Foto Bahaya Kesehatan yang Tersembunyi di Balik Sering Begadang

Bahaya Kesehatan yang Tersembunyi di Balik Sering Begadang

Foto Kasih Elia LG
Sering begadang nonton bola atau mengerjakan tugas? Hati-hati ya. Karena ternyata ada bahaya yang tersembunyi dibalik kurangnya waktu tidur kamu.

Manusia memang tidak bisa lepas dari yang namanya begadang. Apalagi di usia aktif yang bahkan kegiatan dan sekeliling kita menuntut untuk melakukannya.

Tugas kuliah, tugas kantor, atau begadang nonton Piala Dunia 2014 bersama teman-teman, semua membiasakan diri kita dengan istilah begadang.

Tapi kekurangan tidur yang kamu alami ternyata bisa memberi konsekuensi yang cukup berat atas keputusan kamu untuk begadang, yaitu degradasi kondisi tubuh.

Apa saja sih bahaya kurang tidur bagi tubuh kita? Yuk baca secara rinci di bawah ini!

Bahaya Kurang Tidur

Kurang Tidur Menurunkan Fungsi Otak

Tidur, sangat penting untuk menjaga otak dalam kondisi yang baik untuk menerima segala macam pembelajaran.

Kurang tidur, akan sangat mempengaruhi kemampuan kognitif seseorang ke arah yang semakin negatif.

Seperti merusak alarm alami tubuh, kewaspadaan otak, perhatian, konsentrasi, logika dan kemampuan penyelesaian masalah. Inilah yang mempengaruhi proses belajar manusia.

Nah, bukan hanya itu, tidur juga membantu otak mencerna dan mempelajari dengan baik hal-hal yang kamu pelajari seharian. Seperti memasukkan informasi-informasi yang dinilai penting dan patut diingat, kejadian penting, dan pelajaran yang kamu terima.

Kalau kamu tidak mendapatkan istirahat yang cukup, kamu tidak akan dapat mengingat dengan baik karena proses penanaman ingatan dan pembelajaran tidak berjalan dengan baik

BACA JUGA: INSOMNIA BIKIN KAMU OBESITAS DAN BEGO

Kurang Tidur Menurunkan Daya Tahan Tubuh

Menurut data-data resmi website kesehatan WebMD.com, berikut penyakit kesehatan yang dapat muncul ketika kamu mempunyai masalah kekurangan tidur yang cukup kronis:

  • Serangan Jantung
  • Penyakit Jantung
  • Gagal Jantung
  • Gangguan Irama Jantung
  • Tekanan Darah Tinggu
  • Stroke
  • Diabetes

Dan dari sisa data yang ada, 90% orang dengan permasalahan kurang tidur, juga mempunyai masalah dan kondisi kesehatan lain.

Ternyata, tidur yang kurang dalam jangka panjang dapat mengganggu sistem imunitas tubuh. Sehingga tubuhmu jadi lebih lemah terhadap penyakit-penyakit, baik yang ringan dan biasanya kelihatan, sampai ke penyakit yang biasanya tidak terdeteksi secara langsung tapi kronis.

Kurang Tidur Menurunkan Kondisi Mental

Penelitian kesehatan membuktikan kelainan tidur—seperti insomnia, kurang tidur, dan sebagainya—dapat berpengaruh juga pada tingkat depresi seseorang.

Ingat jaman-jaman lagu Adele berkumandang di radio-radio maupun playlist pribadi seseorang? Di jaman itu ada istilah galau massal.

Orang menikmati kedepresian mereka yang lucunya dilakukan di malam hari ketika mereka seharusnya tidur.

Kurang tidur yang dialami tubuh mereka mengeluarkan hormon yang mendukung mereka untuk terus merasakan emosi negatif itu dalam waktu yang lama, sehingga mencegah tubuh mereka yang alih-alih merasa lelah, malah terus-terusan berada dalam kondisi galau.

Kurang Tidur Menurunkan Kadar Kecantikanmu

Kenapa bisa begitu? Jadi, ternyata, kurang tidur, akan membuat kulitmu stres. Belum lagi kantung mata dan mata yang mulai menggelap karena kekurangan tidur yang kamu alami.

Ketika kurang tidur, tubuhmu melepas lebih banyak hormon stres, yaitu kortisol. Dan dalam jumlah tertentu, kortisol dapat merusak kolagen sedikit demi sedikit.

Dampak jangka panjangnya ya, kulitmu menua dengan lebih cepat. Padahal, kolagen adalah protein yang dapat menjaga kulitmu tetap halus dan elastis seperti kulit bayi.

Belum lagi, kurang tidur akan melepaskan hormon ghrelin, yaitu hormon yang menstimulasi rasa lapar, sehingga biasanya kalau kamu kurang tidur di malam sebelumnya, kamu akan lebih 'memamahbiak' di hari berikutnya. Ingin makan ini-itu.

Nah lho, ladies, kamu tidak mau mengalami hal-hal di atas kan? Ayo jaga waktu tidur kamu dengan lebih ketat lagi. Kalau kesehatan dan kecantikan penting untuk kamu, jangan biarkan hal lain yang tidak sepenting itu mengganggu tidur cantik kamu. Selamat tidur, ladies!

Artikel Selanjutnya

Foto Kasih Elia LG

Kasih Elia LG

Kawaii Beauty Japan Beauty Writer. Mahasiswi Sastra Jepang yang ingin memahami lebih dalam dunia wanita, dan Jepang. Sering lupa menulis di blog pribadi tapi tidak pernah mau ketinggalan berbagi info mengenai kecantikan dan Jepang di Kawaii Beauty Japan.

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2020 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini

Yuk, Awali Hidup Sehat dengan Nutrilite!

Yuk, Awali Hidup Sehat dengan Nutrilite!

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Kenali Lebih Dekat tentang Kanker Kolorektal

Kenali Lebih Dekat tentang Kanker Kolorektal

Rinanti Hasari Rinanti Hasari
7 Manfaat Cuka Apel yang Perlu Kamu Ketahui

7 Manfaat Cuka Apel yang Perlu Kamu Ketahui

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
6 Cara Menjaga Bentuk Payudara agar Tidak Kendur

6 Cara Menjaga Bentuk Payudara agar Tidak Kendur

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
8 Makanan yang Perlu Kamu Hindari untuk Melangsingkan Perut

8 Makanan yang Perlu Kamu Hindari untuk Melangsingkan Perut

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Ketahui Jenis Bra yang Cocok untuk Tubuhmu

Ketahui Jenis Bra yang Cocok untuk Tubuhmu

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani