Kawaii Beauty Japan

Food

Beli Makanan di Pinggir Jalan itu Boleh, Asal..

Makanan di pinggir jalan sering dianggap berbahaya bagi kesehatan, tapi kita sering menemui situasi dimana kita tidak punya pilihan lain selain itu.

Istiarina Putri

Akhir-akhir ini cuaca sering sekali berubah secara ekstrem. Nah, dengan kondisi cuaca seperti ini, tentu daya tahan tubuh berkurang dan tubuh lebih gampang sakit. Oleh karena itu, penting untuk lebih selektif dalam pola makan serta menghindari makanan yang tidak bersih dan berbahaya. Makanan di pinggir jalan sering dianggap berbahaya bagi kesehatan, tapi kita sering menemui situasi dimana kita tidak punya pilihan lain selain itu. Simak yuk tipsnya supaya tetap sehat walau harus makan di pinggir jalan.

Makanan Pinggir Jalan yang Harus Dihindari

Dilansir dari Okezone, menurut Dr dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, Konsultan Gastroenterologi dari FKUI, ada beberapa makanan yang harus dihindari, terutama di saat musim pancaroba. 

1. Makanan Tidak Segar

Makanan yang tidak segar disini adalah seperti seafood. Seafood itu membutuhkan suplai es terus menerus untuk menjaga kesegarannya. Sedangkan di warung pinggir jalan, tentu sulit untuk menjaga es tetap dingin dan tidak meleh di saat udara panas. Oleh karena itu, seafood pinggir jalan patut dihindari karena kualitasnya diragukan.

Kalaupun kamu sedang ingin mengonsumsi seafood, sebaiknya kamu cari tempat yang terpercaya berdasarkan lokasi dan kebersihan tempat juga. Cara paling baik? Masak sendiri.

2. Makanan yang Tercemar

Makanan tercemar is a big NO NO. Makanan tercemar adalah makanan yang banyak dijual di pinggir jalan sepertigorengan.

Bagaimana mengenali makanan yang tercemar? Bisa dilihat dari cara menjual yang terbuka tanpa penutup yang layak. Apabila terbuka, otomatis debu dan kotoran dapat dengan mudah masuk dan menempel pada makanan yang dijual.

Selain itu, hindari membeli makanan yang belum dikemas (contoh: masakan prasmanan dan gorengan). Makanan ini dipajang agar dapat diambil sesuai selera, akan tetapi risikonya adalah makanan dapat dengan mudah dicemari oleh lalat dan kotoran lainnya karena tidak dikemas.

BACA JUGA: Gorengan Bisa Tetap Sehat dengan 3 Tips Masak Berikut Ini!

Mau sehat? Yuk lebih cerdas dalam mengonsumsi makanan.

Istiarina Putri
Community Coordinator Kawaii Beauty Japan. Di waktu luangnya juga aktif menulis sebagai beauty blogger dan menyukai kosmetik asal Jepang, terutama skin carenya.
Share this article

Artikel Terkait