Foto Ini Dia 3 Bahan Berbahaya dalam Makanan yang Harus Kamu Waspadai!

Ini Dia 3 Bahan Berbahaya dalam Makanan yang Harus Kamu Waspadai!

Hati-hati jika membeli makanan di luar terutama di pinggir jalan ya, bisa-bisa mengandung bahan berbahaya ini. Salah-salah bisa kena kanker!

Banyak beredar informasi mengenai aneka jajanan dan makanan yang dijual bebas mengandung bahan berbahaya bagi manusia. Hmm, perlu lebih cermat lagi ya ladies dalam memilih. 

Agar lebih paham, sebaiknya pelajari dulu bahan apa saja yang sebenarnya terlarang untuk pangan supaya lebih waspada ya.

Bahan berbahaya yang dimaksud adalah (diambil dari situs Badan Pengawas Obat dan Makanan) bahan kimia baik dalam bentuk tunggal maupun campuran yang dapat membahayakan kesehatan dan lingkungan hidup secara langsung atau tidak langsung. Bahan kimia tersebut bersifat racun, karsinogenik, teratogenik, mutagenik, korosif, atau iritasi.

BACA JUGA: Minuman Bersoda Teman Nonton Bola? Udah Bukan Jamannya!

Bahan kimia berbahaya yang sering disalahgunakan pada pangan antara lain sebagai berikut:

3 Bahan Kimia Berbahaya dalam Makanan yang Harus Kamu Hindari

1. Formalin

Bahan ini umumnya digunakan untuk membunuh kuman sehingga banyak terdapat dalam produk pembersih lantai, kapal, gudang, pembasmi lalat dan serangga, hingga bahan peledak.

Sayangnya, formalin sering disalahgunakan sebagai bahan pengawet untuk pangan seperti tahu, ayam, dan ikan. Mengapa? Hal ini karena formalin dapat memberikan efek makanan tetap terlihat segar dan seperti baru.

Formalin sendiri apabila masuk melalui saluran pencernaan maka dapat menyebabkan luka korosfi pada selaput lendir saluran pencernaan dan disertai dengan gejala mual, muntah, sakit perut, dan perih pada lambung.

2. Boraks

Bahan yang satu ini sering digunakan dalam pembuatan gelas dan enamel, antijamur kayu, pembasmi kecoa, hingga campuran pembersih lantai.

Boraks sering disalahgunakan untuk pangan seperti kerupuk, mi basah, dan bakso. Akibat dari boraks bagi tubuh adalah terganggunya fungsi ginjal dan hati. 

BACA JUGA: Ini Dia Cara Membedakan Es Batu Mentah dan Matang!

Gejala yang ditimbulkan setelah mengonsumsi makanan dengan boraks adalah mual, muntah darah, diare, demam, dan sakit kepala.

3. Kuning Metanil (Methanyl Yellow)

Bahan ini sebenarnya digunakan sebagai pewarna tekstil dan cat tembok. Akan tetapi karena warnanya yang cukup cerah, maka sering disalahgunakan untuk kerupuk, mi, tahu, atau jajanan lainnya yang berwarna kuning. 

BACA JUGA: Beli Makanan di Pinggir Jalan itu Boleh, Asal..

Konsumsi bahan ini dalam jangka panjang dapat menyebabkan kanker kandung kemih. Jadi waspadai makanan dan jajanan dengan warna kuning yang terlalu cerah ya!

Artikel Selanjutnya

Foto Istiarina Putri

Istiarina Putri

Community Coordinator Kawaii Beauty Japan. Di waktu luangnya juga aktif menulis sebagai beauty blogger dan menyukai kosmetik asal Jepang, terutama skin carenya.

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2020 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini