Foto Ini Dia Cara Makan Mie Instan yang Sehat!

Ini Dia Cara Makan Mie Instan yang Sehat!

Mi instan mungkin merupakan makanan pokok kedua setelah nasi bagi kebanyakan orang, terutama di Indonesia. Tapi, banyak yang bilang mi instan itu tidak sehat. Tenang, KBJ punya cara sehatnya!

Dewasa ini, semua serba cepat, tidak hanya transportasi dan komunikasi, bahkan proses makan dan minum pun juga ikut cepat. Nah, salah satu solusi makan dengan cepat adalah mi instan. Mi instan seolah menjadi makanan pokok kedua setelah nasi bagi sebagian besar rakyat Indonesia.

Masalahnya, mi instan sendiri memang tidak sehat. Akan tetapi, tentu sulit untuk melepaskan diri dari makanan praktis nan lezat yang satu ini. Oleh karena itu, untuk kamu yang sulit untuk langsung benar-benar berhenti mengonsumsi mi instan, KBJ punya triknya nih.

BACA JUGA: Hati-hati Konsumsi Mie Instan dengan Nasi

Bahaya Mie Instan

Mi instan sendiri berbahaya karena tinggi akan kadar garam natrium dan rendah serat. Ditambah lagi, jumlah lemak dalam mi instan juga tinggi.

Nah, karena telah menjadi kebiasaan, pasti sulit untuk tidak mengonsumsi mi instan sama sekali. Oleh karena itu kamu bisa menyimak tips berikut agar tetap sehat walau mengonsumsi mi instan.

Cara Makan Mie Instan yang Sehat

Batasi Konsumsi Mie Instan

Karena mi instan memiliki sedikit nilai gizi, sebaiknya kamu kurangi frekuensi konsumsinya. Sebagai acuan, sebaiknya seminggu sekali saja.

Jangan Konsumsi dengan Nasi

Seperti yang sudah pernah KBJ bahas sebelumnya, buat kamu yang ingin menurunkan atau menjaga berat badan, sebaiknya tidak mengonsumsi mi instan dengan nasi ya. Kalorinya melonjak jauh jika keduanya dikonsumsi secara bersamaan.

Kurangi Bumbu dan Minyak

Kadar garam dan MSG dalam mi instan sangat tinggi, hal ini tentu bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Oleh karena itu, cukup gunakan separuh bumbu dan minyak saja. Untuk menambah cita rasa, kamu bisa tambahkan bumbu alami seperti bawang putih atau merah.

Tambahkan Lauk Sehat

Nah agar sehat, sebaiknya mi instan disajikan dengan sayur-sayuran serta protein. Makanan sumber protein yang paling gampang adalah telur. Telur sendiri mengandung asam amino yang paling lengkap sehingga, paling tidak gizi kamu bisa tetap terpenuhi walau mengonsumsi mi instan.

Nah, itu dia tips praktis agar tetap sehat dalam mengonsumsi mi instan. Akan tetapi, tetap ingat bahwa mi instan adalah makanan yang tidak sehat sehingga harus dibatasi konsumsinya, bahkan kalau bisa berhenti konsumsi. Imbangi juga dengan gaya hidup dan pola makan lain yang sehat ya.

Artikel Selanjutnya

Foto Istiarina Putri

Istiarina Putri

Community Coordinator Kawaii Beauty Japan. Di waktu luangnya juga aktif menulis sebagai beauty blogger dan menyukai kosmetik asal Jepang, terutama skin carenya.

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini