Kawaii Beauty Japan

Health

Ini Dia Penyebab Utama Kanker Payudara!

Kanker payudara merupakan salah satu penyakit yang ditakuti oleh kebanyakan wanita. Nah yuk baca untuk mengetahui salah satu penyebab kanker payudara.

Istiarina Putri

Kanker payudara merupakan salah satu momok terbesar bagi wanita. Semakin meningkatnya tingkat jumlah wanita yang terkena kanker ini pun semakin mengkhawatirkan. Nah, apa sih sebenarnya penyebab kanker payudara? Ternyata salah satunya adalah hormon Estrogen.

Sekilas tentang Hormon Estrogen

Tubuh kita memiliki banyak hormon yang memiliki fungsi masing-masing untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Salah satu hormon yang identik dengan wanita adalah hormon Estrogen.

Estrogen adalah hormon yang dibutuhkan untuk perkembangan dan pertumbuhan payudara dan organ yang berhubungan dengan kehamilan. Hormon ini membantu mengatur siklus menstruasi dan sangat penting bagi reproduksi. Selain untuk kepentingan reproduksi, hormon ini juga baik untuk menjaga kesehatan jantung dan tulang.

Walaupun begitu bermanfaat, ternyata risiko wanita terkena kanker payudara kerap dihubungkan dengan hormon ini.

Bagaimana Estrogen Bisa Menjadi Penyebab Kanker Payudara?

Estrogen dapat menyebabkan kanker payudara karena:

1. Estrogen berperan dalam menstimulasi sel dalam payudara

2. Estrogen juga bekerja untuk perkembangan dan pertumbuhan payudara

3. Estrogen mempengaruhi kerja hormon lain yang menstimulasi sel payudara

Nah, karena wanita memang terekspos estrogen seumur hidup, maka tentu wanita lebih rentan terkena kanker payudara.

 

Oleh karena itu, penting bagi wanita untuk mengetahui faktor gaya hidup seperti apa yang dapat mempengaruhi tingkat estrogen dalam tubuh.

Faktor Gaya Hidup yang Mempengaruhi Tingkat Estrogen

1. Pola Makan

Makanan yang kita konsumsi dapat mempengaruhi tingkat kadar estrogen dalam tubuh. Pola makan yang rendah lemak dan tinggi serat dapat menurunkan kadar estrogen dalam tubuh.

BACA JUGA: 4 Jenis Makanan Pencegah Kanker Payudara

Sementara itu, pola makan sebaliknya dapat meningkatkan kadar estrogen sehingga secara tidak langsung menyebabkan obesitas.

2. Konsumsi Phytoestrogen

Phytoestrogen adalah estrogen pada tumbuhan yang dapat ditemukan pada kacang kedelai, tahu, gandum, buah dan sayuran, serta tanaman obat dan rempah-rempah.

Pola makan yang tinggi phytoestrogen semakin sering disebut-sebut sebagai salah satu cara untuk menurunkan risiko kanker payudara.

Hal ini karena sebagian besar phytoestrogen tidak disimpan dalam tubuh, melainkan dengan cepat dibakar oleh tubuh.

3. Berat Badan

Studi terbaru menyatakan bahwa berat badan orang dewasa, terutama sesaat sebelum dan sesudah menopause adalah waktu yang paling berisiko terkena kanker payudara. Setelah menopause, rahim wanita berhenti memproduksi estrogen dan satu-satunya sumber estrogen hanyalah lemak tubuh.

BACA JUGA: Ini Dia 3 Makanan Penyebab Kanker yang Harus Kamu Hindari!

Oleh karena itu, wanita dengan kadar lemak tubuh lebih tinggi selama tahun-tahun pasca menopause memiliki lebih banyak kadar estrogen dalam tubuh dibandingkan wanita menopause dengan berat normal.

4. Penggunaan Obat Kontrasepsi (Pil KB)

Walaupun masih mengundang kontroversi terhadap kontribusi faktor ini bagi perkembangan kanker payudara, pil kontrasepsi tetap patut diwaspadai penggunaannya.

Hal ini karena adanya anggapan bahwa pil kontrasepsi mengandung kadar estrogen tinggi sehingga dikhawatirkan mampu merangsang pertumbuhan kanker.

Tagged in:
Istiarina Putri
Community Coordinator Kawaii Beauty Japan. Di waktu luangnya juga aktif menulis sebagai beauty blogger dan menyukai kosmetik asal Jepang, terutama skin carenya.
Share this article

Artikel Terkait