Kawaii Beauty Japan

Skin Care

5 Cara Mengecilkan Pori-Pori pada Wajah

Pori-pori yang besar bisa membuat makeup kamu menjadi mudah luntur lho.

Ayu Dewi Handayani

Bagi wanita, pori-pori wajah yang besar bisa menjadi masalah setelah jerawat dan komedo. Pori-pori yang membesar disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain faktor penuaan yang menyebabkan penurunan elastisitas pada wajah, terlalu sering terekspos sinar matahari, dan juga faktor genetik. Pori-pori wajah yang besar ini memproduksi minyak pada wajah secara berlebih sehingga bisa menyebabkan jerawat dan komedo.

Memiliki pori-pori wajah yang besar, bukan berarti minyak yang keluar dari wajah bisa lancar keluar begitu saja. Terkadang minyak dari wajah masih bisa tersumbat sehingga menyebabkan jerawat dan komedo. Selain itu, memiliki pori-pori wajah yang besar juga membuat wajah tidak menarik. Tapi tenang, ada beberapa cara lho untuk memperkecil pori-pori wajah kamu. Apa saja? Yuk, simak!

5 Cara Mengecilkan Pori-Pori pada Wajah

Pori-pori wajah kamu bisa menjadi lebih kecil dengan menggunakan cara ini lho, ladies!

1. Eksfoliasi, Bersihkan, dan Lembapkan

Eksfoliasi wajah untuk mengecilkan pori-pori

Pori-pori yang besar cenderung disebabkan karena penumpukan minyak dalam pori-pori tersebut. Cara agar bisa mengurangi ukuran pori-pori tersebut adalah dengan melakukan eksfoliasi wajah kamu agar bisa mengangkat sel kulit mati dan juga minyak berlebih pada wajah. Setelah kamu mengeksfoliasi wajah kamu, jangan lupa lembapkan kulit kamu agar minyak yang sudah terangkat tidak akan membuat kulit menjadi kering dengan menggunakan moisturizer.

2. Menggunakan Cuka Apel untuk Meminimalisir Pori-Pori

Menggunakan cuka apel untuk mengecilkan pori-pori

Cuka apel mengandung bahan yang bisa meminimalisir pori-pori kamu pada kulit. Coba oleskan cuka apel pada daerah T-zone dimana biasanya pori-pori tampak besar. Cuka apel juga bisa mengangkat residu kotoran maupun sisa-sisa makeup agar pori-pori bisa menjadi tampak lebih kecil dan untuk mengempiskan jerawat pada wajah, Cara memanfaatkannya mudah, kamu bisa membasahkan kapas pada cuka apel, kemudian oleskan ke wajah, dan biarkan selama beberapa saat lalu bilas dengan menggunakan air bersih.

3. Menggunakan Baking Soda

Baking soda

Baking soda dapat berperan sebagai bahan eksfoliasi wajah untuk menghilangkan minyak, kotoran, dan noda pada wajah. Baking soda dapat membuat kulit kamu menjadi lebih cerah dan bisa membuat pori-pori menjadi lebih kecil. Nilai plus lainnya adalah dapat mengembalikan pH pada wajah kamu. Baking soda mengandung antibakteri dan anti-inflamasi pada wajah sehingga bisa mengobati masalah seperti jerawat dan komedo.

3. Scrub dari Gula untuk Mengecilkan Pori-Pori

Scrub gula untuk eksfoliasi pada wajah

Eksfoliasi dengan menggunakan gula sangat efektif untuk mengeksfoliasi kulit, menghilangkan minyak berlebih di wajah, sehingga bisa mengurangi pori-pori pada wajah. Tambahkan sedikit gula pada air lemon kemudian scrub ke seluruh wajah. Tunggu hingga 10 menit lalu bilas dengan menggunakan air dingin. Lakukan cara ini selama dua kalidalam seminggu secara reguler.

4. Putih Telur dan Jus Lemon

Putih telur untuk mengecilkan pori-pori

Masker putih telur sangat bagus untuk mengeluarkan minyak berlebih pada kulit. Putih telur dengan campuran lemon dapat memperkecil ukuran pori-pori pada wajah karena bisa mencerahkan dan meratakan kulit wajah. Caranya mudah, pecahkan telur lalu pisahkan antara kuning dan putih telur lalu baurkan pada wajah kamu. Tunggu selama beberapa saat, lalu bilas. Setelah putih telur kamu mengering, tarik masker tersebut. Lakukan selama satu sampai dua kali dalam seminggu secara konsisten.

5. Gunakan Primer

Primer pada wajah

Jika pori-pori pada wajah kamu membandel dan sulit untuk mengecil. Ukuran pori-pori kamu ditentukan oleh faktor umu dan genetik, jadi jangan sedih jika kamu merasa pori-pori kamu sulit untuk mengecil. Satu-satunya cara untuk memperkecilnya adalah dengan menggunakan primer pada wajah. Sebelum memakai makeup, gunakan primer pada bagian T-Zone wajah kamu. Pastikan primer yang digunakan tidak mengandung minyak yang malah bisa menyumbat pori-pori kamu sehingga menyebabkan jerawat. Aplikasikan primer sebelum kamu memakai base makeup pada T-Zone dimana paling banyak minyak pada bagian tersebut.

Ayu Dewi Handayani
An editor of words.
Share this article

Artikel Terkait