Foto Yuk, Hitung Anggaran Pernikahanmu!

Yuk, Hitung Anggaran Pernikahanmu!

Foto Alfia Widati
Alfia Widati
Blogger
Setiap pasangan pasti memiliki impian pernikahan yang sempurna. Resepsi yang indah dan berkesan selalu jadi tujuan utama. Yuk baca bagaimana cara menentukan anggaran pernikahanmu!

Yak, kebutuhan pernikahan memang tidak hanya tentang tempat, dekorasi, undangan dan catering. Banyak hal lain yang harus juga diperhatikan. Pada dasarnya ada 7 kebutuhan utama dalam pernikahan. Yuk, kita cari tahu..

Makanan dan Minuman

Untuk hal ini, dibutuhkan 40% - 50% dari total anggaran karena hal yang paling berkesan ketika kamu mendatangi sebuah pernikahan adalah hidangan yang lezat dan variasi pilihan yang banyak. Jangan lupa untuk memperhitungkan jumlah undangan agar tidak ada yang tersisa maupun yang kekurangan.

Bunga dan Dekorasi

Anggaran ini bisa mencakup sekitar 15% - 20% dari total anggaran pernikahanmu. Kesan yang indah pasti akan didapatkan jika dekorasi tempat pernikahanmu didekor dengan baik, mulai dari ruangan pernikahan, pelaminan, hingga ruang akad nikah.

Perlengkapan Pengantin

Butuh sekitar 10% dari total anggaran. Perlengkapan ini mencakup apa yang akan dikenakan pengantin perempuan, mulai dari perhiasan, sepatu, gaun/jas pengantin, dan tata rias wajah dan rambut.

Akad Nikah dan Resepsi

9% - 10% diperlukan dari total anggaran pernikahanmu. Hal pertama yang perlu ditentukan adalah seberapa besar pernikahanmu nanti karena ini berpengaruh dengan tempat. Ukuran tempat pernikahan juga menjadi tolok ukur kemampuan tempat tersebut untuk menampung para tamu undangan. Jangan lupakan juga lokasi lahan parkir dan pilihan alunan musik sesuai tema.

BACA JUGA: Uniknya Adat Pernikahan ala Jepang

Fotografi dan Videografi

Nah, kebutuhan ini juga memerlukan sekitar 9% - 10% dari total anggaran. Termasuk hal yang penting untuk mengabadikan saat-saat penuh bahagia di hari pernikahanmu agar setiap momen tak ada yang terlewatkan dan terlupakan.

Undangan dan Souvenir

Cukup memasukan sekitar 5% dari total anggaran pernikahanmu. Ketahuilah terlebih dahulu seberapa banyak undangan yang kalian inginkan maka akan dengan mudah menentukan seberapa banyak undangan dan souvenir yang perlu dibuat.

Anggaran Cadangan

Masukan 5% hingga 10% dari total anggaran untuk dijadikan sebagai cadangan. Hal ini bisa digunakan untuk biaya perijinan, biaya tranportasi, parkir atau bensin untuk panitia dari pihak keluarga yang membantu, ataupun untuk biaya perijinan dan keamanan agar pernikahan kamu berjalan dengan lancar dan sukses.

BACA JUGA: Fakta Menarik Pernikahan

Walaupun pihak keluarga juga membantu menjadi panitia tapi tak ada salahnya kamu mencoba menggunakan jasa Wedding Organizer karena bisa membantu untuk mengawal calon mempelai pria dan wanita agar tetap fokus pada konsep awal pernikahan. Hal terpenting dan pertama kali harus diketahui adalah perkiraan tamu undangan.

Nah, bagaimana? Sudah dapat inspirasi untuk mengatur anggaran pernikahanmu? Tulisan ini hanya sebagai ilustrator saja yang dapat disesuaikan apabila kamu memiliki anggaran lebih. Jadi jangan bingung lagi ya...

Artikel Selanjutnya

Foto Alfia Widati

Alfia Widati

The person behind www.fiarevenian.com, a full time wife, love hanging-outs and writing.

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini