Kawaii Beauty Japan

Health

5 Tanda Kamu Kekurangan Vitamin D

Vitamin D merupakan salah satu vitamin yang penting bagi kesehatan. Peranannya yang paling umum diketahui adalah untuk pembentukan dan memperkuat tulang.

Istiarina Putri

Manfaat vitamin D sungguh besar bagi kesehatan tubuh manusia. Didukung oleh banyak penelitian, terbukti bahwa vitamin  D berperan penting dalam kuatnya tulang, suasana hati yang lebih baik, bahkan dapat membuat proses penurunan berat badan lebih efisien.

Nah, sayangnya, gejala kekurangan vitamin D sering tidak terdeteksi secara dini. Padahal kekurangan vitamin D dapat menyebabkan osteoporosis; yaitu penyakit tulang yang mempunyai sifat-sifat khas berupa massa tulang yang rendah, disertai mikro arsitektur tulang dan penurunan kualitas jaringan tulang yang dapat akhirnya menimbulkan kerapuhan tulang.

Apa saja tanda kekurangan vitamin D?

5 Tanda Kekurangan Vitamin D

1. Otot yang Lemah

Menurunnya besar otot merupakan dampak dari ketidakcukupan vitamin D dalam otot dan sel syaraf. Jadi, ketika kamu merasa tidak bisa melakukan beberapa sesi latihan otot yang sering kamu lakukan (push up, sit up, atau squat). hmm, mungkin itu adalah tanda bahwa kamu memerlukan lebih banyak konsumsi vitamin D.

2. Sedih

Menurut suatu penelitian dalam The Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism, wanita dengan tingkat vitamin D yang rendah memiliki risiko terkena depresi 2 kali lipat lebih tinggi dibanding wanita yang cukup vitamin D. 

Hmm, jadi jika kamu merasa sedih berkepanjangan padahal penyebabnya tidak terlalu signifikan, bisa jadi kamu kekurangan vitamin D ya!

3. Sulit Menahan Rasa Sakit

Setiap manusia memiliki ambang rasa sakit (derajat rasa sakit yang masih bisa ditahan) yang berbeda-beda. Nah, jika sewaktu-waktu kamu tiba-tiba mengalami perubahan ambang rasa sakit, hal tersebut bisa menjadi pertanda bahwa kamu kekurangan vitamin D. 

4. Tekanan Darah Tinggi

Vitamin D memiliki peranan penting bagi kesehatan jantung. Hal ini karena vitamin D membantu peredaran darah dan juga mengatur tekanan darah. Oleh karena itu, jika kamu tidak mendapatkan vitamin D yang cukup, bersiaplah tekanan darahmu melonjak.

BACA JUGA: Sejuta Manfaat Vitamin C untuk Kecantikan

5. Sering Mengantuk

Pada salah satu penelitian pada tahun 2012 yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Sleep Medicine, kadar vitamin D yang rendah sering diasosiasikan dengan rasa kantuk yang terjadi pada siang hari.

 

Istiarina Putri
Community Coordinator Kawaii Beauty Japan. Di waktu luangnya juga aktif menulis sebagai beauty blogger dan menyukai kosmetik asal Jepang, terutama skin carenya.
Share this article

Artikel Terkait