Foto Washoku: Masakan Jepang Warisan Budaya tak Benda

Washoku: Masakan Jepang Warisan Budaya tak Benda

Foto Yenni Octavia
Washoku, makanan khas Jepang yang rendah kalori dan sehat serta melambangkan kebersamaan yang telah ditetapkan UNESCO sebagai warisan budaya tak benda

Apakah kamu salah satu penggemar kuliner Jepang?

Seperti dilansir dari BBC Indonesia, baru-baru ini organisasi budaya PBB, UNESCO, menambahkan masakan tradisional Jepang sebagai warisan budaya tak benda dalam pertemuan di Azerbaijan. Masakan Jepang yang disebut washoku telah diterapkan sebagai tradisi selama berabad-abad dan merupakan masakan kedua yang ditetapkan UNESCO sebagai warisan budaya.

Jepang berharap dengan penetapan masakan tradisional sebagai warisan budaya tak benda akan meningkatkan upaya untuk menyelamatkan washoku di dalam negeri. Dua tahun lalu, UNESCO menetapkan masakan Prancis dengan penyajian unik yang ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda. Ternyata, banyak pihak yang mengkhawatirkan banyak warga Jepang yang beralih dari masakan tradisional dan lebih banyak mengkonsumsi makanan cepat saji serta masakan Barat.

Mengapa washoku bisa dinobatkan sebagai warisan budaya tak benda oleh UNESCO? Masanori Aoyagi, komisaris badan budaya Jepang mengatakan kepada komite UNESCO bahwa washoku memiliki kalori rendah dan sehat serta memberikan nuansa kebersamaan.

Ada yang suka makan washoku juga?

Artikel Selanjutnya

Artikel Selanjutnya

Foto Yenni Octavia

Yenni Octavia

A new blogger, who love makeup, travelling, food, and everything good!!

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini