Foto Ini Dia 5 Kebiasaan yang Bikin Kamu Cepat Tua!

Ini Dia 5 Kebiasaan yang Bikin Kamu Cepat Tua!

Cepat atau lambat semua orang pasti menua. Akan tetapi, kamu tentu tidak mau menua sebelum waktunya kan?

Munculnya kerutan merupakan bagian dari penuaan dan tentu saja; kehidupan. Selain pertambahan usia, ternyata ada banyak faktor lain yang mampu mempercepat proses penuaan. Dan ternyata salah satu yang memberikan dampak cukup signifikan adalah kebiasaan dalam hal kecantikan.

Yuk baca apa saja kebiasaan buruk yang mampu mempengaruhi proses penuaan sehingga kamu bisa menanggulanginya lebih cepat!

Kebiasaan yang Membuat Kita Lebih Cepat Tua

1. Merokok

This is a BIG NO NO ladies. Merokok pun ternyata merupakan penyebab paling umum dari kerutan. Dilansir dari womenshealth, Joel Schlessinger, M.D; seorang ahli kulit dan spesialis bedah kosmetik bersertifikasi, ternyata ada dua orang yang merupakan sepasang saudara kembar dengan salah satunya merokok dan yang lain tidak. Hasilnya sungguh berbeda dan memberikan bukti nyata yang merinci.

BACA JUGA: Hati-Hati! Makanan ini Bisa Bikin Menua Lebih Cepat!

2. Pola Makan

Jika kamu ingin menjaga kulitmu tetap sehat, maka peribahasa "you are what you eat" benar adanya. Mengonsumsi terlalu banyak gula dan makanan dengan kadar glikemik tinggi tidak hanya berbahaya bagi berat badan, tapi juga membuatmu terlihat lebih tua.

Kok bisa? Ternyata mengonsumsi makanan-makanan tersebut mampu menstimulasi proses yang disebut glikasi, dimana molekul gula menempel pada protein dalam kulit (termasuk kolagen), sehingga membuat kulit lebih kaku dan berubah bentuknya.

BACA JUGA: 

Hal tersebut tentu berdampak besar pada elastisitas kulit, sehingga menyebabkan kantung mata dan garis-garis halus. Oleh karena itu, sebaiknya kamu mengurangi konsumsi gula dan karbohidrat, tentu jika kulitmu bisa berbicara, ia akan sangat berterimakasih. :)

3. Tidak Membersihkan Makeup pada Muka

Saat kamu tidur dalam keadaan makeup menempel, secara tidak langsung kamu memang 'berharap' kerutan-kerutan itu muncul. Makeup dan polutan dari lingkungan sekitar yang terakumulasi seharian masuk ke dalam pori-pori kulitmu, merusak kolagen dan elastin. Sebagai hasilnya, maka proses penuaan pun menjadi lebih cepat.

BACA JUGA: Langkah Pintar Membersihkan Make-Up

Jangan lupa untuk selalu membersihkan makeup, wajah, dan menggunakan pelembap sebelum tidur.

4. Memencet Jerawat

Berhentilah memeneceti jerawat dan biarkan jerawat-jerawat tersebut keluar dengan sendirinya atau gunakan bantuan produk alami untuk membantu mengeluarkannya dari wajahmu. Setiap kamu memenceti jerawat, kamu hanya menyebabkan kerusakan lebih jauh dan juga iritasi, bekas luka, dan juga kerutan.

BACA JUGA: Memencet Jerawat Hanya Memperparah

5. Posisi Tidur

Jika kamu tidur dengan kondisi tengkurap, dipastikan kamu akan mendapati banyaknya kerutan-kerutan halus bermunculan di wajahmu. Nah, salah satu cara untuk menghindari terjadinya kerutan karena tidur tengkurap adalah dengan mengganti sarung bantal menjadi bahan satin.

BACA JUGA: Yang Mana Posisi Tidur Paling Ideal untuk Kamu?

Artikel Selanjutnya

Foto Istiarina Putri

Istiarina Putri

Community Coordinator Kawaii Beauty Japan. Di waktu luangnya juga aktif menulis sebagai beauty blogger dan menyukai kosmetik asal Jepang, terutama skin carenya.

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini