Kawaii Beauty Japan

Health

Do’s and Don’t Saat Berolahraga

Olahraga merupakan salah satu aktivitas yang mampu mendukung kehidupan kita sehari-hari. Nah, untuk menghindari cedera berikutnya. Coba deh trik berikut ini.

Istiarina Putri

Do’s

Sarapan

Jangan pernah menganggap remeh sarapan. Olahraga bertujuan untuk membakar kalori yang ada dalam tubuh, namun jika kamu tidak sarapan sebelumnya, apa yang bisa dibakar. Jadi jangan lupa untuk sarapan, agar kamu memiliki energi saat berolahraga.

Lakukan Secara Rutin

Jangan lakukan olahraga hanya karena trend, atau saat kamu makan terlalu banyak. Tapi lakukan olahraga secara rutin agar pembakaran kalori terjadi secara maksimal, dan tubuhmu terbiasa sehingga tidak terlalu lelah saat memulai kembali.

Selalu Bawa Botol Minum

Ini sangat penting, jangan biarkan tubuhmu merasa haur terlalu lama saat berolahraga. Minumlah sebelum kamu merasa sangat haus, jangan sampai kamu dehidrasi.

Hindari Olahraga Siang Hari

Hindarilah berolahraga dibawah sinar matahri diantara pukul 09.00 – 16.00, karena pada waktu tersebut sinar ultraviolet yang dihasilkan matahari bisa sangat berbahaya bagi kulit dan dapat menyebabkan kanker kulit. Pilihalah waktu olahraga di pagi dan sore hari.

Makan Setelah Selesai Olahraga

15 – 30 menit setelah kamu melakukan olahraga merupakan waktu yang paling tepat untuk tubuh melakukan pembakaran bahkan dua kali lipat lebih cepat. Pilihlah makanan yang mengandung nutrisi yang baik.

Don’ts

Melewatkan Pemanasan

Seberapa semangat pun kamu saat ingin melakukan olahraga, jangan biarkan dirimu lupa untuk melakukan pemanasan agar tubuhmu tidak kram. Pemanasan dan pendinginan merupakan hal yang sangat penting agar tubuhmu bisa bekerja dengan baik.

Memaksakan Diri

Hanya kamu yang paling mengerti kondisi tubuhmu, jadi pastikan kamu tidak memaksakan tubuhmu terlalu berlebihan saat berolahraga. Biarkan tubuhmu istirahat sejenak di tengah sesi olahraga.

Menggunakan Kaos Hitam

Warna gelap memiliki sifat menyerap panas, walau kamu terlihat lebih kurus, tapi itu kan membuatmu cepat lelah.

Tidak Menggunakan Sunblock

Sunblock atau suncream adalah hal yang sangat penting saat kamu melakukan olahraga di luar ruangan. Jadi jangan sampai kamu lupa menggunakannya. Pilihlah sunblock yang sweat-resistant sehingga tidak mudah terhapus keringat.

BACA JUGA: Hati – hati Kecanduan Olahraga!

Dengan mengikuti apa yang sebaiknya dilakukan dan tidak dilakukan, olahragamu akan menjadi lebih maksimal tanpa perlu mengkhawatirkan banyak hal. Ayo hidup sehat mulai dari sekarang!

Istiarina Putri
Community Coordinator Kawaii Beauty Japan. Di waktu luangnya juga aktif menulis sebagai beauty blogger dan menyukai kosmetik asal Jepang, terutama skin carenya.
Share this article

Artikel Terkait