Foto STOP Gigit Kuku!

STOP Gigit Kuku!

Lebih baik hentikan deh kebiasaan buruk ini.

Dilansir dari TIME, selain buruk bagi kehidupan sosialmu, ternyata kebiasaan mengigit kuku juga memiliki akibat kesehatan yang menyeramkan.

Kamu melakukan itu hampir setiap saat; menonton televisi maupun menunggu seseorang, ujung jarimu akan selalu berada di himpitan gigi-gigimu.

Benarkah Menggigit Kuku Berpengaruh pada Kesehatan?

Menurut Richard Scher, M.D., seorang ahli nail disorders dari Weill Cornell Medical College, jawabannya adalah YA.

Kok bisa?

Kuku dapat diibaratkan sebagai tempat singgah pertama segala jenis kuman. Salah satu kuman yang sering ada pada ujung kuku berasal dari keluarga enterobacteriaceae (termasuk salmonella dan E.coli)

Menggigit Kuku Menyebabkan Infeksi Saluran Pencernaan

Nah, ketika kamu menggigit kuku, bakteri tersebut akan berpindah ke dalam mulut dan usus sehingga menyebabkan infeksi saluran pencernaan. Infeksi ini ditandai dengan terjadinya diare dan rasa sakit pada daerah perut.

BACA JUGA: Bau Mulut? Hindari Hal-Hal Berikut Ini!

Menggigit Kuku Menyebabkan Infeksi Kulit Sekitar Kuku

Kebiasaan menggigit kuku dalam jangka panjang juga mampu mengakibatkan infeksi yang disebut paronychia; infeksi kulit sekitar kuku. Infeksi ini menyebabkan pembengkakan, kemerahan, dan juga nanah di bawah kulit sekitar kuku.

BACA JUGA: Ternyata Suka Gonta Ganti Cat Kuku Bisa Sebabkan Masalah Ini

Jika sudah separah ini, maka nanah di dalamnya harus dikeluarkan dengan proses bedah dan dilanjutkan dengan pengobatan antibiotik atau antifungal.

Menggigit Kuku Menyebabkan Infeksi Gigi dan Mulut

Selain kuku, ternyata jika infeksi disebabkan oleh virus maka virus tersebut dapat menyebar ke area bibir dan mulut.

Ternyata kebiasaan menggigit kuku ini juga bisa menyebabkan pergeseran gigi. Pergeseran dan perubahan susunan gigi juga bisa menyebabkan penyakit dan infeksi gusi.

BACA JUGA: Bau Mulut? Cek Dulu Deh Penyebabnya Disini

Cara Berhenti Menggigit Kuku

Lalu bagaimana cara berhenti dari kebiasaan buruk menggigit kuku ini?

Ternyata didapati bahwa kebiasaan menggigit kuku merupakan kelainan yang disebabkan oleh stres dan kelainan jiwa. Oleh karena itu, jika kamu sudah mencoba berbagai cara untuk menghentikan namun gagal, sebaiknya kunjungi klinik dokter terutama psikiater agar lebih efektif pengobatannya.

 

Tags:

Artikel Selanjutnya

Foto Istiarina Putri

Istiarina Putri

Community Coordinator Kawaii Beauty Japan. Di waktu luangnya juga aktif menulis sebagai beauty blogger dan menyukai kosmetik asal Jepang, terutama skin carenya.

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2020 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini