Kawaii Beauty Japan

Health

Bangun Pagi itu Sehat, Setuju?

Hayo, siapa yang bangun kesiangan? Ternyata walau terkadang terasa sulit, bangun pagi memberi banyak manfaat. Ini dia manfaat bangun pagi bagi kesehatan!

Istiarina Putri

Selamat hari Senin! Wah, pasti kebanyakan dari kamu merasa sangat malas untuk bangun pagi nih. Banyak alasan yang membuat kita malas bangun pagi, mulai dari pekerjaan, masalah, tugas, dan lain-lain. Akan tetapi, jangan salah, bangun pagi, walau terkadang terasa begitu berat, ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Simak yuk manfaat bangun pagi berikut ini.

3 Manfaat Bangun Pagi

Bangun Pagi Menjaga Berat Badan Ideal

Orang yang bangun lebih siang umumnya akan lebih cenderung melewatkan sarapan. Nah, sudah baca kan tentangbahaya tidak sarapan? Melewatkan sarapan adalah ide buruk karena tubuhmu tentu membutuhkan nutrisi di pagi hari sebagai energi dan agar lebih fokus.

Tubuhmu telah ‘berpuasa’ semalaman (6-8 jam) dan kamu butuh ‘berbuka puasa’ dengan makanan yang sehat. Ketika kamu memutuskan untuk melewatkan makan pagi, maka tubuhmu akan berubah menjadi ‘mode lapar’ dan ketika kamu akhirnya makan, akibatnya kamu akan makan lebih banyak dari seharusnya dan ‘ngidam’ makanan tidak sehat.

Bangun Pagi Meningkatkan Produktivitas

Beberapa orang tersukses di dunia adalah orang yang bangun pagi. Sederhana saja, jika kamu bangun lebih pagi, maka akan lebih banyak hal yang terselesaikan.

Lalu bagaimana sih bangun lebih pagi bisa meningkatkan produktivitas?

  • Di saat kamu bangun lebih pagi, tentu lingkungan sekitar akan lebih tenang sehingga kamu bisa bekerja atau menyelesaikan pekerjaan lebih efektif tanpa gangguan
  • Setelah tidur yang cukup, otakmu telah ‘terisi penuh’ dan siap untuk bekerja keras. Nah, pada beberapa saat setelah bangun tidur, kamu akan menemukan bahwa inilah waktu paling efektif dan efisien.

Bangun Pagi Menyehatkan Kesehatan Jiwa

Selain untuk kesehatan jasmani, ternyata bangun pagi juga memberi manfaat bagi kesehatan rohanimu, cantik. Beberapa jam pertama pada hari-harimu dan bagaimana kamu menghabiskannya sering menjadi landasan bagi sisa hari dan kehidupanmu seterusnya.

Mengapa? Karena dengan bangun lebih pagi, kamu akan mulai mengurangi kadar stres dalam kehidupan dengan menghilangkan keharusan untuk buru-buru di pagi hari.

Dengan bangun pagi, kamu bisa menikmati perjalanan tanpa harus khawatir terlambat, terjebak macetm dan lain-lain. Hal ini tentu dapat meningkatkan kadar positivitas dalam diri sehingga lebih bahagia.

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa “morning people” umumnya adalah orang-orang yang lebih positif, optimis, dan lebih cepat puas dalam kehidupannya.

Istiarina Putri
Community Coordinator Kawaii Beauty Japan. Di waktu luangnya juga aktif menulis sebagai beauty blogger dan menyukai kosmetik asal Jepang, terutama skin carenya.
Share this article

Artikel Terkait