sangat disayangkan kamu sering kali malas mengkonsumsinya. Salah satu alasannya karena kamu malas mengupas kulit yang menempel pada buah atau sayur.

Tenang ladies, sebenarnya kamu tidak perlu repot-repot mengupas kulitnya. Karena banyak cara mengolah buah dan sayur ini agar tetap enak disantap bersama kulitnya. Selain itu kulit buah dan sayur adalah sesuatu yang justru wajib kamu makan karena disitulah banyak nutrisi tersimpan.

Coba ingat-ingat kembali buah dan sayur apa yang sering kamu buang kulitnya? Buatlah pengecualian untuk beberapa buah dan sayur berikut ini yah!

Wortel

Ini mungkin salah satu sayuran yang paling sering kamu kupas kulitnya. Padahal tidak masalah, selama kamu mencuci sayuran yang satu ini dengan baik dan bersih. Antioksidan yang ada di dalam wortel berada tepat dibawah lapisan kulit, jadi sayangkan kalau kulitnya kamu buang.

BACA JUGA: Wortel, Sahabat Wanita Pintar Masa Kini!

Kentang

Umumnya menu masakan yang menggunakan kentang sebagai bahan dasar selalu menganjurkan agar kulitnya dikupas. Mungkin kamu juga setuju bahwa membuat mashed potatoes, salad kentang, atau kentang rebus akan tidak enak jika disantap bersama kulitnya. Padahal dengan membuang kulitnya kamu telah membuang 20% nutrisi yang terkandung didalamnya dan kehilangan vitamin B yang ada di dalam kulit kentang. Nggak mau kan kehilangan nutrisi yang sangat berarti itu? Mulai sekarang pastikan kamu hanya mencuci/menggosok kulitnya sampai bersih.

Terong

Kulit terong mengandung phytonutrient yang disebut dengan nasunin yang mampu mengganti atau mengatasi sel-sel yang rusak akibat penuaan atau penyakit.

Ubi

Jangan pernah membuang kulit umbi-umbian yang satu ini! Hampir semua nutrisi yang ada pada ubi berada di kulitnya, mulai dari vitamin C, potassium, dan betacarotene.

Mentimun

Sayuran yang biasa dijadikan sebagai hiasan atau lalapan ini biasanya akan disajikan terkupas. Namun usahakan agar kamu tidak mengupasnya, terutama timun Jepang, atau timun dengan warna kulit hijau tua. Kulit mentimun yang berwarna hijau tua mengandung banyak antioksidan yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh, dan kaya akan serat yang mencegah sembelit dan meningkatkan kesehatan.

Apel

Banyak orang membuang kulit apel dengan alasan sulit untuk mencernanya, padahal ini adalah tanda bahwa mereka kaya akan serat yang baik untuk tubuhmu. Bahkan didalam kulit apel mengandung zat yang bisa melawan kanker. Jadi, nggak perlu repot-repot untuk mengupas kulitnya.  

BACA JUGA: 4 Manfaat Apel Hijau Bagi Kesehatan Tubuh Kamu

Artikel Selanjutnya

Foto Yenni Octavia

Yenni Octavia

A new blogger, who love makeup, travelling, food, and everything good!!

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini