Kawaii Beauty Japan

Skin Care

5 Langkah Cara Mencukur Ketiak dengan Tepat di Rumah

Perhatikan hal-hal ini agar kulit ketiak kamu bisa tetap bersih, ladies!

Ayu Dewi Handayani

Bagi wanita, kebersihan tubuh sangat penting untuk dijaga. Salah satu perawatan untuk menjaga kebersihan tubuh adalah mencukur untuk menghilangkan bulu. Salah satunya adalah bulu bagian ketiak. Meskipun tidak terlihat, namun bagian tersebut sangat penting untuk diperhatikan agar kamu bisa selalu merasa bersih. Nah, bagi kamu yang sering melakukan pencukuran untuk menghilangkan bulu, jika kamu tidak melakukannya dengan tepat maka kamu bisa terkena iritasi atau malah tumbuh jerawat. Yuk, simak langkah-langkah yang seharusnya kamu lakukan ketika mencukur bulu ketiak kamu, ladies!

5 Langkah Cara Mencukur Ketiak dengan Tepat di Rumah

Perhatikan hal-hal ini sebelum mencukur bulu ketiak kamu, ladies!

1. Cukurlah di Malam Hari

Shaving

Ketika kamu mencukur bulu ketiak, kulit kamu akan menjadi lebih sensitif dan membutuhkan waktu untuk kembali ke kondisi semula. Untuk itu akan sangat baik jika kamu mencukur bulu ketiak kamu di malam hari, sehingga tidak terpapar deodoran setelah kamu mencukur bulu ketiak kamu tadi. Setelah mencukur, kamu bisa menggunakan aloe vera untuk menenangkan bagian kulit tersebut dan mencegah hitam pada kulit ketiak.

2. Selalu Cukur dalam Keadaan Bulu Kamu Basah

Pisau cukur

Jangan pernah mencukur bulu ketiak kamu dalam keadaan kering karena keadaan tersebut akan membuat gesekan antara pisau cukur dan kulit bagian ketiak kamu. Kondisi ini malah akan membuat kulit kamu menjadi iritasi. Gunakan juga shaving gel untuk membuat bulu ketiak kamu tetap pada posisinya dan menjadi lebih mudah dicukur. Berbeda dengan penggunaan sampo atau sabun yang hanya membasahkan dan membuat licin ketika kamu hendak mencukur bulu ketiak kamu.

3. Jangan Gunakan Pisau Cukur yang Sama dalam Waktu yang Lama

Pisau cukur

Menggunakan pisau cukur yang sama dalam waktu yang lama bisa membuat iritasi dan menyebabkan bulu ketiak kamu malah tumbuh ke dalam kulit karena pisau yang tumpul. Jadi, sebaiknya buang pisau cukur kamu setelah 4 sampai 5 kali pemakaian agar pisau yang kamu gunakan bisa tetap tajam.

4. Gunakan Scrub Sebelum Mencukur

Scrub

Sebelum mencukur bulu ketiak kamu, akan sangat bagus jika kamu melakukan eksfoliasi terlebih dulu sebelum mencukur bulu ketiak untuk mengangkat sel kulit mati. Jika kamu melakukan scrub eksfoliasi, lakukan gerakan memutar pada daerah ketiak tersebut agar sel kulit mati bisa terangkat dengan sempurna.

5. Cukur dengan Arah yang benar

Shaving

Perlu kamu ketahui bahwa bulu ketiak tidak tumbuh satu arah saja, selain ke arah bawah, coba cukur ke arah kanan juga untuk bisa mencukur bulu ketiak kamu agar lebih bersih. Pastikan kamu memegang pisau cukur kamu dengan tekanan agar bulu ketiak kamu bisa tercukur dengan bersih. Jika kamu memiliki kulit yang sensitif, sebaiknya jangan mencukur bulu kamu dengan cara melawan arah agar tidak iritasi.

Ayu Dewi Handayani
An editor of words.
Share this article

Artikel Terkait