Kawaii Beauty Japan

Skin Care

Kondisioner dan Kebiasaan Keramas Ternyata Bisa Sebabkan Jerawat Lho!

Masih jerawatan? Coba deh cek kondisi dan kebersihan rambutmu. Ternyata rambut kotor penyebab jerawat itu benar adanya. Simak deh kebiasaan berikut ini!

Istiarina Putri

Jerawat memang termasuk salah satu hal paling menyebalkan bagi siapapun. Tidak terbatas usia maupun jenis kelamin, tentu kamu akan risih bila si jerawat muncul. Nah, faktanya, bukan hanya pola makan dan perawatan kulit saja yang mempengaruhi jerawat, tapi juga rambut. Nah, simak yuk apa saja sih yang berkontribusi terhadap pendapat tentang rambut kotor penyebab jerawat.

Jerawat ternyata sebenarnya merupakan akibat dari beberapa kebiasaan buruk yang kamu lakukan sehari-hari. Salah satunya adalah perawatan rambutmu.

Rambut Kotor Penyebab Jerawat?

Benar adanya bahwa rambut kotor dapat menyebabkan jerawat. Karena rambut itu letaknya sangat dekat dengan wajah. Hal ini semakin berisiko apabila rambutmu panjang dan/atau berponi. Kontak antara rambut dengan kulit wajah bisa mengakibatkan transfer bakteri dan keringat sehingga menjadi jerawat.

BACA JUGA: Cara Menghilangkan Jerawat secara Instan? Bisa Dong!

Cek yuk tips supaya rambut bersih dan bebas jerawat!

1. Keramas secara Teratur

Jika kamu jarang keramas, besar kemungkinan kulit kepalamu bisa berketombe. Nah, kulit kepala dan rambut yang kotor karena dipenuhi minyak dapat mengakibatkan jerawat apabila bersentuhan dengan kulit wajah.

Jadi, usahakan untuk selalu mencuci dan merawat rambut agar tetap sehat dan bersih ya.

2. Jangan Berbagi Handuk dengan Orang Lain, termasuk Keluarga!

Dalam hal kesehatan dan kebersihan, berbagi alat kebersihan seperti sikat gigi, potongan kuku, hingga handuk adalah big NO NO. Usahakan untuk tidak pernah meminjam atau meminjamkan handuk orang lain, bahkan keluarga dan orang terdekat saat mengeringkan tubuh dan wajah.

Hal ini bisa meningkatkan risiko tertular penyakit kulit menular dan jerawat, jadi selalu gunakan handukmu sendiri ya.

3. Waspadai Penggunaan Produk Styling dan Kondisioner Rambut

Hal ini sering luput dari perhatian banyak orang, akan tetapi ternyata pemakaian produk styling dan kondisioner memegang peranan penting dalam terjadinya jerawat pada daerah wajah dan punggung.

Tidak banyak yang tahu bahwa produk styling dan kondisioner mengandung bahan yang bisa memicu jerawat. Hal ini karena produk rambut seperti kondisioner bersifat melembapkan. Nah, apabila kamu kurang bersih dalam keramas dan pembersihan rambut, maka produk tersebut akan menumpuk dan menutup pori-pori. Hal ini kemudian akan menyebabkan jerawat.

Sama halnya seperti wajah, rambut yang panjang akan sering bersentuhan dengan kulit punggung, hal ini juga dapat mengakibatkan jerawat punggung.

BACA JUGA: Kenali Cara Mengatasi Rambut Rontok Sekarang!

Istiarina Putri
Community Coordinator Kawaii Beauty Japan. Di waktu luangnya juga aktif menulis sebagai beauty blogger dan menyukai kosmetik asal Jepang, terutama skin carenya.
Share this article

Artikel Terkait