Foto Seperti Apa Sih Berpuasa di Jepang?

Seperti Apa Sih Berpuasa di Jepang?

Berpuasa di negara Sakura ternyata memiliki keunikan tersendiri. Bagaimana sih rasanya berpuasa di Jepang?

Ramadhan telah memasuki pertengahan, bagaimana puasamu cantik?

Di negara mayoritas muslim terbesar di dunia; Indonesia, tentu kita tidak mengalami banyak kesulitan dalam berpuasa. Umumnya restoran dan kedai makanan memilih untuk tidak beroperasi sama sekali atau menutup tokonya untuk menghormati bulan suci umat muslim ini.

Namun, hal tersebut tidak berlaku di negara dengan mayoritas nonmuslim, salah satunya Jepang. Ternyata berpuasa di Jepang memiliki sisi menarik sendiri. Dilansir dari tribunnews.com, salah satu korespondennya sedang menjalani ibadah puasa di Tokyo.

BACA JUGA: Yuk Belajar Etika Makan di Jepang!

Di Jepang ternyata waktu berpuasa cukup berbeda drastis dengan Indonesia. Puasa dimulai pada pukul 2.30 dini hari dan berakhir sekitar pukul 7 malam. Belum lagi ditambah dengan musim panas yang masih berlangsung di Jepang. Wah, tentu berpuasa di negeri Sakura tersebut memberikan tantangan tersendiri ya.

Berbeda dengan Indonesia, aktivitas di bulan puasa di Jepang juga berjalan normal seperti biasa. Restoran maupun kedai makanan tetap buka dan orang-orang juga bebas makan dan minum di tempat umum. 

BACA JUGA: 5 Tempat Wisata Belanja di Jepang yang Seru

Selain itu, ibadah tarawih pun tetap dilaksanakan, bedanya adalah tanpa pengeras suara. 

Menjalankan ibadah puasa di negeri dengan mayoritas nonmuslim tentu memberikan pengalaman dan pemikiran tersendiri, misalnya kita bisa lebih mempelajari nilai dasar berpuasa yaitu untuk menahan hawa nafsu, emosi, dan lebih menghargai orang lain. Puasa bukanlah untuk dihargai, melainkan menghargai.

Ibadah puasa ternyata juga dikenal oleh masyarakat Jepang dan lebih dikenal dengan istilah Danjiki. Danjiki sendiri merupakan ajaran Buddhisme dan Shintoisme yang mengajarkan manusia untuk menahan diri dari makanan dan minuman.

Nah, ternyata berpuasa di negeri orang bisa memberikan insight dan sudut pandang baru dalam beribadah, terutama di bulan Ramadhan ini. Bagaimana dengan kamu? Pernahkah kamu menjalani puasa di negeri lain? Share yuk!

Tags:

Artikel Selanjutnya

Foto Istiarina Putri

Istiarina Putri

Community Coordinator Kawaii Beauty Japan. Di waktu luangnya juga aktif menulis sebagai beauty blogger dan menyukai kosmetik asal Jepang, terutama skin carenya.

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2020 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini