Foto Ini Dia Langkah Merawat Kulit Wajah yang Benar di Pagi Hari!

Ini Dia Langkah Merawat Kulit Wajah yang Benar di Pagi Hari!

Kulitmu bermasalah? Hmm, sebelum menyalahkan produk tertentu yang kamu gunakan, sebaiknya benahi dulu langkah merawat kulitmu ya!

Langkah Pertama: Bersihkan Wajah dengan Sempurna

Agar produk-produk perawatan kulit dengan efek melembapkan, mencerahkan, dan lain-lain tersebut dapat bekerja dengan maksimal, tentu kamu harus memiliki wajah yang bersih sempurna terlebih dahulu. 

Percayalah, bahkan produk perawatan kecantikan terbaik sedunia dengan harga selangit pun tidak akan bisa memberikan hasil sesuai yang dijanjikan apabila masih terdapat sisa makeup, debu, dan minyak pada kulitmu.

Oleh karena itu, pilihlah produk pembersih wajah dengan dua langkah (double cleansing), yaitu pembersih makeup dan sabun pencuci muka.

BACA JUGA: 5 Alasan Mencoba Double Cleansing

Pembersih makeup pun bervariasi bentuknya, ada yang dalam bentuk minyak (oil), cream, hingga susu. Untuk kamu yang berkulit sensitif, sebaiknya pilih formula khusus kulit sensitif agar kulit bersih dan tidak mengalami masalah kemerahan atau timbul jerawat.

Sementara itu, untuk sabun pencuci muka, sangat disarankan memilih foaming cleanser, yaitu produk sabun pencuci muka yang harus dibentuk foam (busa) terlebih dahulu, karena dapat membersihkan hingga ke dalam pori-pori wajah tanpa harus menggosok terlalu keras.

BACA JUGA: Perawatan Kulit Khas Jepang: Foaming Facial Wash

Langkah Kedua: Jika Sedang Dalam Pengobatan Dokter, Pakai Obat Dokter

Setelah wajah bersih, jangan lupa keringkan perlahan dengan handuk lembut. Ingatlah untuk tidak menggosok keras wajahmu dengan handuk, karena dapat mengakibatkan iritasi pada wajah.

Setelah itu, apabila memang kamu sedang dalam pengobatan dokter kulit, inilah saat yang tepat untuk mengaplikasikan obat-obatannya.

Umumnya, obat yang diresepkan adalah obat untuk menangani jerawat dan komedo. Oleh karena itu, aplikasikan pertama setelah mencuci wajah.

Khusus obat-obatan seperti retinoid yang sensitif terhadap sinar matahari, jangan khawatir untuk menggunakannya di pagi hari asalkan kamu tidak lupa mengaplikasikan tabir surya agar kulit dan obat tetap bekerja maksimal.

Apabila memang kamu tidak sedang perawatan dokter dan harus menggunakan obat topikal tertentu, silakan lewatkan langkah ini dan langsung ke langkah berikutnya.

Langkah Ketiga: Gunakan Serum!

Ingatlah serum sebagai suplemen bagi kulitmu. Serum sendiri merupakan produk berupa konsentrat yang mengandung dosis hidrasi (kandungan air) dan antioksidan yang dapat masuk hingga ke lapisan kulit yang tidak dapat dicapai krim pelembap.

Oleh karena itu, jika kamu memiliki masalah spesifik seperti kulit kering, pori-pori besar, flek hitam, atau kerutan, wajib sekali memakai serum.

Pilihlah serum dengan kandungan humectant seperti glycerin, aloe vera, dan ekstrak tumbuh-tumbuhan lainnya. Humectant sendiri adalah bahan-bahan yang mampu menjaga kadar air dan kelembapan kulit agar kulit tetap lembap dan sehat.

Langkah Keempat: Kunci Kelembapan di Kulitmu dengan Krim Pelembap

Setelah menggunakan serum, selanjutnya jangan lupa untuk 'mengunci' kelembapan dalam kulit dengan mengaplikasikan moisturizer.

Moisturizer alias pelembap sendiri banyak bentuknya, ada yang krim, emulsi, hingga minyak (oil). 

Untuk kulit yang berminyak, pilihlah moisturizer dengan tekstur cair seperti emulsi, sementara kulit kering sebaiknya memilih krim.

BACA JUGA: Pelembab? Apa Saja dan Di Mana Saja!

Langkah Kelima: Lindungi Kulitmu dari Sinar Matahari

Layaknya tubuh, kulit pun butuh 'pakaian' untuk melindungi dari efek negatif sinar ultraviolet dari matahari. Oleh karena itu penting bagi kamu menggunakan tabir surya.

Penting diingat bahwa tabir surya, suncreen, atau sunblock bukanlah makeup, melainkan skin care alias perawatan. Jadi sangat penting digunakan, terutama di negara beriklim tropis seperti di Indonesia.

Pilihlah tabir surya dengan SPF minimal 30 untuk kegiatan sehari-hari agar kulit tidak terbakar atau kemerahan diterpa sinar matahari.

BACA JUGA: Masih Males Pakai Sunscreen? Duh, Cek Deh Manfaatnya!

Nah, kamu pun siap beraktivitas seperti biasa! Untuk kamu yang biasa menggunakan makeup, setelah 5 langkah ini kamu bisa melanjutkan dengan aneka makeup sesuai keinginan. Sementara itu, jika kamu bukan tipe yang suka memakai makeup, you're ready to go!

Artikel Selanjutnya

Artikel Selanjutnya

Foto Istiarina Putri

Istiarina Putri

Community Coordinator Kawaii Beauty Japan. Di waktu luangnya juga aktif menulis sebagai beauty blogger dan menyukai kosmetik asal Jepang, terutama skin carenya.

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini

Kulitmu Terlindungi, Beragam Hadiah Siap Kamu Miliki!

Kulitmu Terlindungi, Beragam Hadiah Siap Kamu Miliki!

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Tiff Body Luncurkan Scrub yang Vegan dan Cruelty Free

Tiff Body Luncurkan Scrub yang Vegan dan Cruelty Free

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Segera Lindungi Kulitmu Dari Bahaya Sinar UV!

Segera Lindungi Kulitmu Dari Bahaya Sinar UV!

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Sukin: Natural Skincare Asal Australia Telah Hadir Di Indonesia

Sukin: Natural Skincare Asal Australia Telah Hadir Di Indonesia

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Sebotol Nutrisi Untuk Wajahmu Dalam Satu Sheet Mask

Sebotol Nutrisi Untuk Wajahmu Dalam Satu Sheet Mask

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Perawatan Beauty From Sunnah dengan Azalea

Perawatan Beauty From Sunnah dengan Azalea

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani