Foto Ini Dia 5 Makanan yang Tidak Boleh Disimpan di Kulkas

Ini Dia 5 Makanan yang Tidak Boleh Disimpan di Kulkas

Kok rasa tomatnya berubah ya? Hmmm, jangan-jangan kamu simpan tomatnya di kulkas ya? Ternyata beberapa makanan sebaiknya tidak disimpan di kulkas, apa saja?

Jika bicara tentang cara menyimpan makanan dengan baik dan benar, banyak sekali pendapat dan perdebatan yang terjadi hingga kini.

Bolehkah menyimpan roti dalam kulkas? Lalu mana yang lebih baik, menyimpan tomat dalam kulkas atau dalam suhu ruang saja?

BACA JUGA: Berapa Lama Sih Makananmu Tahan di Dalam Kulkas?

Nah, dapat dipastikan sebagian besar dari kamu sering melakukan kesalahan dalam penyimpanan makanan di kulkas. Padahal, mestinya kamu harus menyimpannya di suhu ruang saja.

Ini dia 5 makanan yang tidak boleh kamu simpan di kulkas.

5 Makanan yang Tidak Boleh Disimpan di Kulkas

1. Kentang

Menyimpan kentang dalam suhu yang dingin dalam kulkas akan mengubah tepung dalam kentang menjadi gula lebih cepat. Hal ini dapat mengakibatkan perubahan rasa kentang menjadi manis dan teksturnya berpasir.

Daripada menyimpan kentang di kulkas, simpan di dalam kantung kertas di suhu ruang. Tempat yang ideal adalah dalam lemari penyimpanan yang bebas dari paparan sinar matahari.

Jangan simpan kentang dalam plastik karena dapat membuat kentang busuk lebih cepat.

2. Tomat

Tomat hanya akan kehilangan seluruh rasanya apabila disimpan dalam kulkas? Mengapa? Ternyata udara sejuk yang ada dalam kulkas dapat menghentikan proses pematangan buah, sementara proses pematangan adalah hal yang memberikan tomat cita rasa.

Selain itu, penyimpanan dalam kulkas juga dapat merusak tekstur tomat karena udara dingin menghancurkan membran dalam dinding sayur sehingga warna menjadi pucat dan bertepung.

Sebaiknya simpan tomat dalam mangkuk atau keranjang di dapurmu.

BACA JUGA: Cara Menghilangkan Bekas Jerawat yang Ampuh dengan Tomat

3. Roti

Menyimpan roti dalam kulkas akan mengeringkan rotimu lebih cepat. Kecuali roti tawar, sebaiknya roti lainnya tidak kamu simpan dalam kulkas. 

Pilihan lainnya adalah memasukkan roti ke dalam freezer dalam keadaan tertutup rapat dan kedap udara untuk menjaga kelembapan roti.

4. Bawang Putih

Bawang putih akan menumbuhkan tunas lebih cepat jika disimpan dalam kulkas, selain itu bawang putih juga akan berjamur dan berubah tekstur menjadi seperti karet. Sebaiknya simpan bawang putih di tempat yang kering dan sejuk saja.

BACA JUGA: Katakan Selamat Tinggal pada Keputihan dengan Bawang Putih!

5. Madu

Tidak perlu menyimpan madu dalam kulkas, madu sendiri akan tetap terjaga kualitasnya selamanya asalkan kamu menyimpannya dengan tertutup rapat dan kedap udara.

Menyimpan madu dalam kulkas sendiri hanya akan menyebabkan madu mengkristal.

BACA JUGA: 3 Resep Jitu Madu Untuk Kecantikan

Artikel Selanjutnya

Foto Istiarina Putri

Istiarina Putri

Community Coordinator Kawaii Beauty Japan. Di waktu luangnya juga aktif menulis sebagai beauty blogger dan menyukai kosmetik asal Jepang, terutama skin carenya.

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini