Kawaii Beauty Japan

Lifestyle

Jangan Anggap Sepele Nyeri Di Punggung, Segeralah Periksakan Ke Dokter!

Kamu sering merasakan nyeri dan pegal pada tulang belakang? Hmm, hati-hati yah ladies, jangan pernah menganggap ini hanya masalah biasa.

Yenni Octavia

Kamu sering merasakan nyeri dan pegal pada tulang belakang? Hmm, hati-hati yah ladies, jangan pernah menganggap ini hanya masalah biasa. Tulang belakang memiliki peran penting, yaitu menopang berat badan, sehingga badan berdiri tegak.

Tulang belakang terdiri dari tulang leher, bagian punggung, dan pinggang. Selain menyangga berat badan, tulang belakang juga berperan penting dalam pergerakkan tubuh manusia. Maka dari itu gangguan sekecil apapun pada tulang belakang akan menumbulkan rasa nyeri saat digerakkan.

Gangguan pada tulang belakang lebih sering terjadi pada wanita dibandingkan pria. Hal ini dikarenakan wanita memiliki tulang belakang yang lebih tipis dibandingkan pria, karena kandungan minereal tulang (KMT) yang menurun terutama pasca menopous. Selain itu, aktifitas seperti menggunakan sepatu hak tinggi dalam waktu lama, mengangkat beban terlalu berat, duduk dalam posisi bungkuk yang memberikan beban dan tekanan pada tulang belakang.

BACA JUGA: Tips Mudah Menguatkan Tulang ala Kawaii Beauty Japan

Banyak kemungkinan yang menyebabkan nyeri pada tulang punggung, hal ini perlu diperhatikan terutama kamu para wanita yang sudah memasuki usia kepala tiga. Lalu apa yang harus kamu lakukan agar terhindar dari nyeri punggung? Ini dia jawabnnya:

Kurangi Penggunaan High Heels

Terlalu lama menggunakan sepatu hak tinggi akan menambah kelengkungan tulang pinggang, sehingga mengubah titik tumpuh berat badan kamu. So, kalau kamu memang terpaksa menggunakan high heels usahakan untuk tetap berdiri dengan tegak.

Gunakan Kursi Ergonomis

Untuk kamu yang menghabiskan sebagian besar waktu dengan duduk, sebaiknya kamu memilih kursi ergonomis yang telah didesain untuk mempertahankan posisi duduk kamu tetap tegak.

Lakukan Stretching

Meskipun kamu sedang sangat serius, usahakn untuk tetap melakukan streching setiap 2 jam untuk membantu meregangkan tulang kamu agar lebih lentur dan fleksibel.

Olahraga

Dalam setiap masalah kesehatan, olahraga memang selalu menjadi solusi yang tepat. Jadi jangan pernah ragu untuk berolahraga. Untuk mencegah masalah tulang belakang, lakukan olahraga berenang. Berenang akan membuat kamu menggerakan seluruh badan terutama kaki dan tangan. Saat berenang otot-otot tubuh akan bekerja secara maksimal. Olahraga ini juga bisa memperbaiki posisi tulang belakang yang mengalami cedera.

BACA JUGA: Rambut Kering setelah Berenang bukan Masalah

Konsumsi Makanan yang Mengandung Kalsium

Kalsium merupakan zat penting untuk menjaga kesehatan tulang kamu, maka itu perbanyaklah konsumsi makanan yang mengandung kalsium seperti sayuran berwarna hijau tua, ikan sarden, kacang-kacangan, dan susu.

Berjemur

Sebagian besar wanita tidak suka melakukan hal yang satu ini, alasannya karena takut hitam. Padahal sinar matahari pagi sangat bagus untuk kesehatan tulang. Asupan kalsium yang kamu konsumsi akan diserap maksimal oleh tubuh dengan batuan matahari. Saat berjemur jangan lupa untuk menggunakan sunblock agar kulit kamu tetap cantik.

Menjaga Berat Badan

Semakin besar berat badan kamu, semakin besar juga beban yang harus ditanggung tulang belakang kamu. Menjaga berat badan bukan hanya untuk tampil menarik tapi juga untuk menjaga kamu terhindar dari berbagai macam penyakit. 

BACA JUGA: 4 Trik Cerdas Jaga Berat Badan Ideal

Yenni Octavia
A new blogger, who love makeup, travelling, food, and everything good!!
Share this article

Artikel Terkait

Manfaat Jadi Influencer

Apa saja sih manfaat yang bisa kamu dapatkan jika jadi seorang influencer? Apa benar influencer juga memiliki manfaat untuk brand? Yuk baca selengkapnya.

Tha Arpy