Foto Tips Memaksimalkan Kandungan Skin Care Pada Kulit

Tips Memaksimalkan Kandungan Skin Care Pada Kulit

Foto Lee Via Han
Lee Via Han
KBJ Star
Gonta ganti skin care, karena nggak ada efek apa-apa dikulit? Salah si kulit atau proses perawatan skin care-nya, disini saya akan membagikan tips memaksimalkan kandungan skin care pada kulit.

Pernah nggak sih pakai jenis macam-macam skin care tapi nggak ngaruh dan nggak ngefek rasanya di kulit? Hmm, terkadang, sampai kadang capek coba banyak skin care bahkan sampai marah-marah dan malah berpikir "haduh, ini kulit badak apa ya, semua nggak mempan dicoba".

Sampai badak pun akhirnya dibawa-bawa ke permasalahan kulit, kasihan kan badak disebut namanya bukan dalam doa agar tidak punah, tapi malah dikaitkan dengan permasalahan kulit. Nah, disini saya mau coba sedikit sharing bagaimana sih cara cek step-by-step untuk mengkoreksi kesalahan dalam ber skin care ria, yuuk mari disimak..

Kalau sekali atau dua kali coba produk yang sejenis manfaatnya dicoba di wajah tidak mempan, itu perlu dipertanyakan pada diri kita sendiri apa yang salah, berikut saya men share beberapa cara memeriksa kesalahan dalam proses perawatan kulit:

1. Kenali Permasalahan Kulit atau Kebutuhan Kulit 

Pertama kali coba suatu produk, biasakan untuk terlebih dahulu mengenali kulit kita. Misalnya, wajah mempunyai masalah berjerawat kah, kering, atau berminyak. Nah, tujuannya yang pasti untuk menuntaskan permasalahan pada kulit dong ya, jadi jangan melenceng tuh tujuan beli produk dari tujuan yang diinginkan. 

Atau misalkan kulit sebenarnya tidak ada permasalahan apa-apa tapi ingin dirawat agar tetap oke, coba banyak membaca review-review di internet sebelum membeli, cek dulu deh testimonial dari banyak orang baru deh memutuskan untuk beli produknya. Kenapa? Hal ini karena jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, misal kulit sudah bagus-bagus eh malah rusak karena asal memilih produk. Ikut-ikutan sama produk yang sedang booming yang padahal belum tentu cocok di kulit kita, hmm, yang ada malah wishlist produk 'reparasi' wajahnya yang bertambah.

2. Kenali Produknya

Sebelumnya kan sudah banyak membaca informasi untuk mencari produk mana yang diinginkan untuk dibeli agar lebih hemat uang dalam pengeluaran produk skin care. Nah, selanjutnya kamu harus mengenal produknya lebih dalam, dengan cara membaca kandungan komposisi yang tercantum pada kemasan. Kemudian jangan lupa untuk menjadi lebih teliti dengan bahan yang digunakan, apa saja sih manfaat beserta efek sampingnya (ada atau tidak). Jangan sampai kamu punya alergi tertentu terhadap suatu kandungan komposisi malah berujung malapetaka buat kulitmu.

Oleh karena itu, sebaiknya jangan asal membeli produk dengan iming-iming harga jauh lebih murah juga ya, lebih baik mahal sedikit dan pastinya aman untuk kulit ke depannya.

3. Uji Alergi Kulit

Meskipun produk yang dibeli tidak mencantumkan adanya efek samping, sebaiknya buat kamu menguji alergi bagi si pemilik kulit sensitif. Hal ini supaya ke depannya aman, ya nggak sih?

Lalu, bagaimana caranya? Pertama, oleskan sedikit produk skin care pada belakang telinga, belakang leher, atau pergelangan tangan bagian dalam, biarkan selama 30 menit, jika terasa gatal atau perih seperti terbakar, ada baiknya tidak digunakan karena itu tandanya tidak cocok untuk kulitmu. Kecuali skin care yang dari dokter kulit, itu biasanya ada efek-efek sensasi yang mengganggu, tapi kalau dokter berkata tidak apa-apa ya silakan lanjutkan saja.

4. Exfoliate Kulit

Setelah mendapatkan produk yang sudah pas dihati, sebelum diaplikasikan diwajah ada baiknya lakukan exfoliation, manfaatnya yaitu peluruhan sel kulit mati, biar produk yang dikenakan cepat menyerap dan bekerja maksimal. Gunakan bahan-bahan yang tidak terlalu kasar teksturnya untuk kulit sensitif dan berjerawat jangan di gosok dibagian yang berjerawat, kalaupun ingin lakukan cukup dua putaran pelan, scrubbing berat ada baiknya dilakukan 1 minggu sekali.

5. Timing yang Tepat

Waktu yang tepat untuk mengaplikasikan skin care adalah saat kulit dalam keadaan lembap. Setelah membersihkan wajah, karena kulit yang lembap bereaksi seperti sponge yang segera menyerap apapun. Jadi jangan tunda terlalu lama untuk mengoleskan skin care setelah membersihkan.

6. Gunakan Skin Care Sesuai Urutan yang Benar

Setelah wajah bersih dari kotoran, make sure kamu mengaplikasikannya berurutan, sesuai tata cara skin care yang baik dan benar, dari yang ringan sampai pada tekstur yang berat, seperti yang berbahan dasar air atau alkohol wajib didahulukan, baru yang bertekstur gel, kemudian light lotion, kemudian bahan dasar seperti cream, agar hasilnya pun maksimal, memang sih rada repot terlihatnya, tapi demi kulit yang lebih baik begitulah adanya untuk hasil yang maksimal.


Selesai! Nah, kalau kalian sudah mengikuti step-by-step diatas skin care yang kamu gunakan akan berjalan dengan maksimal dan hasilnya pun akan lebih terasa dan kelihatan, nah gimana sudah sesuai urutan belum dalam menggunakan skin care?

Artikel Selanjutnya

Foto Lee Via Han

Lee Via Han

Beauty Blogger from Jakarta-Indonesia || Freelance || Makeup Artist || Suka Motret || Kopdar Addict

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2020 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini