Foto Masih Jerawatan Setelah Rajin Bersihkan Wajah? Kenapa Ya?

Masih Jerawatan Setelah Rajin Bersihkan Wajah? Kenapa Ya?

Foto Kasih Elia LG
Muka kamu jerawatan padahal sudah rajin membersihkan wajah sebelum tidur dan tidak gonta-ganti produk perawatan wajah. Kenapa ya? Cari tahu penyebab lain munculnya jerawat di sini!

Kenapa di wajahmu bisa timbul jerawat? Penyebab utama biasanya adalah kurangnya perhatian pada kebersihan kulit atau faktor minyak yang diproduksi berlebihan oleh kulit. Belum lagi kalau sedang stres atau menjelang menstruasi.

BACA JUGA: Stres dan Jerawat? Apa Hubungannya?

Tapi, kalau kamu sudah rajin membersihkan wajah, dengan sangat hati-hati mengendalikan jumlah minyak yang menempel lama di kulit, tidak sedang stres ataupun masa menstruasi masih cukup lama, jadi bingung, apa lagi dong penyebab jerawat menyerang wajah kamu yang sudah kamu lindungi mati-matian?

Ternyata, ada faktor lain, penyebab munculnya banyak jerawat di wajah kita. Apakah itu? Simak lebih lanjut yuk!

Menurut suatu penelitian, ada satu penyebab munculnya banyak jerawat di wajah kamu selain dari faktor-faktor umum yang sudah banyak diketahui orang, yang memang jarang diketahui banyak orang. Yaitu, naiknya berat badan.

Coba sekarang kamu timbang berat badan kamu! Apakah jarum timbangan kamu semakin bergerak ke kanan? 

Menurut para ahli yang mengadakan penelitian tersebut, berat badan yang meningkat ternyata akan meningkatkan aktivitas hormon androgen di dalam tubuh. Akibatnya, kelenjar sebum yang bertugas memproduksi minyak alami wajah juga meningkat. Hal inilah yang menjadi asal-usul jerawat misterius kamu.

BACA JUGA: 5 Hal yang Tidak Umum ini Ternyata Mampu Bantu Turunkan Berat Badan

Belum lagi, karena kenaikan berat badan, ukuran badan pun akan sedikit bertambah meskipun hanya di bagian-bagian tertentu sehingga membuat kamu jadi sedikit lebih keras memikirkan cara menutupi lemak-lemak di bagian tertentu itu. Seperti contoh sederhananya mungkin, bagian perut.

Banyaknya pikiran yang meningkat dalam satu waktu ini mengakibatkan tubuh memicu hormon stres (kortisol) pada kelenjar adrenal. Hormon stres ini, mengendalikan metabolisme karbohidrat, protein dan lemak. Lemak yang tidak melalui proses metabolisme yang baik akan keluar sebagai jerawat yang diakibatkan lemak berlebih. Apa hubungannya?

Terlalu banyak lemak dalam tubuh akan menyebabkan meningkatnya reaksi hormonal pada kulit, yang dapat meningkatkan produksi sebum (minyak alami kulit) dan menutupi pori-pori. Inilah yang kemudian menyebabkan jerawatmu bertambah banyak. Belum lagi, terlalu banyak timbunan lemak di dalam aliran darah kamu, akan membuat oksigen dan semua asupan nutrisi yang mengalir ke sel darah menjadi terhambat. Akhirnya, sel darah banyak yang tidak mendapat oksigen dan nutrisi yang cukup. Inilah yang dapat memperparah baik jumlah maupun keadaan jerawat kamu.

BACA JUGA: 4 Mitos yang Salah Mengenai Pori-Pori Kamu

Hati-hati ya ladies! Mulai sekarang, kamu harus memperhatikan makanan yang kamu konsumsi. Makan makanan kesukaan kamu memang bukan masalah, tapi kalau berlebihan itu juga jadi tidak baik. Semua yang berlebihan itu tidak baik. Kamu tidak mau kan, bisa menikmati makanan kesukaan kamu, tapi wajah kamu jadi tidak mulus dan tidak terawat?

Artikel Selanjutnya

Foto Kasih Elia LG

Kasih Elia LG

Kawaii Beauty Japan Beauty Writer. Mahasiswi Sastra Jepang yang ingin memahami lebih dalam dunia wanita, dan Jepang. Sering lupa menulis di blog pribadi tapi tidak pernah mau ketinggalan berbagi info mengenai kecantikan dan Jepang di Kawaii Beauty Japan.

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini