Kawaii Beauty Japan

Health

Apa sih Fungsi Rambut Kemaluan?

Adakah di antara kamu yang mengetahui fungsi rambut kemaluan? Banyak tren seperti waxing yang berusaha menghilangkan rambut itu, tapi apa sih fungsinya?

Istiarina Putri

Tubuh manusia diselimuti oleh kulit, yang notabene merupakan bagian tubuh terluas bagi manusia. Di atas kulit, sering ditemui rambut-rambut halus. Namun tak kadang rambut-rambut halus ini dianggap ‘mengganggu’ karena merusak unsur kecantikan diri seorang wanita. Nah, tentu rambut-rambut tersebut ada karena memiliki peranan kesehatan. Simak yuk fungsi rambut kemaluan supaya tetap sehat!

Mulai usia pubertas, baik pria maupun wanita pasti mengalami perubahan pada tubuhnya. Salah satunya adalah tumbuhnya rambut kemaluan. Nah, seiring dengan bertambahnya usia dan tren, banyak wanita memutuskan untuk mencukur rambut kemaluan karena alasan kebersihan maupun gaya hidup.

Tapi sebenarnya apa sih fungsi rambut kemaluan?

Ini Dia Fungsi Rambut Kemaluan!

Melindungi Kulit dan Area Vagina

Rambut-rambut tersebut tidak mungkin berada disana tanpa alasan, dan ternyata keberadaan mereka itu penting. Fungsi utama dari rambut di sekitar area vagina adalah untuk melindungi area tersebut dari iritasi. Area vagina sendiri merupakan area yang sangat sensitif dan gampang teriritasi.

Iritasi

Kulit daerah vagina gampang sekali teriritasi, gesekan sedikit saja bisa mengakibatkan kemerahan hingga luka. Oleh karena itu, sebaiknya hindari pemakaian pakaian dan pakaian dalam yang ketat. Untungnya, rambut halus ini memperkecil risiko terkena iritasi.

Infeksi

Kontak kulit area ini dengan benda tajam seperti mencukur atau pencabutan seperti waxing tentu berkemungkinan menyebabkan iritasi. Iritasi dapat berkembang menjadi infeksi, oleh karena itu, berhati-hatilah.

BACA JUGA: Katakan Selamat Tinggal pada Keputihan dengan Bawang Putih!

Akibatnya cukup bervariasi, mulai dari ringan hingga serius. Salah satu ciri bahwa daerah intimmu terinfeksi oleh jamur dan/atau virus adalah keputihan yang disertai rasa gatal dan panas.

Menjaga Suhu Tubuh

Ternyata rambut pada area intim juga memiliki fungsi untuk mengatur suhu tubuh. Sebagai contoh, di saat kita memakai pakaian yang ketat dan/atau melakukan aktivitas di luar ruangan, maka kita akan lebih mudah berkeringat.

BACA JUGA: 5 Alasan Pilih Celana Dalam Berbahan Katun

Si rambut inilah yang dapat mengurangi kepengapan dan rasa panas di daerah sekitar vagina agar tidak mudah iritasi.

Istiarina Putri
Community Coordinator Kawaii Beauty Japan. Di waktu luangnya juga aktif menulis sebagai beauty blogger dan menyukai kosmetik asal Jepang, terutama skin carenya.
Share this article

Artikel Terkait