Kawaii Beauty Japan

Lifestyle

Makan Malam Hari Berbahaya?

Banyak yang mengatakan, makan di malam hari itu tidak baik untuk kesehatan, bahkan bisa bikin kamu gemuk. Seperti apakah kebenarannya?

Kasih Elia Lg

Ternyata, sedikit asupan makanan sebelumnya, dapat membuat tidurmu jadi lebih nyenyak dan berkualitas— kalau kamu memilih makanan yang tepat. Dan pastinya, tidak bikin gemuk!

Makan di malam hari dapat membantu stabilitas kadar gula di darah kamu selama kamu tidur. Tapi, kamu harus tahu jarak yang terbaik dari kamu makan malam sampai ke jam kamu tidur, dan kamu juga harus beraktivitas. Minimal tidak diam di satu tempat untuk waktu yang lama. Karena kalau kamu diam di satu tempat untuk waktu yang lama, kalori yang kamu masukan ke tubuh akan lama diolah oleh tubuhmu.

Kenapa Stabilitas Kadar Gula Itu Penting?

Untuk orang-orang yang menderita penyakit diabetes, mereka pasti mengerti kadar gula dan hormon yang mengikutinya dapat mempengaruhi naik turunnya nafsu makan dan jumlah energi dalam tubuhmu secara drastis. Kadar gula juga bisa mengacaukan sistem pembakaran dan penyimpanan lemak di tubuh kamu. Kadar gula yang rendah dapat menyebabkan seseorang merasa lemas dan lebih susah bangun dari tempat tidur. Kadar gula yang rendah juga dapat membuat kamu terbangun di tengah malam dan mengganggu tidur kamu.

Dengan makan dalam jumlah yang cukup dan jenis yang tepat di malam hari, kamu dapat menstabilisasi kadar gula sehingga asupan energi yang tersedia cukup untuk bekal pembakaran selama kamu tidur.

BACA JUGA: Suka Minum Es Teh Manis? Hati-Hati!

Apakah Tidur Butuh Tenaga?

Banyak sekali pernyataan yang mengatakan tidur tidak butuh tenaga. Padahal hal tersebut sangat-sangat salah. Tubuh tetap butuh energi, meski tidak sebanyak ketika kamu beraktivitas di siang hari. Ahli diet profesional, Cassie Bjork, yang juga merupakan founder Healthy Simple Life telah menyatakan bahwa “Berita yang mengatakan kamu tidak membutuhkan energi selama tidur adalah mitos.”

Untuk kamu yang tidak aktif di malam hari, kamu sebaiknya mengonsumsi karbohidrat kompleks seperti roti gandum, atau buah-buahan. Makanan seperti ini dicerna perlahan-lahan, sehingga cocok untuk asupan malam hari selama tubuh beristirahat. Sementara untuk kamu yang aktif dan banyak gerak setelah makan dan sebelum tidur, tambahkan sedikit protein seperti daging dada ayam atau kalkun untuk asupan perbaikan otot. Tapi selalu ingat peraturan untuk tidak berolahraga 2 jam sebelum waktu tidur kamu ya!

BACA JUGA: Tips Untuk Tidur Berkualitas

Makanan Apa Yang Perlu Dihindari?

Kamu sangat perlu menghindari biskuit atau tipe-tipe makanan kecil penutup lainnya. Karena makanan seperti ini justru akan cepat diserap tubuh tapi dengan sedikit sekali nutrisi dan bahan yang berguna untuk istirahat malam kamu. Sehingga akan membuat kadar gula melonjak dan akhirnya kamu jadi sulit tidur karena hal tersebut.

BACA JUGA: 5 Makanan Yang Membuat Kenyang Lebih Lama

Nah ladies, sekarang kamu sudah tahu ya, kalau ingin makan di malam hari, sebaiknya hal-hal seperti apa yang perlu diperhatikan supaya tidak membawa bahaya bagi tubuh kamu. Semoga info ini bermanfaat!

 

Tagged in:
Kasih Elia Lg
Kawaii Beauty Japan Beauty Writer. Mahasiswi Sastra Jepang yang ingin memahami lebih dalam dunia wanita, dan Jepang. Sering lupa menulis di blog pribadi tapi tidak pernah mau ketinggalan berbagi info mengenai kecantikan dan Jepang di Kawaii Beauty Japan.
Share this article

Artikel Terkait

Manfaat Jadi Influencer

Apa saja sih manfaat yang bisa kamu dapatkan jika jadi seorang influencer? Apa benar influencer juga memiliki manfaat untuk brand? Yuk baca selengkapnya.

Tha Arpy