Kawaii Beauty Japan

Skin Care

Sebelum Membasmi Komedo, Pelajari Dulu Apa Sih Komedo dan Penyebabnya?

Pasti kamu pernah merasa terganggu saat bercermin karena ada bintik-bintik di daerah T wajah kamu. Ya, itu adalah komedo. Tapi, sebelum menghilangkannya, yuk kenali apa sih itu komedo?

Istiarina Putri

Minna-san, kalian pasti sudah familiar dengan istilah ‘komedo’ kan? Pada dasarnya komedo adalah jerawat yang menghiasi wajah. Tapi, untuk lebih mengenali jenis komedo yang hinggap di wajah kamu, ada baiknya mengetahui hal berikut sebelum menghilangkan komedo.

Ada dua jenis komedo:

Pertama, komedo yang terbuka (blackhead) terlihat seperti pori-pori yang membesar dan menghitam (yang berwarna hitam tersebut adalah penyumbat pori yang berubah warna karena teroksidasi dengan udara).

Kedua, komedo yang tertutup (whitehead), memiliki kulit yang tumbuh di atas pori-pori yang tersumbat sehingga terlihat seperti tonjolan putih kecil-kecil di bawah kulit.

BACA JUGA: Menghilangkan Komedo Dengan Cara Tradisional

Apakah Faktor Penyebab Timbulnya Komedo?

Penyebab timbulnya komedo ini lebih banyak disebabkan oleh sel-sel kulit mati dan kelenjar minyak yang berlebihan pada kulit.

Ini terjadi bila kamu tidak rajin membersihkan kulit wajah sehingga sel-sel kulit mati menumpuk dan minyak di permukaan kulit kemudian menutup sel-sel kulit, lalu terjadilah penyumbatan.

Make up dan produk penataan rambut yang mengandung minyak juga dapat memperparah keadaan.

Bolehkah Memencet Komedo?

Mungkin kamu pernah menghilangkan komedo dengan berbagai cara seperti memencet komedo atau menggunakan plester khusus. Bukannya hilang malah komedo semakin terlihat jelas pada hidung. Belum lagi memencet komedo dapat mengakibatkan hidung menjadi merah dan sakit.

Selain itu, memencet komedo juga akan merangsangnya menjadi jerawat bernanah yang akan memperparah kondisi wajah kamu. Pemencetan yang terus menerus dan dengan cara yang tidak tepat bisa menimbulkan bekas yang tidak sedap dipandang dan kerusakan pada kulit.

Jadi Apa Yang Sebaiknya Saya Lakukan?

Cucilah muka kamu minimal dua kali sehari. Kenali jenis kulit dan penganggulangan dasar kulit kamu berdasarkan jenisnya.

Ketika membersihkan muka, gunakan pembersih yang mempunyai fungsi ganda selain membersihkan, juga melembabkan, mencerahkan, melembutkan dan menjaga elastisitas kulit.

Gunakan penyegar wajah yang berfungsi untuk mengecilkan pori-pori dan menambah kelembutan dan kelembaban kulit.

Kamu juga perlu mengurangi makanan yang terlalu berminyak, hindari stres serta jangan sering menyentuh wajah dengan kondisi tangan yang tidak steril.

Nah, semoga semua info ini bermanfaat ya!

Istiarina Putri
Community Coordinator Kawaii Beauty Japan. Di waktu luangnya juga aktif menulis sebagai beauty blogger dan menyukai kosmetik asal Jepang, terutama skin carenya.
Share this article

Artikel Terkait