Kawaii Beauty Japan

Makeup

Bentuk Alis VS Bentuk Wajah

Alis memang seringkali menjadi bagian wajah yang paling rumit untuk dibentuk. Nah, yuk belajar menggambar bentuk alis yang sesuai dengan bentuk wajah disini

Istiarina Putri

Sering melihat orang dengan alis yang tampak rapi dan indah? Eits, tunggu dulu! Bentuk alis yang cocok untuk orang tersebut bukan berarti akan cocok apabila diaplikasikan pada wajahmu. Sangat penting untuk menyesuaikan bentuk alis dengan bentuk wajah karena salah-salah malah terlihat aneh. Yuk simak tips mendapatkan bentuk alis yang sesuai dengan bentuk wajah berikut ini!

Bentuk alis yang sesuai dengan bentuk wajah adalah alis yang dapat dikatakan sempurna. Hal ini karena, bentuk alis harus mampu mengkoreksi kekurangan wajah dan menonjolkan kelebihan fitur wajahmu. 

Coba deh simak langkah-langkah berikut lengkap dengan gambar bagaimana seharusnya bentuk alis yang sesuai dengan bentuk wajahmu.

Tips Bentuk Alis yang Sesuai dengan Bentuk Wajah

1. Oval

Bentuk wajah ini memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Bentuk wajah yang semakin mengecil pada bagian bawah (dagu)
  • Umumnya memiliki dahi yang lebar
  • Tulang pipi menonjol
  • Dianggap sebagai bentuk wajah yang ideal

Pembentukan alis harus bertujuan untuk menjaga keseimbangan bentuk wajah yang sudah ideal. Oleh karena itu, sesuai dengan gambar di atas, sebaiknya kamu membentuk alis yang lembut (tidak terlalu tegas) dan hanya mengarsir ruang di antara rambut alis.

2. Panjang

Bentuk wajah ini memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Bentuk wajah yang semakin mengecil pada bagian bawah (dagu)
  • Fitur wajah yang memanjang dari dahi hingga dagu
  • Beberapa memiliki bentuk dagu yang ideal (tidak terlalu tajam atau datar)

Pembentukan alis untuk wajah panjang adalah bertujuan untuk memperpendek bentuk wajah. Untuk mencapai hasil tersebut, maka disarankan kamu untuk membentuk alis yang datar tanpa lengkungan tajam untuk memberikan keseimbangan wajah sehingga wajah terkesan tidak panjang dan sedikit membulat.

3. Bulat

Bentuk wajah ini memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Lebar dan panjang wajah kurang lebih sama
  • Pipi adalah area paling lebar dari wajah

Berbanding terbalik dengan wajah panjang, tujuan pembentukan alis untuk wajah bulat adalah untuk membuat wajah terlihat lebih panjang. Nah, oleh karena itu, lakukan hal sebaliknya dalam penggambaran alis. Hal ini dilakukan dengan membentuk alis yang berlengkung cukup tinggi. Hindari bentul alis yang membulat karena hanya akan memberikan kesan wajah yang sangat tembam.

4. Kotak

Bentuk wajah ini memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Dahi, tulang pipi, dan garis rahang memiliki kurang lebih lebar yang sama
  • Bentuk wajah ini dapat dikenali dengan garis rahang yang berbentuk persegi dan ‘keras’

Tujuan pembentukan alis untuk bentuk wajah kotak alias persegi adalah untuk memperlembut bentuk wajah yang terlihat keras. Hati-hati ya, karena salah-salah kamu bisa terlihat super galak!

Bentuk alis sesuai dengan garis rahangmu. Mulailah dari lengkungan puncak alis kemudian pertegas sudut pada ujung alis. Akan tetapi penting diingat bahwa kamu harus menjaga lekuk dan hindari lengkungan alis yang terlalu kaku.

Selain itu, pastikan ujung alis cukup panjang untuk memberikan keseimbangan bagi wajahmu.

5. Hati

Bentuk wajah ini memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Bentuk wajah yang semakin mengecil pada bagian bawah (dagu)
  • Dagu lancip
  • Bentuk wajah dapat dikenali dengan bentuk dan lebar dahi yang besar

Bentuk alis untuk bentuk wajah ini haruslah menyeimbangkan dagu yang lancip dan juga dahi lebar. Oleh karena itu, buatlah alis dengan lengkungan rendah dan bentuk yang membulat, kemudian terus tambah volume alis secara bertahap untuk melebarkan wajah yang meruncing ke bagian bawah.

6. Diamond

Bentuk wajah ini memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Wajah sangat bersiku-siku, tajam, dan tirus
  • Area paling lebar adalah pelipis
  • Bentuk wajah yang tidak umum dimiliki kebanyakan orang

Membentuk alis untuk bentuk wajah ini adalah untuk menyeimbangkan bentuk wajah yang bersegi-segi serta membuat area pelipis yang lebar menjadi tidak terlalu menonjol.

Bentuklah alis yang berlekuk cenderung membulat, lalu jaga panjang ujung alis agar tidak terlalu panjang untuk memberikan efek pelipis yang lebih sempit.

BACA JUGA: Ingin Sulam Alis? Baca Dulu Biar Tidak Beralis ‘Shinchan’

Istiarina Putri
Community Coordinator Kawaii Beauty Japan. Di waktu luangnya juga aktif menulis sebagai beauty blogger dan menyukai kosmetik asal Jepang, terutama skin carenya.
Share this article

Artikel Terkait